Google Mengumumkan Pembaruan Keamanan Android Stagefright untuk Perangkat Nexus

Pojok Cyber via gadgets.ndtv.com - Mulai minggu depan, Google akan meluncurkan update keamanan untuk celah kerentanan Stagefright, bug keamanan penting yang disorot awal pekan ini, untuk perangkat Nexus.
Ilustrasi - Reuters Google Surfboard (gadgets.ndtv.com)


Perlu diketahui, perusahaan keamanan Cyber Zimperium, pada Senin (27/07/2015) memperingatkan cacat dalam sistem operasi smartphone yang paling populer di dunia ini yang memungkinkan hacker mengambil kendali smartphone Android melalui pesan MMS.

Menurut laporan tersebut, jarak jauh bukan halangan bagi penyerang untuk mengeksekusi kode melalui file media khusus yang dibuat dan kemudian disampaikan melalui pesan MMS ke ponsel pengguna Android. Bahkan pun jika pesan belum dibuka oleh user, bug tersebut tetap bisa mempengaruhi perangkat. Kode berbahaya yang tersimpan pada pesan tersebut akan membiarkan mereka mengambil kendali perangkat anderoid tanpa diketahui oleh pemilik.

Mengetahui adanya celah keamanan tersebut, Google telah berjanji untuk memperbaiki, utamanya pada perangkat Android Nexus yang dibuat oleh Google sendiri.

Google juga mengatakan telah memberikan perbaikan bagi mitra mereka untuk melakukan perbaikan perangkat mereka, dan akan segara merilis perlindungan tambahan itu yang diluncurkan untuk perangkat Nexus.

Seorang juru bicara perusahaan sebagaimana dikutip oleh Android Police mengatakan, kerentanan ini diidentifikasi di laboratorium pengaturan pada perangkat Android yang terdahulu, dan sejauh yang mereka ketahui, tidak ada yang telah terpengaruh karena adanya celah keamanan tersebut.

Google menyatakan bahwa begitu mereka sadar atas kerentanan yang ada, tim mereka mengambil tindakan segera dan bersama dengan mitra mereka melakukan perbaikan untuk melindungi pengguna android.

Lebih jauh Google menjelaskan, sebagai bagian dari pembaruan keamanan yang dijadwalkan secara rutin, mereka berencana untuk mendorong perlindungan lebih lanjut pada perangkat Nexus mulai minggu depan. Dan, mereka akan merilisnya secara open source, ketika rincian tentang kerentanan di atas disampaikan oleh peneliti tersebut kapada publik pada konferensi di Blackhat. Konferensi keamanan komputer Black Hat itu sendiri akan berlangsung di Las Vegas pada awal Agustus 2015.

Menurut Zimperium, ketika perangkat handset Nexus akan menerima perbaikan, hal tersebut masih menyisakan sebagian besar smartphone Android yang akan terkena dampak dari kerentanan tadi. Perlu disebutkan bahwa CyanogenMod sudah mulai mengeluarkan patch untuk bug Stagefright para penggunanya. Cacat Stagefright membahayakan sekitar 95 persen, atau sekitar 950 juta ponsel Android.


Source: Gadget NDTV



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya