Memindahkan Kepemilikan Saluran Youtube dari Satu Akun Google ke Akun Google Lain

Logo Youtube
Sengaja penulis mengetengahkan tulisan tentang hal ini, karena baru-baru ini ada salah satu akun google milik penulis yang di-aproved oleh google adsense. Nah, kaitannya akun google yang sudah aktif dengan saluran youtube milik penulis adalah bahwa penulis mencoba peruntungan pendapatan dari saluran youtube yang sudah ada sebelumnya dan sudah dimonetasi, tetapi akun pemilik saluran youtube tersebut pernah ditolak oleh google adsense saat pertama kali didaftarkan. 

Untuk mencoba peruntungan pendapatan dari saluran youtube yang telah dimonetasi tersebut tetapi karena “pemiliknya” adalah akun google yang bukan merupakan akun adsense, maka penulis mencoba untuk memindahkan kepemilikan saluran youtube tersebut ke akun google lain yang merupakan akun google adsense.

Untuk memindahkan kepemilikan saluran youtube dari satu akun ke akun lain, dibutuhkan kesabaran dan kejelian selama proses pengerjaannya. Dan proses pengerjaan pemindahan kepemilikan saluran youtube ini minimal satu hari atau 1 x 24 jam terhitung sejak “pemilik” saluran “mengangkat” akun “calon pemilik” sebagai pengelola halaman google plus yang sebelumnya telah dibuat oleh pemilik saluran dan halaman google plus tersebut telah terhubung dengan saluran youtube. Dimana saluran youtube tersebut dialihkan terlebih dahulu ke halaman google plus yang dibuat.

Jika diilustrasikan, gambaranya akan seperti ini (semoga saja penulis tidak kebingungan menggambarkannya):
Ada dua akun google:
• Akun Pemilik saluran youtube yang telah dimonetasi tetapi akunnya ditolak Adsense
• Akun Pemilik Adsen tetapi ingin memiliki saluran youtube si nomor 1 
  (karena ramai pengunjung dan sudah dimonetasi)

Maka begini kerjanya:

Tahapan 1 (Membuat Halaman Google Plus dan Mengangkat Manajer)

• Akun Pemilik Saluran Youtube harus membuat satu halaman google plus (apa saja yang penting itu halaman google plus – dan penulis menganggap pembaca sudah paham cara membuat halaman google plus)
Tahap 1 Pembuatan Halaman Google Plus


• Setelah halaman google plus jadi, maka masuk ke menu kelola halaman ini - setelan - pengelola. Dan angkatlah seorang pengelola (manager). Nah si manajer inilah yang nantinya akan menjadi pemilik saluran youtube.
Tahap 2 Pembautan halaman google plus


• Sampai di sini satu tahapan sudah selesai


Tahapan 2 (Menghubungkan Saluran Youtube ke Halaman Google Plus yang Baru Dibuat)

• Akun pemilik saluran youtube masuk ke halaman saluran youtube miliknya
   Lalu Klik Setelan Youtube (Ikon Bergerigi).

• Selanjutnya klik lanjutan


• Lalu Klik “Pindahkan saluran ke profil atau laman Google+ yang berbeda”


• Lalu Klik “Pilih laman atau profil yang diinginkan”


• Nanti akan terbuka halaman google plus yang telah dibuat tadi di awal

• Pilih halaman google plus yang di dalamnya ada MANAGER yang merupakan pemilik AKUN GOOGLE ADSENSE

Sampai di sini proses pemindahan pengelolaan saluran youtube ke halaman google plus sudah selesai. Barulah pada tahapan ini kita santai dan tinggal menunggu 1 x 24 jam. Ya, kita akan menungu full (minimal) 1 hari sebelum akhirnya si pemilik awal saluran youtube akan memindahkan kepemilikan halaman google plus ke manager (yang punya akun google adsense tea geuning)

Tiba waktunya untuk pemindahan kepemilikan saluran youtube.
1. Pastikan manager dijadikan pemilik halaman google plus (setelah 24 jam sejak diangkat)
2. Jika pemindahan kepemilikan halaman ini berhasil, maka akan berhasil pada pemindahan saluran youtube.
3. Urutan kerjanya: 
   - masuk ke halaman google plus 
   - klik kelola halaman ini 
   - klik setelan
   - lalu klik "HAPUS HALAMAN" 
Di sinilah kita harus jeli dan hati-hati. Jika halaman google plus tersebut terhubung ke saluran youtube, maka akan ada pilihan untuk memutuskan hubungan dengan saluran youtube. Nah pada proses inilah caranya kembali seperti apa yang diuraikan pada bagian terdahulu di atas.

Warning! Hati-hati!
Agar aman, sebaiknya membuat halaman google plus yang baru saja. Toh, baik halaman google plus baru atau lama, masa menunggu pemindahan kepemi;ikan halaman tersebut adalah sama yaitu 1 hari sejak pengangkatan sebagai manajer.

Jika masih bingung, semoga video tutorial di bawah ini memberikan kebingungan tambahan. Mohon maaf dan harap maklum ya bapak-bapak ibu-ibu, jika kemudian ketidakpahaman malah menyerang. Salam sukses.

Video Tutorial Cara Memindahkan Kepemilikan Saluran Youtube 
dari Satu Akun Google ke Akun Google yang Lain




Related Post:

7 comments:

  1. Gan pas ane mau pindahin dari laman ke akun google kenapa malah 500 internal server error ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba untuk:
      1. Clear History Browser yang kita gunakan,
      2. Kalau masih belum bisa, coba untuk restart PC dulu, setelah sebelumnya kita clear history di browser kita

      Delete
  2. - Mas kalau memindahkan kepemilikan chanel maka semua videonya ikut pindah semua ya?

    - Ada tutorial cara memindah video dari chanel ke chanel lain dalam satu akun youtube?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Iya, channel-nya tetap yang itu juga, dan videonya masih yang itu-itu juga. Yang berbeda, kepemilikan saluran atau channel tersebut. Jika sebelumnya dimiliki oleh akun gmail kita yang A, maka sekarang dimiliki oleh akun gmail kita yang Z, dst.

      2. Kalau memindahkan video dari saluran/channel kita yang satu ke saluran/channel kita yang lain, tidak bisa. Harus kita dowload dulu, baru kita upload lagi. Resikonya, kita harus mempopulerkan lagi video tersebut dari nol.

      Makanya kita harus menjaga channel/saluran kita agar tidak terkenal penghapusan pihak google/youtube.

      Delete
  3. Gan mau tanya. Saya punya akun google adsanse trs saya tautkan ke akun youtube saya ( sama2 dalam satu akun gmail). Video saya view nya masih sedikit maklumlah baru mulai minggu lalu dan sudah muncul iklannya kadang2.
    Nah, pertanyaan saya. "Apakah ini melanggar kebijakan google adsanse ?
    klog iya, apakah saya harus ikuti trick diatas ?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya, agar akun GA nya aman, bagusnya membuat saluran youtube itu jangan langsung dari akun tersebut secara langsung. Melalui akun tersebut, buat halaman G-Plus / Halaman Merek / Saluran Youtube.

      Delete
    2. Jadi... buat sebanyak mungkin halaman gplus/akun merek/saluran youtube. Dan jangan gunakan akun google adsense untuk saluran youtube. Kecuali kalau kita yakin kita bisa membuat konten yang tidak banyak dilaporkan orang dan yakin tidak melanggar ketentuan youtube.

      Delete

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya