Recovery Data yang Rusak Terkena Virus

Data yang kita simpan pada storage apapun, baik berupa file ataupun folder, berpeluang terinfeksi virus. Apalagi jika banyak lalu lintas data ke komputer kita, baik ketika menyalin data dari HP, Flashdisk, Hardisk eksternal atau storage lainnya dari komputer lain, terutama dari rental komputer atau warnet yang tidak dipasangai antivirus yang pro dengan feature mumpuni. Atau infeksi virus ini mungkin disebabkan karena banyaknya lalu lintas data dari internet.

Video Tutorial Mengembalikan Recovery Data Rusak Terkena Virus, Terhapus dan Lain Sebagainya Menggunakan Aplikasi GetData Back





Tampilan Isi Flashdisk yang Terkena Virus atau hal lainya pada Explorer Windows


Lalu bagaimana ketika file-file kita telah terinfeksi oleh virus. Ada banyak cara untuk menanggulangi atau lebih tepatnya mengembalikan data yang telah terinfeksi virus tersebut seperti sedia kala. Bagi mereka yang mahir dalam tingkatan yang sebenarnya, mungkin tidak masalah, karena bisa jadi mereka bisa mengurai infeksi tersebut sampai akhirnya didapatkan file yang dicari.

Nah bagi kita yang masih awam, kita bisa menggunakan tool atau aplikasi-aplikasi yang fungsinya untuk mengembalikan atau memulihkan data yang hilang atau terformat. Aplikasi-aplikasi tersebut akan mampu juga mengambalikan data yang rusak karena virus atau hal lainnya yang tidak kita ketahui peyebabnya.

Beberapa tool yang dikembangkan unutk hal tersebut diatas diantranya GetData Back for FAT v4.30. Aplikasi tersebut didesain atau dibuat untuk merecovery data hilang pada media penyimpanan dengan sytem FAT (termasuk diantaranya: FAT/FAT16/FAT32). Selain untuk yang berformat file system FAT juga ada untuk NTFS, tepatnya adalah GetData Back for NTFS v4.30.

Beberapa aplikasi lainnya dengan fungsi yang sama bisa pembaca dapatkan pada tautan postingan  Best Tools for Recovery Data Part 1 dan Best Tools for Recovery Data Part 2. Tool-tool tersebut mampu mengembalikan data yang "seolah" hilang karena tidak kasat mata saat kita cari di explorer windows. Sebenarnya data tersebut masih ada hanya saja di "supper hidden" yang disebabkan oleh virus.

Alternatif Lain Mengembalikan Data "Hilang" karena Virus dan Terhapus oleh Antivirus

Diantara kasus kehilangan data yang pernah penulis temua adalah adata pada flashdisk yang telah terkena virus. Pada saat flashdisk tersebut dimasukkan ke port USB dengan antivirus yang memadai dan up to date, biasanya secara otomatis semua file yang ada di dalam flashdisk akan hilang, tidak tersisa.

Dan pemilik flashdisk pun "menangis".... A, tolong ya kembalikan datanya....
Tenang aja, hitungan detik juga bisa kembali. Seolah-olah kita jagoan saja. Padahal hanya "memanfaatkan" aplikasi buatan orang lain yang sudah "susah-susah" dibuat tetapi dibagikan secara gratis. Salut kepada yang membuat aplikasi tersebut.

Begini cara kerjanya:
- Biarkan flashdisk bervirus tersebut discan oleh antivirus kepercayaan kita.
- Biarkan antivirus menyikat habis semua virus yang ada di dalamnya
- Biarkan si pemilik flashdisk kelabakan data penting skripsi dan yang lainnya hilang
- Biarkan dia memohon dengan sangat agar datanya kembali muncul
- Biarkan dia memohon sekali lagi.....hihihi

Selanjutnya
- Bukalah Hidden File Tools
- Klik Browse
- Cari drive flashdisk tersebut pada explorer windows lalu klik
- Pastikan itu adalah flashdisk yang datanya sudah terbabat habis oleh antivirus
- Kemudian Klik Search
- Biarkan "Hidden File Tools" bekerja sampai selesai men-scan flashdisk
- Setelah selesai, kita blok atau sorot semua data yang muncul pada jendela Hidden File Tools
- Kemudian klik Apply, biarkan sejenak.......
- Coba tengok kembali flashdisk yang datanya sudah dibabat habis antivirus
- Dan... biarkan sidia berterima kasih habis-habisan
- Habis..... Case Close

Jika belum jelas, coba si Aa dan si Teteh menjenguk video Pojok Cyber di bawah:
Restoring or Recovering Data Infected by Virus

Selebihnya, silahkan diakse juga beberapa video tutorial lainnya berkaitan dengan pengembalian atau pemulihan data.

Untuk mengetahui cara kerja tool tersebut dalam mengembalikan data dari flashdisk, hardisk, micro sd atau storage lainnya yang telah terkena virus, sobat bisa menyimak langkah-langkahnya pada Cara Mengembalikan Data Hilang/Terhapus/Terformat dengan "EaseUS Data Recovery Wizard Profesional". Atau bisa melihat tutorial video Mengembalikan Data yang Rusak Karena Virus atau Hal Lainnya.

Demikian info singkat mengenai cara mengembalikan data dari drive yang terkena virus. Semoga berhasil mengembalikan data yang sebelumnya menghilang begitu saja disebabkan oleh virus atau faktor lainnya.





Related Post:

10 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

      Delete
  2. Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih telah berkunjung.

      Delete
  3. Flashdisk Full Tapi File Tidak Kelihatan solusinya gimana khi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba screenshot notifikasina. Bisa diemail ka all.free.ksm@gmail.com

      Delete
    2. Jadi follower nya!!... tadi jadi follower blog Madrasah Nurul Ihsan

      Delete
  4. mohon bantuan nya Pojok Cyber ? bbrpa hari yg lalu sya download contoh surat di group FB, setelah dapat lgsg sya pindahkan ke Data E, hbis itu mw di open tp tak bsa, eh lgsg Semua Data sya Di Data E penuh dgn File "HELP_DECRYPT" berformat PNG Image, oleh sebab itu semua data sya jd error smua, tak bsa di baca, word, excel, foto, video semuanya tak bsa di open, sudah sya scan berkali2 tak mempan jg, apakah data sya bsa di kembalikan lg?? berhubung Skripsi dan tugas2 kuliah jg masih dsana dan tak ad pula copy an nya, mohon bantuan nya , saya sudah pusing d buatnya, sya sudah datangi tempat service laptop tapi tak bsa jg :'(

    ReplyDelete
  5. mohon bantuan nya Pojok Cyber ? bbrpa hari yg lalu sya download contoh surat di group FB, setelah dapat lgsg sya pindahkan ke Data E, hbis itu mw di open tp tak bsa, eh lgsg Semua Data sya Di Data E penuh dgn File "HELP_DECRYPT" berformat PNG Image, oleh sebab itu semua data sya jd error smua, tak bsa di baca, word, excel, foto, video semuanya tak bsa di open, sudah sya scan berkali2 tak mempan jg, apakah data sya bsa di kembalikan lg?? berhubung Skripsi dan tugas2 kuliah jg masih dsana dan tak ad pula copy an nya, mohon bantuan nya , saya sudah pusing d buatnya, sya sudah datangi tempat service laptop tapi tak bsa jg :'(

    ReplyDelete
  6. mohon bantuan nya Pojok Cyber ? bbrpa hari yg lalu sya download contoh surat di group FB, setelah dapat lgsg sya pindahkan ke Data E, hbis itu mw di open tp tak bsa, eh lgsg Semua Data sya Di Data E penuh dgn File "HELP_DECRYPT" berformat PNG Image, oleh sebab itu semua data sya jd error smua, tak bsa di baca, word, excel, foto, video semuanya tak bsa di open, sudah sya scan berkali2 tak mempan jg, apakah data sya bsa di kembalikan lg?? berhubung Skripsi dan tugas2 kuliah jg masih dsana dan tak ad pula copy an nya, mohon bantuan nya , saya sudah pusing d buatnya, sya sudah datangi tempat service laptop tapi tak bsa jg :'(

    ReplyDelete

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya