Fakta Unik, Negara Terhebat / Tercepat di Dunia dalam Hal Koneksi Internet pada Tahun Awal Tahun 2016

Pojok Cyber – Negara-negara di dunia dengan koneksi internet tercepat atau terunggul atau terhebat baru saja dirilis oleh ITU atau International Telecommunication Union.  Bagaimana dengan negara Indonesia? Apakah negara Indonesia termasuk salah satu yang tercepat dalam koneksi internet di dunia?

Pada Sabtu (5/12/2015), sebagaimana dilansir oleh Independent, laporan dari ITU tersebut memperlihatkan bahwa negara Korea Selatan menjadi negara dengan kecepatan internet yang terbaik. Perhitungan tersebut bukan hanya berdasarkan dari kecepatan koneksi internetnya, melainkan pula berdasar pada nilai ICT Development Index (IDI, Indeks Pembangunan TIK) yang tinggi.

Penilaian tersebut dilihat dari berbagai aspek, diantaranya volume langganan internet tetap per 100 orang, persentase rumah tangga dengan komputer dan yang paling utama, tentu saja kecepatan internet (bandwidth, diukur dalam bit per detik), dimana semuanya diukur dalam skala 10 kepada negara.
Tabel Urutan Negara Terunggul dalam Koneksi Internet
Tabel Urutan Negara Terunggul dalam Koneksi Internet

Dari tabel bisa kita lihat bahwa negara Korea Selatan mendapat skor 8,93 yang menjadikannya sebagai negara terunggul di dunia dalam hal koneksi internet, diikuti oleh negara Denmark dengan skor 8,88, Islandia dengan skor 8,86, Inggris dengan skor 8,75, dan Swedia dengan skor 8.67. 

Di urutan selanjutnya ada negara Luksemburg dengan skor 8,59, Swis dengan skor 8,56, Belanda dengan skor 8,53, Hong Kong dan Tiongkok dengan skor 8,52, serta Norwegia dengan skor 8,49.

Sementara itu, negara Indonesia sepertinya masih tertinggal jauh dengan skor 3,94 yang menjadikannya berada pada urutan ke-108. Peringkat Indonesia ini berhasil naik dari urutan sebelumnya pada tahun 2010 yang berada di posisi 109 dengan skor 3,11.

Sebagaimana negara-negara berkembang lainnya dengan populasi penduduk yang tinggi, negara-negara Indonesia, Pakistan, Brasil, Nigeria dan Banglades, berpotensi akan mengalami perubahan yang tinggi.

Banyak vendor perangkat yang menyasar pangsa pasar di negara-negara berkembang seperti ini sebagai salah satu fokus mereka, sehingga penetrasi internet diperkirakan pula akan berkembang cepat dari waktu ke waktu.



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya