Video Youtube, Erica, Robot Android Cantik dari Jepang yang Bisa Berkomunikasi

Pojok Cyber, Jepang - Profesor Universitas Osaka, Hiroshi Ishiguro, yang pada tahun sebelumnya telah memperkenalkan robot androids yang realistik, kini kembali dengan robot baru yang hyper-realistis, dipanggil Erica.

Tapi fokus kerja terbaru Ishiguro ini bukan hanya pada membuat mata Anda takjub, tetapi juga telinga Anda. Dia memberikan peningkatan kemampaun pidato dan komunikasi bahasa tubuh pada robot tersebut.

Demi mewujudkan kemampaun robot yang terus meningkat, hal ini dilakukan dengan melalui kolaborasi antara Japan Science and Technology Agency, Osaka University, the Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) and Kyoto University, sampai akhirnya keterampilan komunikasi Erica ditunjukkan di Japan's Miraikan National Museum of Emerging Science and Innovation pada awal bulan Agustus 2015.
Robot Android Erica (Sumber- Capture Youtube KyodoNews.com)

Keterampilan Erica bisa Anda saksikan pada link video youtube ini:



Meskipun masih relatif kaku menurut ukuran manusia, Erica menjawab pertanyaan seperti “apa hobi Anda" (olahraga, teater dan anime, jika Anda harus tahu, -red) pasti lebih alami dari robot sebelumnya dari laboratorium Ishiguro.

Selain itu, tindakan non-verbal Erica, termasuk berkedip, gerakan emosi wajah dan kepala bersandar, semua tampaknya meningkatkan gaya komunikasi Jepang pada android ini. Android tersebut bahkan mengucapkan kata non-verbal yang akrab di masyarakat Jepang, “uuuunnnnn?" (cara non-verbal untuk mengatakan "benar-benar ??" di Jepang) selama percakapan dengan anggota audiens manusia selama debutnya.

Ishiguro, terkenal dikenal sebagai orang yang "membuat salinan dirinya" sebagai android, dan klaim timnya atas Erica yang dapat mengenali pola bicara dan isyarat non-verbal dari orang itu saat berbicara dengannya.

Seperti robot Pepper yang telah direkrut untuk menggantikan resepsionis di beberapa perusahaan Jepang, sepertinya hanya masalah waktu sebelum androids seperti Erica bisa menyapa pengunjung manusia di kantor-kantor di Jepang.


Source:
http://mashable.com/2015/08/12/erica-android-japan/


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak