Menyembunyikan Jejak Internet Kita Secara Mudah

Sedikit Pengantar Tentang Rekam Jejak Internet Kita

Tulisan sederhana ini mungkin memberikan wawasan yang belum diketahui oleh sebagian besar sahabat yang sering browsing atau menjelajah atau berselancar di internet. 

Terkadang kita terlalu anteng berselancar di internet tanpa kita sadari bahwa setiap penjelajahan kita di internet akan terekam secara otomatis. Kita mungkin tidak menyadari bahwa setiap kita mengakses internet atau mengunjungi situs-situs di internet, masing-masing memiliki alamat unik yang disebut IP atau Internet Protocol. Dan setiap berkunjung ke suatu situs, semisal facebook, google, yahoo, atau banyak situs lainya, IP tersebut akan diketahui. Dan dengan mengetahui IP tersebut, maka akan diketahui pula lokasi kita sewaktu mengunjungi situs-situs tersebut.

Pertanyaan sederhananya, apakah jejak kita sewaktu berselancar di internet bisa disembunyikan?
Bisa saja. Bagaimana caranya? Kita simak dan ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini.

Cara Menyembunyikan Jejak Internet Kita

Sebelumnya perlu disampaikan bahwa mungkin cara di bawah ini tidak 100% benar-benar bisa menyembunyikan alamat IP kita sewaktu berselancar di dunia maya dari incaran orang-orang atau organisasi atau siapapun yang ada niat (yang baik ataupun yang tidak baik) kepada kita. Tapi setidaknya kita bisa meminimalisir rekam jejak kita diketahui oleh orang lain (yang masih awam atau setengah awam atau sedikit mahir atau setengah mahir - dalam dunia keamanan internet).

Cara kerjanya adalah, kita akan meminjam/menggunakan alamat IP anonimous. IP Address ini disediakan secara gratis oleh plugin AnonymoX. IP Address gratis tersebut memang hanya disediakan sebanyak 3 IP Address. Untuk IP Address yang lebih banyak dan lebih cepat kita harus membayar layanan premium dari AnonymoX ini.

Dengan menggunakan IP Addrres gratis yang disediakan oleh AnonymoX tersebut, maka alamat IP kita yang sebenarnya tidak akan muncul di situs yang kita kunjungi. IP Addres yang muncul adalah IP address yang diberikan oleh AnonymoX tersebut.
Jadi...??? Sepertinya aman ya?

Cara Installasi
1. Harus terinstal salah satu browser, mozilla atau gogle chrome atau lainnya.
    Kita gunakan Browser Mozilla Firefox
2. Kemudian Install Plugin atau Addon AnonimoX di browser Mozilla
    Bisa diunduh di sini: PLUGIN anonymoX for MOZILLA FIREFOX

Untuk cara installasi dan cara penggunaan Addon atau Plugin AnonymoX tersebut pada browser mozilla firefox, kita bisa saksikan video tutorialnya di bawah ini.


Demikian tulisan sederhana ini disampaikan secara sederhana dari pemikiran yang sederhana juga, yang dipersembahkan untuk orang-orang (baca: siapa saja) yang telah berkunjung ke blog sederhana ini. Semoga saja ada manfaatnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak