Info Teknologi Terkini, 5 Cara Memaksimalkan Penggunaan Google Now pada Android

Pojok Cyber – Asisten virtual untuk platform Android buatan perusahaan mesin pencari raksasa Google, Google Now, merupakan fitur yang wajib hadirpada setiap perangkat ponsel cerdas atau smartphone Android.

Fitur Google ini dibuat untuk mempermudah para pengguna Android saat melakukan interaksi dengan smartphonenya masing-masing.

Update Terbaru Kemampuan Google Now yang Bertambah


Kenyataanya, tidak semua pengguna Android memanfaatkan aplikasi yang dibenamkan oleh Google pada smartphone mereka tersebut.

Sebagian besar para pengguna Android beranggapan bahwa Google Now merupakan mesin pencari yang ditanam di dalam browser atau aplikasi yang ada di smartphone mereka. Padahal aplikasi Google Now ini bisa menjadi aplikasi yang lebih dari sekadar sebagai asisten virtual mesin pencari, dengan melakukan sedikit penyesuaian pada aplikasi Google Now tersebut.

Nah, jika Anda tertarik untuk mengetahuii fungsi-fungsi apa saja yang bisa kita manfataakan dari Google ini, Pojok Cyber mengetengahkan 5 (lima) cara untuk memanfaatkan Google Now secara maksimal pada smartphone Android, sebagaimana dikutip Liputan6 yang mengambil sumber dari laman Ubergizmo dan BGR, Senin (7/12/2015)

Mengatur Google Now untuk Mengenali Beberapa Bahasa

Tentu saja, fitur pengenalan bahasa ini akan membantu sekali para pengguna Android yang sedikit banyak bersentuhan dengan bahasa negara lain. Melalui pengaturan tersebut, Google Now bisa mengenali bahasa yang diucapkan oleh pengguna secara otomatis.

Cara mengatur Google Now untuk mengenali bahasa lain cukup mudah. Yaitu:
1.    Buka Settings pada Google Now.
2.    Pilih Voice dan Languages.
3.    Dari menu yang ada, pilih bahasa yang biasa digunakan oleh pengguna, mulai dari bahasa Indonesia, Arab, Jepang, Spanyol, Inggris, Perancis, dan lain sebagainya.

Gunakan Google Now untuk Mengakses Informasi Terkini

Sebelum memulai, Google Now biasanya akan bertanya mengenai ketertarikan Anda tentang saham dan olahraga. Dari situ, Google Now secara otomatis akan memberikan informasi terbaru tentang saham atau tim olahraga favorit secara otomatis.

Fitur ini hanya bisa diakses manakala pengguna smartphone Android terbiasa mencari informasi di internet dengan menggunakan Google Search.

Jadi, apabila Anda pernah memgunjungi sebuah situs melalui Google Serach, maka Google Now akan mampu memberikan informasi terkini dari situs yang pernah dikunjungi tersebut.

Misalnya, Anda terbiasa mengunjungi situs terkiat teknologi melalui Google Search, maka Google Now biasanya akan bertanya mengenai ketertarikan Anda tentang teknologi. Dari sinilah, dengan cara otomatis, Google Now akan memberikan informasi terkini dan terbaru tentang teknologi.

Tak hanya itu, Google Now juga mampu memberikan informasi terbaru dari situs yang pernah dikunjungi pengguna. Namun, fitur ini bisa diakses ketika pengguna mencari situs memakai Google Search.

Jadikan Google Now sebagai Pembaca Pesan Masuk

Untuk yang satu ini, merupakan fitur terbaru yang ditanamkan pada Google Now. Melalui fitur terbarunya ini, Google Now bisa membacakan pesan terbaru yang masuk di kotak masuk emailo google Anda.

Caranya pun cukup mudah. Dengan sim salabim dalam bahasa Inggris, mengucapkan "Show me my latest messages,", maka Google Now akan langsung membacakan lima pesan terbaru yang ada di kotak masuk.

Namun, fitur terbaru ini belum seoenunya bisa dinikmati oleh semua pengguna Android. Sebab, kemampuan terbaru Google Now ini hadir bersamaan dengan update terbaru Google Now.

Sampai dengan saat ini, pembaruan terkait hal ini masih digulirkan secara bertahap oleh pihak Google.

Google Now Bisa Jadi Pengingat Informasi Cuaca Terkini

Selain memiliki informasi tentang olah raga dan saham, Google Now bisa menginformasikan pula keadaan cuaca terbaru.

Fitur ini bisa diaktifkan secara langsung ketika pertama kali menggunakan Google Now, atau bisa juga manual. Untuk melakukan pengaturan secara manual, pengguna cukup tap menu Settings, lalu pilih Now Card dan aktifkan Weather.

Google Now Bisa Digunakan Saat Offline

Bisa jadi sebagai besar para pengguna Google Now berpikir bahwa aplikasi Google Now hanya bisa dimanfaatkan pada saat ada koneksi atau akses internet.

Ternyata, Google baru saja merilis sbuah pembaruan dimana Google Now memungkinkan untuk digunakan pada saat offline atau tidak terkoneksi ke internet.


Kemampuan Google Now pada saat digunakan secara offline memang sedikit terbatas. Tetapi, beberapa perintah dasar seperti membuka aplikasi, membuka pemutar musik, mematikan atau menyalakan Wi-Fi, mengaktifkan koneksi Bluetooth, mengaktikfan airplane mode, termasuk meredupkan cahaya layar bisa berjalan dengan baik.



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya