Fakta Unik 5 Golongan/Kelompok Profil Pengguna Smartphone Indonesia

Pojok Cyber – Salah salah perusahaan penyedia platform mobile marketing dan commerce, Vserv, telah melakukan sebuah penelitian kepada para pengguna smartphone di Indonesia. 

Dari hasil penelitian yang mereka lakukan tersebut, dikelompokkanlah para pengguna smartphone Indonesia ini ke dalam lima profil pengguna (yang mereka sebut persona). Kelima profil pengguna smartphone Indonesia ini, yaitu: bintang sosial, penggemar game, rakus data, pengguna utama, pembicara, dan pengguna awam atau iseng.
5 Persona (Profil Pengguna Smartphone) Indonesia menurut Vserv
5 Persona (Profil Pengguna Smartphone) Indonesia menurut Vserv


Penelitian tersebut memperlihatkan pula bahwa persentase terbanyak para pengguna smartphone di Indonesia ini adalah para pengguna yang rakus data.

Selengkapnya tentang kelima profil pengguna smartphone Indonesia ini diuraikan pada bahasan di bawah.

Profil Pengguna Smartphone Indonesia yang Gemar Main Game (Gamer)

Persona atau profil pengguna smartphone di negara Indonesia, satu diantranya adalah gamer atau mereka yang gemar bermain game. Persentase jumlah mereka mencapai 19 persen dari keseluruhan profil pengguna yang dirilis oleh Vserve.

Menurut penelitian Vserve di atas, golongan penggemar game ini menghabiskan waktu mereka untuk bermain game pada smartphone mencapai rata-rata 91,2 menit dalam satu hari. 

Konsumsi data yang dihabiskan oleh mereka dalam bermain game tersebut lumayan besar juga, yaitu mencapai jumlah 179 MB dalam 1 hari. Rinciannya, 96 MB data seluler dan 83 MB melalui jaringan WiFi.

Game-game yang disukai oleh mereka diantaranya, Hay Day, Clash of Clans dan LINE Let's Get Rich. 


Profil Pengguna Smartphone Indonesia yang Rakus Data

Para pengguna smartphone Indonesia yang dikelompokkan dalam golongan ini berjumlah sekitar 20 persen pengguna smartphone. 

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa golongan pengguna smartphone yang rakus data ini menghabiskan sekitar 249 MB data per hari. Rinciannya adalah 109 yang melalui jaringan atau koneksi WiFi serta 140 MB yang melalui layanan data operator. 

Vserve melaporkan bahwa dalam satu hari, golongan pengguna rakus data ini menggunakan smartphone yang menghabiskan waktu selama 126 menit. Waktu-waktu utama dalam mengakses internet tersebut biasanya di malam hari, pada jam 19.00 s.d 22.00.

Jika boleh menduga dan mungkin bisa dipastikan (dugaan adalah dari penulisa, dan kalau kepastian, tentunya karena ini merupakan hasil penelitian), aplikasi favorit para pengguna smartphone yang rakus data ini adalah YouTube. Kemudian disusul oleh aplikasi browsing UC Browser serta toko aplikasi Google Play Store.


Profil Pengguna Smartphone Indonesia yang Lainnya

Lalu, bagaimana dengan persona atau profil pengguna smartphone yang lainnya? Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Vserve tersebut, tiga profil pengguna (persona) yang lainnya adalah 17 persen profil Pengguna Utama, 14 persen profil pepengguna Bintang Sosial dan 15 persen profil pengguna Pembicara.

Menurut Vserve profiil Pengguna Utama merupakan pengguna smartphone yang paling banyak menghabiskan waktu memakai ponsel cerdasnya, jika dibandingkan dengan profil pengguna (persona) lainnya, dimana kelompok ini menghabiskan waktu sekitar 155 menit dalam 1 hari. 

Sedangkan, prodil pengguna yang masuk kategori persona sebagai Golongan Pembicara, merupakan kelompok oarang-orang "bawel" yang setiap harinya bisa menghabiskan waktu sampai 10 menit untuk menelepon, baik itu secara langsung melalui jaringan selular konvesnional ataupun melalui voip. 

Kemudian ada profil pengguna dari Golongan Awam merupakan profil pengguna smartphone yang paling sedikit menggunakan smartphone dalam dalam setiap harinya, yang berkisar di angka 108 menit. Golongan ini umumnya adalah orang-orang yang berusia 36 tahun ke atas. 

Dan yang terakhir adalah prodil pengguna dari Golongan Bintang Sosial, di mana kelompok ini merupakan orang-orang yang gemar “wara-wiri” di situs jejaring sosial atau situs media sosial. Tidak slah lagi, aplikasi pavorit kelompok ini adalah Twitter, Facebook dan Path. 

Dalam menyusun laporan hasil penelitiannya tersebut, Vserv menggandeng Nielsen. Laporan dari hasil penelitian itu merupakan pengumpulan dari 1.600 relawan yang ada di seluruh Indonesia selama kurun waktu 3 bulan. 

Direktur Eksekutif, Consumer Insights, Nielsen Indonesia, Sagar Phadke menyampaikan bahwa pengetahuan tentang para pengguna smartphone di Indonesia ini akan bermanfaat untuk para pemasar dalam menyusun strategi pemasaran yang paling efektif. 


Associate Vice President, Global Marketing, Vserv, Pranab Punj, juga menyampaikan bahwa pesan yang ingin disampaikan oleh sebuah perusahaan akan dapat lebih relevan apabila mengetahui serta fokus terhadap persona atau profil pengguna smartphone yang tepat.



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya