Contoh Artikel Iptek, Pengertian Flashdisk dan Fungsi Flashdisk

Pojok Cyber – Siapa yang tidak kenal flashdisk? Orang-orang yang berkecimpung dengan komputer atau laptop, dipastikan mengenal dengan salah satu perangkat keras penyimpanan data tersebut. Minimal, jikapun dia tidak pernah memegang secara langsung, mungkin pernah melihat bentuknya.

Flashdisk yang oleh orang-orang Eropa atau bangsa yang bahasa sehari-harinya menggunakan bahasa Inggris, sering disebut sebagai Pen Drive, Micro Disk, USB Flash Drive, atau Pocket Drive, dan lain-lain, merupakan salah satu perangkat keras penyimpanan data dengan dengan bentuk yang beragam.
Contoh Perangkat Penyimpanan Flashdisk


Pengertian Flash Disk

Jika kita mencoba untuk memberikan defisini atau pengertian secara harfiah apa itu flasdisk, bisa disebutkan bahwa Flash Disk merupakan perangkat atau alat untuk penyimpanan file atau data yang berupa NAND.

Pada perangkat flashdisk ini, “ditanami” controller dan memori penyimpan data dengan sifat non–volatile atau tidak akan hilang walaupun tidak terdapat daya listrik. Komponen yang ditanamkan pada flashdisk lebih relative lebih sedikit dan bahkan lebih sederhana jika dibandingkan dengan komponen yang ditanamkan pada hardisk. Hal tersebut bisa dipahami, mengingat flashdisk tidak memerlukan motor, piringan atau bagian komponen lainnya yang berkerja secara mekanik. 

Secara teoritis, masa pemakaian sebuah flash disk bisa mencapai kisaran waktu 10 tahun (dengan pemakian yang normal).

Salah satu saran yang Pojok Cyber anjurkan bagi para pengguna flashdisk pada sistem operasi Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Windows Me dan Windows 2000 atau apapun sistem operasi yang Anda gunakan, agar selelalu melepas flashdisk dengan cara aman atau Safely Remove Hardware.

Cara tersebut dilakukan, untuk menghindari data yang menjadi rusak karena bisa jadi data tersebut masih dibaca oleh aplikasi (belum tertulis dari memori cache ke flashdisk).

Dengan memutus koneksi flashdisk pada port usb komputer atau laptop secara aman bisa memperpanjang usia pakai dari flashdisk, karena hal tersebut mecegah hubungan singkat arus listrik yang dapat merusak komponen di dalam flashdisk dan tentu saja hubungan baca/tulis antara flashdisk dan komputer diamankan terlebih dulu.

Dalam hal ini, ada saran tambahan bagi Anda yang sedang mengerjakan tugas penting, jangan sampai Anda mengedit file-file yang terdapat di dalam flashdisk secara langsung. Yang seharusnya Anda lakukan adalah, salin dahulu file yang akan Anda edit ke harddisk internal komputer atau laptop. Baru setelah selesai diedit di dalam harddisk internal laptop atau komputer, salin kembali ke flashdisk.

Hal ini akan menjaga data Anda dari kerusakan, apabila terjadi putusnya koneksi mendadak/secara paksa antara flashdisk dan komputer. Mislanya akibat flashdisk tersenggol, komputer/laptop tiba-tiba mati, dan lain sebagainya.


Fungsi Flashdisk

Fungsi dasar atau standar dari sebuah flashdisk adalah untuk menyimpan data dan/atau memindahkan data dari satu komputer atau laptop ke komputer atau laoptop lainnya.

Sebenarnya, selain fungsi setandar tersebut, sebuah flashdisk masih memiliki manfaat lain yang mungkin belum Anda ketahui.

Berikut ini anfaat yang bisa Anda dapatkan dari sebuah flash disk:
a.    Flashdisk bisa kita gunakan untuk menyimpan aplikasi portable dan menjalankan aplikasi tesebut langsung pada flashdisk (tanpa diinstal terlbih dahulu).
b.    Flashdisk bisa kita gunakan sebagai media untuk menginstall sistem operasi Linux, Windows, Mac, dan lain-lain.
c.     Flashdisk bisa kita jadikan sebagai media penyimpanan mp3 dan video yang bisa kita jalankan pada sebuah LED TV.

d.    Dan lain sebagainya.



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya