Contoh Artikel, USB OTG (On The Go) pada Smartphone dan Tablet serta Manfaatnya Bagi Pengguna

Definisi USB OTG (USB On The Go)

Bisa jadi, untuk sebagian besar pengguna ponsel atau tablet, apalagi model lawas yang fitur dan teknologinya belum begitu banyak, mungkin akan terasa asing saat mendengar USB OTG (USB On The Go).

Jika kita mau mendefinisikan OTG ini, mungkin bisa kita artikan sebagai alat atau komponen tambahan yang disematkan pada sebuah ponsel (khususnya smartphone) atau tablet yang memungkinkan ponsel atau tablet tersebut bisa berfungsi seolah sebagai sebuah komputer atau laptop, di mana melalui USB OTG ini kita bisa melakukan transfer file pada perangkat lain, memasang mouse atau keyboard, memasang joystik untuk bermain game, dan lain-lain.
USB On The Go (USB OTG)


Sayangnya, USB OTG mulai banyak disematkan pada smartphone atau tablet keluaran terbaru. Jadi, tidak semua ponsel atau tablet memiliki fitur atau komponen tambahan USB OTG ini. Jadi, bagi Anda yang mencari smarphone atau tablet dengan fungsi USB yang sama persis pada komputer atau laptop, harus mencari info tambahan tentang ponsel atau tablet yang akan Anda beli tersebut.

Dala bahasa teknisnya, USB On-The-Go, yang lebih banyak situis atau disebuta dalam singkatannya, USB OTG, merupakan fitur atau alat tambahan pada sebuah perangkat elektronik (ponsel atau tablet atau pemutar media, dll) dimana dengan USB OTG ini akan memungkinkan perangkat yang memiliki port USB tersebut bisa berfungsi sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti keyboard, mouse, USB flashdrive, atau joystick game dapat dipasang dan difungsikan sebagaimana alat-alat tersebut difungsikan pada komputer atau laptop.


Jadi dengan adanya USB OTG pada sebuah ponsel atau tablet, maka hal tersebut memungkinkan smartphone atau tablet itu bertindak sebagai host untuk perangkat elektronok lain yang memiliki koneksi dengan port usb, seperti misalnya usb flash drive.

Sehingga smartphoen atau tablet dengan fitur USB OTG ini bisa membaca isi flash disk atau flash drive, alias mampu melakukan read dan write (copy paste) lansgung pada flashdisk tersebut, ketika flash disk itu terhubung langsung ke smartphone atau tablet.

Jadi…. Kesimpulannya, dengan adanya fitur USB OTG ini pada sebuah smartphoen atau tablet, maka tablet atau ponsel pintar tersebut bisa melakukan kegiatan seperti sebuah komputer dekstop atau laptop.


Dan…. Karena fitur tersebut, untuk beberapa kalangan yang sudah mengetahui USB OTG ini, sepertinya mulai melakukan “kontemplasi” untuk mencari smartphone atau tablet yang sudah dipasangai fitur USB OTG.


Manfaat USB OTG (USB On-The-Go)

Tidak salah lagi, walau pada dasarnya fungsi standarnya sama persis dengan USB pada komputer atau laptop, tetapi bisa dipastikan bahwa dengan penambahan fitur USB On The Go pada smartphone atau tablet ini, akan memiliki banyak manfaat bagi Anda.

Fungsi standar USB On The Go ini, sebagaimana diuraikan di atas pada bagian definisi, USB OTG On The Go membantu perangkat untuk melakukan proses read atau pembacaan dan write atau penulisan data pada perangkat penyimpanan eksternal hardisk eksternal, flashdisk, MP3 Player, micro sd card, atau smartphone atau tablet lain (khususnya untuk smaprtphone merk tertentu yang dijalnkan pada mode dengan mass storage), dan tentu saja pada pengenalan atau pembacaan HID (Human Interface Devices) seperti keyboard, mouse dan gamepad.

Sepertinya, kemampuan dasar dari USB OTG ini akan sekamin dikembangkan oleh para produsen smartphone ke arah yang lebih bisa membantu produktivitas pengguna seperti untuk pengolahan da dan yang lainnya.

Tablet/Smartphone yang Support/Mendukung USB OTG

Di bawah ini adalah beberapa merek dan seri smartphone yang support atau sudah mendukung USB OTG yang berhasil dirangkum oleh Pojok Cyber:


USB OTG pada Gadget Merek Samsung


Galaxy S-III, Galaxy Nexus 10.1, Galaxy Tab2 7.0 Inch, Galaxy S-V, Galaxy Note, Galaxy Note-II, Galaxy Tab 7.0 Plus, Note-III, Galaxy S-II, Galaxy Note 10.1, Galaxy Note 10.1 2014-Edition, Galaxy S-IV (varian classic, Zoom, Active), Galaxy Tab3 8.0 inch,Galaxy Tab3 10.1 Inch, Galaxy Note 8.0, Galaxy Mega 6.3, Galaxy Nexus, Galaxy NX, Galaxy Tab 8.9, Galaxy Tab 10.1, Galaxy Tab2 10.1 Inch, dll

USB OTG pada Gadget Merek Sony Ericsson


Xperia Active, Xperia Mini, Xperia Ray, Xperia Mini Pro, Xperia Play, Xperia Neo, Xperia Arc, Xperia Neo V, Xperia Arc S, Xperia Pro, dll


USB OTG pada Gadget Merek Sony

Xperia Z2, Xperia S, Xperia P, Xperia M (Single and Dual), Xperia U, Xperia Ion, Xperia Sola, Xperia Go, Xperia Z Ultra, Xperia Z, Xperia ZL, Xperia ZR, Xperia SP, Xperia Z1, Xperia Z1, Xperia T, Xperia TX, Xperia V, dll

USB OTG pada Gadget Merek Nokia


Lumia 920, N8, X2-00, E6, E7, X3-02, C7, 6600i, N810, Asha 302, Asha 303, C6-01, 701, X7-00, 603, Asha 300, Asha 311, Lumia 820, dll.

Demikian rangkuman yang berhasil dipotsing oleh Pojok Cyber tentang USB OTG ini. Untuk tablet atau smartphone yang sudah support USB OTG, tentu saja daftar di atas masih kurang. Karena merek-merek lain pun sudah banyak pula yang support USB OTG.





Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya