Memperbaiki Flashdisk/Micro SD yang Terendam atau Terkena Air, Sampai Flashdisk Bisa Normal Kembali

Cara Memperbaiki Flashdisk atau Micro SD yang Terendam/Terkena Air Sampai Normal Kembali

Sebelumnya kita harus memahami dulu bahwa bisa jadi pengalaman kita akan berbeda pada hasil akhir dari “percobaan” kita untuk memperbaiki flashdisk masing-masing yang terkena atau bahkan terendam air.

Sebelumnya Pojok Cyber juga perlu menegaskan bahwa flashdisk yang terendam adalah flashdisk original dan bukannya flashdisk palsu atau bajakan atau abal-abal atau generik atau KW atau apapun sebutannya yang merupakan flashdisk dengan mereke-merek terkenal, tetapi dibuat bukan oleh pabrikan atau produsen resmi flashdisk tersebut.

Mengapa judul di atas, ditambah pula dengan micro sd? Ya.. pada dasanya micro sd dan flashdisk merupakan medaia penyimpanan, hanya berbeda bentuk dan model. Jadi... kalau kasusnya adalah terendam, metode ini bisa kita terapkan pula untuk micro sd yang terkana atau bahkan terendam air.

Dan bukan hanya itu pula... bahkan ponsel yang baru saja terendam pun, bisa menyala kembali dengan penangangan yang tepat dan dengan bantuan beras. (Dalam hal ini sama, ditutupi oleh beras selama minimal 3 hari, setelah sebelumnya ditangai dengan hati-hati, dll.... dstr.....)

Satu hal penting juga, metode ini akan mendekati keberhasilan, apabila dilakukan segera setelah kita mengetahui bahwa flashdsisk/micro sd kita terendam air. Jadi.... kalau sebelumnya kita melakukan penanganan yang salah terhadap flashsdisk/micro sd yang terendam air, maka jangan berharap banyak......???????

Baca: Cara Memperbaiki Ponsel/HP atau Tablet yang Mati Total (Matot) Terendam Air

Flashdisk tersebut benar-benar sudah terendam air (tercuci dan terkena deterjen).

Sebagai salah satu upaya dan juga merupakan eksperiman dalam memperbaiki flashdisk yang sudah terkena atau terendam air tersebut, yang dilakukan oleh Pojok Cyber adalah:
1. Melap bersih body bagian luar dari flashdisk dengan lap yang kering atau tissue.
2. Membongkar flashdisk tersebut secara hati-hati dari penutup atau body bagian luarnya. Dalam hal ini, jangan sampai ada bagian board flashdisk yang patah atau tergores atau hal-hal lainya yang sifatnya merusak secara fisik board dari flashdisk.
3. Langkah selanjutnya, setelah berhasil mengeluarkan flashdisk dari “rumah”-nya, kita siapkan segenggam beras atau secukupnya, sesuai keperluan. Beras tersebut kita butuhkan untuk menutupi semua board flashdisk yang terkan air tadi.
4. Siapkan pula kantong plastik yang kecil yang cukup untuk menutupi flashdisk dan beras.
5. Masukkan flashdisk dan beras pada kantong plastik tadi.
6. Pastikan semua permukaan flashdisk tertutup oleh beras.
7. Setelah yakin semua permukaan flashdisk tertutupi beras, ikan kencang kantong plastik tersebut. Bisa menggunakan karet gelang atau yang lainnya.
8. Kemudian, simpanlah kanting plastik berisi flashdisk dan beras yang menutupi flashdisk tersebut selama 3 (tiga) hari.
9. Pada hari ketiga, buka kantong plastik berisi flashdisk tadi, laalu berishkan jack flashdisk dari beras yang mungkin masuk ke dalam jakck flashdisk.
10. Selanjutnya, coba Anda sambungkan flashdisk ke port USB komputer atau laptop Anda.
11. Semoga berhasil.

Karena Pojok Cyber telah benar-benar berhasil melakukannya. Dan flashdisk original atau asli merek Kingston yang terrendam air yang jadi bahan tulisan ini, kembali bisa digunakan secara normal. Tidak ada kendala apapun pada flashdisk.





Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya