Info Teknologi Terkini, Samsung Mematenkan Teknologi Cincin Pintar atau Smartring

Pojok Cyber – Pasar wearable sepertinya akan semakin diramaikan cincin pintar atau smartring, setelah sebelumnya ramai oleh kehadiran smartband dan smartwatch.
Samsung daftar paten untuk cincin pintar (GSMArena)
Samsung daftar paten untuk cincin pintar (GSMArena)

Sebagaimana dilaporkan oleh GSMArena pada Rabu (30/12/2015) yang dihimpun Pojok Cyber melalui Kompas Tekno, ide dari smartring atau cincin pintar ini telah dipatenkan oleh perusahaan raksasa Samsung.

Fungsi dari cincin pintar atau smartring yang dipatenkan oleh Samsung ini secara garis besar adalah sebagai alat kontrol perangkat elektronik lainnya. Dengan kata lain, melalui cincin pintar ini para pengguna bisa mengendalikan tablet, smartTV, smartphone dan perangkat pendukung smarthome.

Pengoperasian cincin pintar ini dasar metodenya berkonsep rotasi. Untuk memicu fungsi dari perangkat tertentu, pengguna tinggal memutar cincin ke kanan. Dan berlaku kebalikannya, yaitu memutar ke kiri untuk menghentikan perangkat tersebut.

Smartring ini antara lain untuk menyalakan atau mematikan lampu, mengganti saluran televisi, serta menyalakan dan menghentikan saluran air.

Tidak hanya sampai di sana, dengan fungsi dasar untuk mengendalikan perangkat, cincin tersebut bisa juga untuk menjalankan navigasi yang kompleks. Misalnya mengoperasikan jejaring sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram.

Perushaan raksasa teknologi lainnya telah mematenkan pula teknologi cincin pintar. Tetapi berbeda kegunaan dengan cincin pintar buatan Samsung.

Contohnya, Microsoft yang telah mematenkan cincin pintar yang mengenal gestur ketimbang rotasi.

Google yang ingin mematenkan cincin pintar sebagai pengontrol kacamata pintar Google Glass.


Sementara itu, Apple memproyeksikan cincin pintar sebagai versi mini Watch.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak