Install MT65XX Preloader USB VCom Drivers | MT65xx MediaTek USB VCOM Drivers | USB Driver MT65XX | USB VCOM Driver MT65xx

Basa-Basi

Mungkin inilah salah satu installasi driver yang gampang-gampang susah dan mungkin akan membuat beberapa diantara kita senang atau kecewa.Ya, salah datu installasi yang pojok cyber maksudkan adalah “installasi driver Preloader atau USB Vcom MT65xx”.

Windows Security - Install Driver Software Anyway

Senangnya, jika ternyata proses installasi yang kita lakukan sesuai dengan tahapan yang “seharusnya” sejak dari awal, sehingga driver terinstall dengan benar tanpa kendala yang berarti.

Bagian yang membuat kecewa adalah apabila driver tidak terinstall dengan semestinya. Walaupun sudah dibolak-balik, disambungkan ke port USB manapun, smartphone dengan processor buatan mediatek ini, tidak berhasil juga terinstall.

Driver dan Aplikasi yang Dibutuhkan:

1. Driver Mt65xx 1, 
2. Driver MT65xx 2, 
3. Driver MT65xx 3, 
4. Driver MT65xx 4, 
5. Driver MT65xx 5, 

Aplikasi untuk menghapus driver yang sudah diinstalkan:
USB Deview x32
USB Deview x64

Mengapa ada diantara kita yang akan kecewa dan senang? Mungkin hal ini disebabkan bahwa installasi MT65XX Preloader USB VCom Drivers | MT65xx MediaTek USB VCOM Drivers  | USB Driver MT65XX |  USB VCOM Driver MT65xx atau apapun kata kunci di mesin telusur google terkait VCOM, Preloader, Preloader USB VCOM, MediaTek Preloader USB VCOM, MediaTek DA USB VCOM, Mediatek Preloader USB VCOM, dan lain sebagainya, merupakan jembatan yang harus dilalui oleh kita agar bisa melakukan flashing pada smartphone atau tablet android.

Dan flashing yang dilakukan tersebut sebagian besarnya adalah hal penting karena merupakan jalan untuk menormalkan kembali smartphone atau tablet android yang mengalami bootloop. Karena jika kita berhasil melakukan flashing, maka pundi-pundi rupiah pun akan mengalir. Jika ponsel tersebut milik kita, imbalannya adalah ilmu yang bertambah dan mengurangi dana yang tidak terduga untuk ponsel.

Baiklah, kita cukupkan basa-basinya. Selanjutnya kita akan mencoba menguraikan bagaimanakah cara memasangkan atau installasi usb driver vcom atau preloader tersebut di atas?

Catatan:
Semua driver yang dibutuhkan bisa didapatkan diakhir tulisan ini. Driver tersebut merupakan kumpulan driver yang terkait erat dengan smartphone dan tablet android, khususnya ponsel dengan processor buatan MediaTek dengan nama-nama MT6571, MT6572, MT6575, MT6577, MT6589 dan lain-lain. Driver tersebut bisa digunakan pada Windows XP, Windows 7, Windows 8 dan 8.1.

 Installasi MediaTek / MT65XX Preloader USB VCOM driver ini terkait erat dengan proses selanjutnya (atau bisa juga bersamaan), yaitu flashing gadget android yang processornya disuplai oleh MediaTek. Jadi, tulisan ini juga bisa dijadikan rujukan bagaimana cara flashing yang baik, untuk semua merek dan tipe android, baik ponsel (smartphone) maupun tablet.

Install Mediatek / MT65XX Preloader USB VCOM yang Dianjurkan Tuk Windows XP, 7, 8 dan 8.1

Inilah keseluruhan proses yang penulis anjurkan terkait cara installasi usb preloader atau vcom driver. Cara ini kemungkinan besar akan berhasil dengan syarat, cara dan ketentuan sebagai berikut:
1.    Jangan dulu menyambungkan ponsel ke port usb komputer atau laptop.
2.    Instalkan USB Preloader atau VCOM driver yang telah Anda unduh sebagaimana kita menginstallakan driver pada umumnya. Khusus untuk Windows 7, 8, dan 8.1, dijalankan dengan RUN AS ADMINITRATOR. Jika ada notifikasi terkait kompatibilitas driver pada Windows, apakah akan diinstal atau tidak, HAJAR saja Gan. Pilih Install Driver Anyway. Lakukan sampai benar-benar tidak ada lagi notifikasi kompatibilitas.
Windows Security - Install Driver Software Anyway

3.    Installkan hanya driver USB VCOM saja dari banyak paket yang penulis sediakan.
4.    Setelah selesai installasinya, jangan dulu menyambungkan ponsel ke port usb. RESTART komputer atau laptop.
5.    Disaat komputer atau laptopnya menyala kembali, barulah kita membuka SPF Tool, menyiapkan file firmware yang benar-benar cocok dengan gadget android kita, klik flashing/upgdare/download BARULAH PONSEL DISAMBUNGKAN dalam kondisi TIDAK DINYALAKAN (untuk hal ini kadang tidak sama antara gadget satu dengan lainnya, perlu informasi tambahan untuk masing-masing merek, tipe dan seri).
6.    Percayalah, ini akan berhasil baik. Windows akan menginstall driver dengan sendirinya, SPF Tool akan mengenali ponsel atau tablet kita dan proses flashing pun akan berjalan sebagaimana yang kita harapkan.
7.    Tersenyumlah... Anda telah berhasil dan berbagilah postingan ini dengan pembaca yang lain


Faktor Penyebab Gagalnya Installasi Mediatek / MT65XX Preloader USB VCOM dan Solusi yang Mungkin

Sebelum melanjutkan, kita perlu rehat dulu sebentar. Telpon atau SMS lah pelanggan Anda bahwa ponsel atau tabletnya belum berhasil diflash. Mereka akan dengan senang hati menunggu kabar keberhasilan dari Anda.

Ponsel atau tablet dengan nama/seri processor MT65XX (XX di sini bisa angka berapa saja, yang nomor standarnya telah ditentukan oleh pihak MediaTek), apapun merek dan serinya, jika USB VCOM dan Preloadernya tidak terintall dengan baik, maka hal itu akan menyulitkan kita melakukan flashing terhadapnya.

Tidak terinstallanya usb driver tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor. Inilah beberapa hal yang “diduga” menjadi penyebab tidak terinstallnya driver dengan baik, dan solusi yang mungkin untuk mengatasinya:
1.    Port usb yang kurang bagus atau tidak stabil. Solusi: pilih port usb yang bagus dan stabil.
2.    Kabel data usb yang sudah error. Solusi ganti kabel data usb.
3.    Proses atau langkah installasi driver yang salah. Solusi, hapus driver sampai bersih, restart komputer/laptop dan jangan dulu menyambungkan ponsel atau tablet setelah penghapusan driver.
4.    Adanya penumpukkan driver yang tidak sesuai. Solusi: sama dengan nomor 3.
5.    Dan lain-lain yang gejala penyakirnya dilihat dari sisi software (driver). Solusi: Sama dengan nomor 3


Proses Installasi Mediatek / MT65XX Preloader USB VCOM Yang Sebelumnya Gagal

1.    Hapus semua driver usb yang terkait dengan Preloader dan USB Vcom langsung di:
My Compter – Manage – Device Manager – Ports:
a.       MediaTek DA USB VCOM Port
b.      MediaTek PreLoader USB VCOM Port
c.       Dan lain-lain terkait MT65xx
Delete MediaTek PreLoader USB VCOM Port

2.    Hapus semua driver usb (Vcom dan PreLoader atau yang mirip) yang tersisa menggunakan aplikasi atau tool UBS Deview (link unduhan di bagian akhir tulisan)
Delete MediaTek PreLoader USB VCOM Port using USB Deview

3.    Setelah Anda yakin semua driver usb tersebut telah dihapus, restart terlabih dahulu komputer atau laptop Anda.
4.    Kemudian, pada saat komputer/laptop telah menyala kembali, install-kan driver berikut ini melalui file dengan extention .exe (tipe filenya: application). Install sebagaimana kita menginstal aplikasi/driver melalui file setup:
a.       1. Drivers MT65xx  PreLoader dan Vcom
b.      2. Feature Phone Driver v1.1032.1
c.       3. New Installer Win 7_8_x32_x64
d.      4. Smart Phone Driver x86_x64
e.       Universal Android USB Driver
Di luar driver tersebut di atas, tidak perlu diinstalkan. Biarkan saja, walaupun ada di dalam paket unduhan.
5.    Jika semua driver di atas telah diinstalkan, restart kembali komputer/laptop.
6.    Ketika menyala kembali, ponsel atau tablet jangan langsung disambungkan ke komputer/laptop.
7.    Bukalah aplikasi atau tool untuk flashing, misalnya dalam tulisan ini  SP Flash Tool v3.1316.0.150. Pilih file scatter-loadin-nya sesuai firmware masing-masing, klik Firmware -> Upgrade, sambungkan ponsel ke port usb, biarkan driver terintsall, biarkan aplikasi bekerja. Sampai selesai.
8.    Percayalah, ini telah berhasil kami lakukan untuk beberapa ponsel dan tablet android yang kami jadikan eksperimen.
9.    Selesai.... Semoga berhasil


2 Comments

  1. kok pas di klik link unduhan programs ya error gan tolong di perbaiki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link unduhan, gunakan saja yang All MTK driver. Itu sudah mencakup semua di dalamnya

      Delete
Previous Post Next Post

Formulir Kontak