Powered by Blogger.

Cara Reset Printer Epson T13, T13x, T121 dan TX121x Sampai Berhasil

Please Share :
+
Untuk yang masih mengalami kendala dalam hal adanya notifikasi Ink Out Error, coba ikuti solusinya di Mengatasi Ink Out Error pada Printer Epson T13, T13x dan S22 Secara Cepat

Berbeda dengan printer-printer epson keluaran sebelumnya, untuk seri low entri sekelas T13x atau TX121x, cara meresetnya memerlukan proses yang bisa jadi tidak sekali reset langsung berhasil. Dalam mereset printer epson t13x dan TX121x, kemungkinan besar kita akan melakukan langkah yang berulang 2 sampai 5 kali proses reset. Dan sebagaimana pengalaman penulis dalam mereset beberapa printer yang t13x dan TX121x, semua proses berhasil dengan bagus, tetapi prosesnya bervariasi. Kebanyakan berhasil setelah proses reset sebanyak 2 kali atau lebih, hingga 5 kali proses reset. Dan waktu yang terpakai pun "mengambil" kurang lebih 30 menit sampai dengan 1 jam dari waktu kerja kita.

Satu hal yang pasti, postingan ini merupakan juga solusi untuk berbagai masalah atau penyakit printer printer Epson T13, T13x, TX121, TX121, T121, T121x, dan L200 secara software, seperti:
1. Cartridge Not Recognized atau Cartridge Tidak Terdeteksi
2. Replace Cartridge, karena seolah tinta pada modul cartridge habis.
3. General Error akibat penempatan ulang cartridge yang tidak pas, terhalang benda, dll.


Catatan (baru bisa update saat ini - 31/08/2015).
Untuk kerusakan secara software, ada printer epson t13x yang dengan metode ini tidak berhasil direset. Kasus ini mungkin hanya  terjadi untuk beberapa printer saja. Yang pasti printer tersebut seri T13x.
Mengatasi Ink Out Error pada Printer Epson T13, T13x dan S22 Secara Cepat

Selengkapnya tentang printer t13x yang agak rewel (secara) software tersebut adalah:
1. Tidak bisa direset dengan metode ini.
2. Direset baru bisa berhasil dengan link di atas.
3. Driver printer (secara software) akan berubah menjadi S22.
4. Biasanya setelah direset dengan metode tersebut di atas, printer akan kembali normal.
5. Setelah menjadi S22 dan bisa dipergunakan, biasanya tidak bisa dicleaning melalui prpperties printer di windows, tetapi dengan resetter L200.
6. Dan seterusnya.... silahkan bagi anda yang ingin berbagi pengalaman tentang problem yang sama bisa ditulis di kolom komentar.

Ok, kita akan langsung ke bagian utama postingan ini. 

Persiapan Sebelum Proses Reset Eposn T13x dan TX121x:

1. Printer epson t13x dan TX121x yang akan direset.
2. Kabel-kabel printer, baik kabel power maupun kabel data usb-nya.
3. Resetter:
Catatan:
Jika resetter diblok anti virus (terutama resetter Epson T13), masukkan ke daftar pengecualian. Atau bisa juga dengan menon-aktifkan antivirus selama proses reset. Jangan lupa mengaktifkan kembali antivirus setelah proses reset berhasil.

Proses Reset Printer Epson T13x dan TX121x

Bagian I

1. Pastikan koneksi printer epson T13x atau TX121x dengan PC atau Notebook normal dan bagus.
2. Buka Resetter Epson L200
Tampilan Resetter Epson L200
Klik Accept pada Resetter Epson L200

3. Setelah terbuka jendela baru, kita select (pilih) port USB printer epson T13x kita.
Pilih port USB epson t13x

Tentukan port USb Epson T13x-nya

4. Setelah port usb printer epson T13x terpilih, klik OK. Kita akan kembali ke jendela awal resetter.
    Pilihlah Particular Adjusment Mode, maka akan terbuka jendela baru:
Langkah 4 Reset Epson T13x

5. Ketika kita klik OK, kembali terbuka jendela baru:
    Klik Perform, maka muncul tulisan untuk semua warna CMYK, .... ink uut was canceled.
Langkah 5_1 Reset Epson T13x

Langkah 5_2 Reset Epson T13x

Sampai di sini bagian pertama proses reset telah dilalui. Tutup kembali resetter epson L200. Kita rehat dulu, atau kalau punya semangat 45, kita lanjut ke bagian kedua.

Bagian II Reset Epson T13x

1. Buka resetter epson T13 atau TX121. Sama saja.
    Proses sampai dengan pemilihan port usb untuk printer, perhatiikan gambar di bawah:
Langkah 2-1 Reset Epson T13x atau T121x

Langkag 2_2 Reset Epson T13x atau T121x

Langkah 2_1 Reset Epson T13x atau T121x

2. Masuk ke bagian utama proses reset, perhatikan gambar di bawah:
Reset Epsin T13x dan T121x

Reset Epson T13x dan T121x

3. Kita mulai pengerjaannya. 
    - Ceklis Main Pad Counter
    - Ceklis FL Box Counter
    - Klik Check
   Jika berjalan mulus, akan muncul konfirmasi, klik saja OK.
Langkah 3 Reset Epson T13x dan T121x

Reset Epson T13x dan T121x

4. Langkah selanjutnya:
    - Kembali ceklis Main Pad Counter
    - Ceklis juga FL Box Counter
    - Kemudian Klik Inisialization
    - Akan muncul konfirmasi, klik OK.
    - Tunggu hingga proses selesai, lalu muncul konfirmasi untuk mematikan printer.
    - Matikan printer, lalu klik OK.

Reset Epson T13x dan T121x OK

Reset Epson T13x dan T121x Sukses

Selesai sudah proses reset Epson T13x. Sebagaimana penulis sampaikan di awal postingan, proses ini kemungkinan berulang sebanyak 2 atau 5 kali atau mungkin lebih. Tetapi pengalaman penulis, semua telah dilewati dan berhasil dengan baik. Terkadang harus menempatkan ulang modul cartridge pada tempatnya. 
Terkecuali ada trouble pada mainboard printer, maka harus ada perbaikan terlebih dahulu secara hardware, jika pun dipaksakan proses reset akan sia-sia alias tidak akan berhasil.

Tambahan:
Cek keberhasilan proses dengan: Ink Charging, Cleaning, Cek Status, menggunakan salah satu resetter yang telah disediakan dalam postingan ini.
Terkadang kita juga kemungkinan akan "bongkar-pasang" modul cardtridge dari tempatnya, jika belum berhasil juga mereset priternya. Tapi... ya, kita harus pintar-pintar dan bersabar dalam keseluruhan proses reset printer epson t13x ini.
Proses reset ini, berlaku juga untuk printer epson TX121x.

Previous
Next Post »
Comments
96 Comments
96 Komentar untuk "Cara Reset Printer Epson T13, T13x, T121 dan TX121x Sampai Berhasil "

Trimakasih gan.......printer Epson TX121X bisa digunakan kembali................

Sama-sama Gan. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.

gan waktu di small ink counter reset tulisan warnanya gk muncul cuma ada tulisan "Ink out error was not detected." knpa ya gan??

berarti tahap satu sudah selesai.
Lanjut ke tahap duanya.
Jika belum berhasil, coba terus dari tahap 1 lagi sampai selesainya tahap 2

sudah diresset ulang sampai 10 kli pun tetap nggak bisa apa ada solusi lain nya

Coba tips ini:
1. Kita gunakan hanya resetter L200.
2. Gunakan feature "Small Ink Counter Reset"
3. Balik lagi, lalu Gunakan Feature "Waste Ink Pad Counter"
(Penggunaannya sama dengan rsetter yang lain).
Matikan printer, hidupkan kagi.
4. Kemudian masuk ke feature "Ink Charge"
Jika tidak ada masalah secara hardware,
akan ada reaksi printer langsung "cash modul cartridge".
Berarti kita selangkah lebih maju.
5. Coba Cek Status Printer

Dicoba terus langkah2 tersebut sampai berhasil.
Saya sendiri, sudah reset printer dengan seri T121X, T13X. Semuanya berhasil. Hanya saja ada yang dengan beberapa langkah saja, ada yang sampai berjkail-kali, hingga kita pastikan semua tinta terlihat penuh pada status printer

To reset the waste ink error you will need to download a reset program. This resets the printer counters back to zero and the printer will work again as normal. You can download this reset program from our website.
ink pad resetter

saya punya t13x tapi di laptop selalu terdeteksi S22... bagaimana ini ya? padahal sebelumnya normal.

gan punya q ug masih ttp gak bisa d reset?ttp nyala lampu indikatornya,gimana ya?

Maaf, pada bagian pertama tulisan "small ink counter reset" tidak ada, bagaimana? Saya memakai tx-121x

nice share gan,, ane mau coba dulu tapi

Saya menggunakan antivirus AVG:
1. Untuk Resetter L200, tidak terdeteksi apapun (alias clean/bersih).
2. Untuk Resetter T13, terdeteteksi "Kuda Troya/Horse Trojan" dan bukan "virus", tambahkan saja ke daftar pengecualian antivirus-nya. Hampir semua antivirus ada Feature "Daftar Pengecualian", kita bisa menggunakan Fitur ini.

Terima kasih telah berkunjung.

This comment has been removed by the author. - Hapus

1. Mungkin ada kesalahan dalam pemilihan driver pada saat installasi drivernya.
2. Atau, Jika tidak ada penggantian mainboard printer, bisa jadi, katakanlah, mainboardnya "corrupt", sehingga boardnya dikenali sebagai S22 dan bukan T13x.

Terima kasih telah berkunjung.

@EM dan Turi Afriyani, Resetter L200, bisa kita gunakan untuk me-reset printer Epson T13, T13x, Tx121, Tx121x, dan L200, tanpa bantuan resetter lainnya.

Untuk T13 dan Tx121, biasanya bisa langsung berhasil hasil dengan 1 kali langkah reset.
Untuk T13x, TX121X, dan L200, bisa berulang kali langkahnya.

Tapi, catatan penting, selama tidak ada kerusakan hardware, Resetter L200 ini telah mampu menormalkan kembali printer2 yang saya sebutkan di atas. Karena saya sendiri telah berkali-kali berhasil membantu memperbaiki printer epson dengan tipe-tipe tersebut.

Terima kasih atas kunjungannya

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga berhasil.

Gan, cara menonaktifkan maintenance ( ketiga lampu menyala secara bersamaan ) gmana ya ?? saya pakai EPSON TX121x...solusinya donk gan !

Primisi gan, software resetter epson L200 di sini gk ada linknya ya, ane download cuman drivernya doang. coba boleh minta link nya, saya cari link laen gk ada yg bener jadi pusing sendiri hehe

Ada kok Gan. Coba buka lagi link.
1. Akan diarahkan dulu ke adf.ly
2. Tunggu 5 detik
3. Di bagian atas kanan, klik "LEWATI" atau " SKIP AD"
4. Nanti terbuka link unduhannya di Mediafire..... Langsung Download.
(Barusan saya coba, Link-nya masih hidup, gak masalah).

Selama tidak ada kerusakan hardware, tahapan-tahapan di atas, akan berhasil menormalkan kembali printer TX121X. Hanya saja bisa jadi dengan satu kali langkah, bisa juga berkali-kali, mungkin lebih dari 5 kali tahapan berulang. Kalau belum berhasil, "istirahatkan" dulu printer-nya seharan penuh. Lalu coba lagi tahapannya. Mudah2an berhasil (Karena saya sendiri telah berhasil meniormalkan printer2 TX121X, T13X ---, ada yang dengan sekali tahapan, ada juga yang diistiratkan dulu seharian penuh ---)

Diistiratkan = Tidak disambungkan ke listrik dan komputer.

Saya punya Epson WF 7511,,, ada gk software resetternya,,,

This comment has been removed by the author. - Hapus

kok aq gak ad tulisan waste ink pad counternya ya...
aq ud coba lebih dr 10x kayaknya tetep gak bisa

masuk ke ink charger tulisannya ink error >>> ini kenapa ya?

eh gak ad tulisan small ink counter reset nya maksudnya

thanks gan.. printer ane sehat lagi :D

This comment has been removed by the author. - Hapus

Tanks . Printer saya dah bisa jalan lagi

Thanks bro, ane berhasil printer ane langsung berfungsi dalam 1 kali coba dan cuma butuh waktu 3 menit saja.

Oke Gan... sama-sama.... maksih sudah berkunjung

Sama-sama Gan... terima kasih sudah berkunjung

Sama-sama Gan... terima kasih sudah berkunjung

Coba gunakan Resetter untuk L200 - Hanya dengan reseter L200 ini kita bisa mereset printer mulai dari T11, T20E, T13, T13x, T121, TX121X, T110, T110X --- tanpa resetter yang lainnya:

Kuncinya di fitur:
Maintenance, yang terdiri dari:
- Cleaning/Ink Charge
- Waste Ink Pad Counter
- Small ink counter reset

Gunakan fitur2 di atas untuk mereset printer kita. Kombinasikan langkah pada:
1. Small ink counter reset lalu ke bagian Cleaning/Ink Charge
2. Cek Status Printer (Jika belum berhasil)
3. Masuk ke Waste ink Pad Counter, cek status printer
4. Coba lagi ke Ink Charge..... dst.... dst.... Semoga berhasil

Kesimpulan:
- Fitur di bagian Maintenance inilah yang kita gunakan untuk mereset.
- Jika belum berhasil, untuk printer dengan modul cartridge yang ada chip-nya, bisa jadi modul cartridge harus sudah diganti
- Unutk yang seri T13X atau T121X, modul cartridge tidk ada chip, maka apa yang kita lakukan adalah mereset mainboard printer (yang biasanya harus kita reset setalah mencetak +/- 3000 lembar teks biasa atau 500 lembar pada saat mencetak full/blok warna)

Kebetulan belum ada pelanggan yang mereset Epson tipe tesebut, jadi saya tidak bisa memberikan jawaban..... terima kasih telah berkunjung

selamat pagi mas gamal...sama mau tanya printer saya epson stylus t13 t22e sudah saya reset beberapa x dan sudah saya lakukan dengan cara diatas tetap tidak berhasil...masalah dari printer saya adalah..lampu hijau kelap kelip,catdrige tidak mau bergeser,dan status printer 'printer is busy' ada solusi gak mas...??

makasih banyak bro, 1x coba langsung OKE. T13x gw jalan ngprint. Siippp

bos pas di Perform itu eror apa ea yg salah?
thanks

.,trimakaish ya BoS , punya ku berhasil nyetak lagi :D

misi gan, q punya epson t13x waktu q nyalain tiba2 muncul peringatan warna habis .. itu gmn gan solusinya ?

gan, printer t13 ane keluar message box begini neh :
The printer's ink pads are nearing the end of their service life. Please contact Epson support
ada solusi gan?

Terima Kasih banyak. Alhamdulillah printer saya bisa digunakan kembali tadinya saya akan membawa ke servis printer, tapi setelah saya membuka dan mempraktekan tips dari bapak berhasil, semoga kebaikan Bapak dibalas sama Alloh SWT.

Terimakasih...printer kantorku...bisa on lagi....

Kalau tidak melihat secara langsung saya agak bingung juga. Tapi mungkin saya prediksi, "printer is busy" bisa jadi printer masih membaca perintah2 yang masuk (misalnya: mungkin sedang membaca modul cartridge, ada perintah2 sebelunya yang menumpuk di memory printer, dll).

Solusi:
1. coba matikan dulu printer secra normal melaui switch di printer.
2. Coba reset printer melalui komputer/laptop lain (atau bersihkan perintah2 yang telah "disampaikan" di komputer kita sebelumnya -- bisa dengan shutdown dulu PC nya.
3. Langkah selanjutnya bisa diikuti dri tutorial di atas.
Semoga berhasil

terima Kasih banyak. Alhamdulillah sudah bisa digunakan kembali semoga jadi ladang ibadah...

kenapa resetter saya tidak muncul smaall reset pada Particular Adjusment Mode???

Alhamdulillah Printernya bisa lagi, Terimakasih

Sama-sama Gan. Terima kasih sudah berkunjung ke POJOK CYBER KASOMALANG

Sama-sama. Terima kasih kembali sudah berkunjung ke POJOK CYBER KASOMALANG

Sama-sama. Terima kasih atas do'anya dan terima kasih juga telah berkunjung ke POJOK CYBER KASOMALANG

Sama-sama Bro. Thanks sudah berkunjung ke Pojok Cyber Kasomalang

Terima kasih banyak mas infonya.. ilmu yang sangat bermanfaat..
Kemarin saya sampai nyerah, karena beberapa kali pake resetter yg banyak tersedia di internet tapi gagal semua, kemudian TX121 saya bawa ke servisan. Berhasil..
Sepulang dari servisan eh ketemu blog ini.
Mudah2an kalo eror lagi bisa betulin sendiri pake ilmu dari blognya mas Gamal ini.

Sekali lagi terima kasih mas sharing ilmunya. :)

Assaalmu'alaikum mas gamal.. printer t13x ane udh sampe 10 x lebih g bisa juga. masih kedip2 lampu hijau dan merahnya. gimana ya mas..?

Sama-sama mas. Terima kasih juga atas kunjungan dan apresiasinya.

gan ko link yang reset buat epson tx121x nya mati???

- Semua Link unduhan masih hidup. Barusan saya coba (26 Agustus 2014) bisa.
- Link unduhan diarahkan dulu ke ADF.LY, tunggu 5 detik. Di pojok kanan atas KLIK SKIP ADD/LEWATI, link unduhan akan terbuka.

matur nuwun mas.... printerku sekarang sudah bisa digunakan lagi....
jempoolll untuk mas Maulana...

Error semua linknya,,,, gk bisa di download

Sankyu Om udah bisa walau harus 7x proses kamsia..

Sama-sama mas. Terima kasih atas kunjungannya

cara memperbaiki warna hitam yang sering hilang sedikit2 gimana>???? dan warna RGB pada saat print gambar warna nya jadi tidak sama ,

Harus menggunakan Cleaner yang bagus.
Caranya:
1. Bisa mengalirkan cleaner sebanyak +/- 4cc ke tempat carrier biasa "mangkal" [kanan printer]. Biasanya diguanakn untuk cleaning.
2. Mengalirkan Cleaner secukupnya (1 s.d 4cc) ke saluran printhead dengan bantuan selang tambahan yang pas di saluran ke print head.
3. Jika masih mampat, harus dibingkar bagian prin headnya dan dibersihkan dengan cleaner (Jika ragu, bisa minta bantuan teman yang sudah familiar dalam bongkar pasang print head).

Dari pengalaman:
1. Untuk printer yang telah diprintkan sebanyak 24rb lembar teks biasa dan lalu didiamkan selama 6 bulan s.d 1 tahun, bisa kembali muncul semua warna-nya walauun tidak sebaik pada saat masih baru. Tetapi semua warna normal kembal;i.
2. Untuk yg biasa digunakan print photo/full carna 1 halaman penuh dan mencapai 4rb halaman selama digunakan, masih bisa dicoba keberhasilannya sampai tinta bisa kembali lancar.

Kesimpulannya:
Jika kita mau belepotan tinta dan tahu teknik-nya selama memperbaiki printer epson yang tintanya macet2/tidak normal, ada peluang printer kita bisa digunakan kembali dengan hasil print yang normal (semua tinta tidak putus2/dll, walau ada penguangan kualitas saat print photo) --- tapi untuk print teks dan gambar di kertas HVS, masih bisa bagus hasilnya.

Cek solusinya di sini:
http://pojokcyberkasomalang.blogspot.com/2014/09/mengatasi-ink-out-error-pada-printer.html#.VCo_KLHn2qY

Gan maaf nih... mau tanya...
Pas mau initializaition nya... komunikasi eror mulu kenapa ya...?
Makasi gan...

thank gan berhasil semoga tuhan yang membalasnya dengan yang lebih baik. amiin

gan , kenapa ya tiap kali masuk di waste ink pad counter , lalu di klik initialization , tapi kok malah error ..
mohon bantuannya gan ..

akhirnya bisa juga, trimakasih gan akhirnya bisa pada printer epson gue :D

Sama-sama Gan. Terima kasih sudah berkunjung.

Sama-sama Gan. Terima kasih telah berkunjung.

Dicoba lagi Gan. Siapa tahu file resetternya kurang bagus. Coba didownload lagi.

Sama-sama Gan. Terima kasih atas kunjungan, juga atas apreasiasi dan doanya.

Notifikasi itu biasanya karena printer telah banyak bekerja. Biasanya dengan direset, akan kembali normal, tetapi batas normalnya tidak terlalu lama seperti printer yang belum banyak digunakan ngeprint. Tapi kendala seperti itu bisa berhasil direset, bisa juga tidak. Metode resetnya sama.

Kenapa driver epson stylus tdk bisa terinstal pada OS W8 64-bit

Untuk printer epson seri berapa? Coba buka tautan ini:
http://www.epson.co.id/epson_indonesia/support/eol_product.page?support_name=Epson_Stylus_TX121
Tinggal tentukan printer seri berapa. Driver bisa dicari dan disesuaikan dengan OS-nya.
Semoga berhasil.

Port.nya isi apa gan bwt tx121 ga ada tulisan usb008 tx121...mohon petunjuk setelah di klik "check" ada tulisan communication error! Error code : 20000101....

Port-nya sesuaikan dengan tipe printer. Biasanya, kalau printer sudah terhubung dengan baik pada komputer, port printer akan muncul pada daftar port di resetternya.

Pokoknya usahakan (pastikan) printer terhubung dengan baik. Pasti akan terbaca oleh resetter. Pilih port sesuai dengan tipe printer kita.

gan tanyak. kalo menu small ink counter reset pada proses pertama tidak ada. apa langsung ke proses ke 2?

Maksud pertanyaannya kurang bisa saya pahami. Mungkin maksudnya, apakah langkah pengerjaan bisa langsung ke bagian ke-2?

trimakasiiiiiiiih T13x nya alhamdulillah sudah siap buat di gunakan lagi, ga kdap kdip merah lagi...

Sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung.

Mksh banget Broooo,,, Mannnntap infonya bs jalan lagi,,,,

Mksh,,, bnyk brooo,,,infonya mannntaaaapppp....

Mksh,,, bnyk brooo,,,infonya mannntaaaapppp....

Sama-sama Gan. Terima kasih sudah berkunjung.

Yang belum memiliki akun google, bisa berkomentar dengan akun "Anonymous". Terima kasih atas kunjungan, komentar positif dan saran konstruktif untuk blog ini. Semoga sukses mental, spiritual dan finansial selalu menyertai Anda. Aamiin.

 
Copyright © 2015 POJOK CYBER - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top