Berkirim Pesan WhatsApp Hanya Menggunakan Suara "OK Google"

Pojok Cyber — Salah satu aplikasi keluaran Google, Google Now, kini telah diupdate, dimana pada versi terbarunya, pengguna Android bisa berkirim pesan melalui aplikasi pihak ketiga hanya dengan menggunakan suara.
Google Now, Source: Kompas.com
Google Now, Source: Kompas.com

Demikian ditulis oleh Kompas Tekno yang merangkumnya dari The Verge pada Rabu (29/7/2015). Disebutkan oleh Kompas Tekno bahwa aplikasi messenger pihak ketiga yang sudah didukung oleh fitur tersebut Google Now tersebut, adalah WhatsApp, WeChat, Viber, Telegram, dan NextPlus.

Kompas Tekno menambahkan, aplikasi yang didukung pada pembaruan Google Now tersebut masih belum terlalu banyak, tetapi telah melingkupi beberapa aplikasi populer dengan basis data pengguna yang besar, seperti WhatsApp dan WeChat.

Fitur berkirim pesan melalui suara itu sendiri cukup mudah. Cukup ucapkan kalimat saja, sebagai contoh, "OK Google, send a WhatsApp message." Secara otomasti Google Now akan menanyakan, kepada siapa pesan akan dikirim.

Langkah selanjutnya, kita tinggal menyebutkan nama orang yang ada di daftar kontak WhatsApp. Setelah menyebutkan nama orang yang ada dalam daftar kontak WhatApps tersebut, tinggal katakan pesan yang akan dikirim.

Secara otomatis sistem akan menanyakan apakah pesan tersebut benar-benar akan dikirim ataukah tidak. Jika kita ingin mengirimkan pesan itu, katakan saja "yes".

Jika langkah-langkah di atas terlalu banyak dan berliku, kita bisa langsung menggunakan satu kalimat penuh apabila ingin berkirim pesan. Contoh, "OK Google, send a message to Pojok Cyber: Hi Boss, how are you?". Maka sistem akan mengirimkan pesan Anda tersebut, "Hi How are you?" kepada Pojok Cyber.

Yang perlu dicatat oleh pembaca adalah bahwa fitur ini tidak bisa digunakan apabila Anda belum mengaktifkan fitur suara di Google Now.

Cara mengaktifkan fitur suara pada Google Now adalah sebagai berikut:
1.    Pilih Google Settings
2.    Kemudian Search & Now, pilih Voice,
3.    OK Google Detection,
4.    Terakhir nyalakan fitur From Any Screen.

Sayangnya, fitur tersebut baru mendukung bahasa Inggris saja. Tetapi, pada masa yang akan datang, raksasa internet dunia itu berjanji akan menghadirkan dukungan terhadap bahasa lain.


Source: Kompas



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya