Live Streaming Facebook Mention vs Periscope (Twitter) vs Snapchat

Pojok Cyber – Tidak mau ketinggalan dari kompetitornya yang sudah lebih dahulu meluncurkan Periscope, live streaming keluaran Twitter, kini Facebook meluncurkan Facebook Mention.


Facebook Mention dengan fungsi live streaming yang dikeluarkan oleh Facebook ini, memungkinkan siaran secara langsung seuara peristiwa atau acara dan para penonton bisa mengomentari live streaming video tersebut.
Screen Capture Live Streaming Periscope (Twitter) vs Facebook Mention vs Snapchat

Sayangnya, berbeda dengan Priscope, live streaming di Twitter, siapapun pemilik akun twitter bisa membuat siaran langsung dan menayangkannya. Nah, dalam Facebook Mention, hanya orang terkenal (selebritis) pemilik akun Facebook dan telah terverifikasi yang bisa menikmati fitur ini. Fitur ini dibuat oleh Facebook sebagai cara mengatur interaksi antara selebritis dengan fans mereka.

Dalam Facebook Mention jika ketinggalan versi siaran langsung sebuah live streaming, publik diizinkan bisa menonton video tersebut pada waktu berbeda. Hal ini yang membedakannya dengan Periscope dan Snapchat, dimana video live streaming tersebut akan dihapus setelah 24 jam.

Pasar media sosial yang makin kompetitif membuat Facebook harus melakukan  banyak inovasi. Menurut laporan Tekno Compas, Twitter dengan Periscope-nya dilaporkan telah memiliki pengguna sebanyak satu juta dalam waktu 10 hari pertama setelah rilis.

Di sisi lain, sebagaimana dilansir oleh Kompas Tekno, Shannon Kelly, juru bicara Snapchat dalam surat elektroniknya menuliskan bahwa , Live Stories atau Kumpulan video stream milik Snapchat, rata-rata mendapatkan 10 hingga 20 juta penonton.

Inilah beberapa perbedaan fitur live stream Snapchat vs Periscope (Twitter) vs Facebook Mention:

Snapchat
Kelebihan:
Lebih banyak sudut pandang dengan banyaknya klip-klip video, dan dalam kegiatan atau lokasi itu, siapapun, bisa berkontribusi (walapun tidak menjamin video tersebut muncul dalam feed).

Kekurangan :
Video stream langsung siaran secara real-time. Terdapat jeda waktu sekitar satu jam dari waktu pengunggahan pengguna sampai dengan waktu bagi editor di Snapchat menaruhnya dalam story.

Facebook Mentions
Kelebihan: bisa menonton selebriti 
Kekurangan: tidak tersedia untuk umum.

Periscope
Kelebihan: kemudahan dalam hal berbagi di Twitter dan hal ini berlaku bagi siapapun juga yang memiliki akun twitter.
Kekurangan: dalam 24 jam sejak diunggah video akan dihapus, kecuali pemilik video menyimpannya di ponsel.


Source:

http://tekno.tempo.co/read/news/2015/08/10/072690450/saingi-periscope-facebook-bikin-fitur-live-streaming 

Source Pict: www.ipglab.com, www.wersm.com, www.ibtimes.com



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya