Fakta Unik, Google dan Facebook Mendukung Samsung Melawan Apple

Pojok Cyber – Sudah sejak lama konflik hak cipta yang terjadi antara Apple dan Samsung. Konflik tersebut pernah mandek di pengadilan beberapa waktu. Samsung mungkin boleh berbangga dan bersyukur, pasalnya beberapa perusahaan raksasa teknologi di Silicon Valley mendukung mereka.

Perusahaan-perusahaan raksasa yang mendukung Samsung di antaranya Google, Hewlett Packard, Dell, eBay dan Facebook. Para “pendukung” Samsung ini meminta pengadilan tinggi agar mengkaji ulang tuntutan yang diajukan Apple kepada Samsung.
Samsung vs Apple (www.techwalls.com)
Samsung vs Apple (www.techwalls.com)


Apple, perusahaan berlogo apel tergigit ini, telah menuding bahwa sebagian besar kekayaan intelektual perusahaannya  telah dicaplok oleh Samsung. Beberapa teknologi yang dituduhkan ditiru oleh Samsung tersebut di antaranya fitur memijit layar untuk zoom, fitur menggunakan dua jari untuk zoom, menggulir dengan satu jari, dan masih banyak lagi.

Dengan berdasar pada tuntuitan tersebut, Samsung diminta menyerahkan total profit atas penjualan seri Galaxy yang menyontek hak cipta Apple.

Jumlah uang yang harus dibayarkan oleh Samsung kepada Apple, awalnya sekitar 1 miliar dollar AS atau setara Rp 133 triliun. Kemudian pengadilan menurunkan jumlah tuntutan ganti rugi Samsung ke Apple sebesar 548 juta dollar AS atau setara Rp 7,3 triliun, pada awal tahun 2015.

Samsung berjuang keras agar bisa memenangkan kasus hak cipta ini, walaupun pengadilan telah memutuskan menuruinkan nilai ganti rugi. Perusahaan Korea Selatan tersebut bersikukuh bahwa fitur-fitur yang disematkan pada perangkat-perangkat buatan mereka merupakan buah karya para teknisinya.

Di tengah “perseteruan” kedua perusahaan dengan egonya masing-masing tersebut, beberapa raksasa teknologi yang berbasis di Silicon Valley turut ambil bagian.

Google dan beberapa perusahaan raksasa lainnya menyebut bahwa putusan pengadilan yang meminta Samsung mengganti rugi kepada Apple akan berdampak buruk.

Sebagaimana dilaporkan oleh Engadget dan dihimpun KompasTekno, Rabu (22/7/2015) , dimana ditulikan bahwa perwakilan para raksasa teknologi dalam keterangan resminya ke pengadilan engatakan, “Jika dibiarkan, keputusan itu akan menyebabkan hasil yang mengambang dan memiliki dampak buruk pada perusahaan. Termasuk yang telah menghabiskan miliaran dolar setiap tahun untuk penelitian dan pengembangan teknologi yang kompleks.”

Sebagai tanggapan atas ambil bagainnya Google dalam hal tersebut, Apple menanggapi dengan menyebutkan bahwa Google dipastikan memiliki kepentingan dalam konflik antara Apple dan Samsung. Google yang merupakan salah satu inisiator pembela Samsung, merupakan pembuat sistem operasi Android yang notabene OS-nya digunakan oleh Samsung dalam perangkat-perangkatnya.

Perwakilan dari Apple menyampaikan, “Google punya kepentingan kuat dalam kasus ini. Google tak bisa disebut sebagai pihak netral di pengadilan dan membantu memberi pernyataan untuk Samsung.”

Source:

http://tekno.kompas.com/read/2015/07/25/10580087/google.dan.facebook.dukung.samsung.lawan.apple



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya