Cara Hindari Hacker yang Berniat Curi Data Facebook Anda Melalui Nomor Telepon

Cara Hacker Mencuri Data Facebook

Baru-bari ini dikabarkan ada seorang engineer perangkat lunak yang menemukan cara baru mencuri data pengguna facebook dengan menebak nomor ponsel yang digunakan untuk akses atau verifikasi akun facebook. Untuk itulah, disarankan kepada para pengguna facebook agar memeriksa pengaturan privasi mereka agar tidak di-“umbar” kepada umum.

Reza Moaiandin, Software Engineer tersebut, membeberkan bagaimana cara untuk memperoleh nama, foto profil, dan lokasi pengguna dengan memanfaatkan pengaturan privasi yang memungkinkan siapa pun mencuri data Facebook hanya dengan mengetik nomor ponsel ke dalam kotak pencarian.

Salah satu penyebab hal di atas, diduga dari salah satu pengaturan privasi 'Who can look me up?' yang mengizinkan semua orang di Facebook untuk mencari Anda.

Dengan menggunakan algoritma sederhana, jelas Moaiandin, hacker bisa mengumpulkan ribuan nomor ponsel di Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada. Kemudian ia memanfaatkan API atau Application Programming Interface untuk mengetahui hal-hal yang yang terkait dengan akun Facebook.

Moaiandin menegaskan, setelah akun target diidentifikasi, ia mampu memanen informasi lebih lanjut dari profil para pengguna. Ia mengatakan bahwa kemampuan untuk menghubungkan profil Facebook dengan nomor ponsel pada skala besar berpeluang untuk disalahgunakan, meskipun semua informasi yang tersedia pada akun tersebut kurang spesifik.

Sebagaimana dilansir oleh Telegraph Rabu (12/8/2015), Moaiandin menulis dalam sebuah blog, “Ini bisa menjadi masalah phishing yang besar jika tidak ada batasan, dan celah tersebut bisa saja ditemukan oleh orang yang tak bertanggung jawab."

“Sayangnya, sekitar 1,44 miliar orang yang saat ini menggunakan Facebook, datanya dapat dengan mudah dicuri dan dijual di pasar gelap oleh hacker dengan cara mengakses nama dan nomor ponsel hanya dalam satu jam melalui reverse engineering.", papar Moaiandin.

Mengatasi Hacker Yang Berniat Mencuri Data Facebook

Untuk menghidari pencurian data Facebook kita oleh orang yang tidak bertanggung jawab, tentunya kita dituntut agar berhati-hati. Kita tidak perlu “mengobral” hal-hal yang sifatnya pribadi di akun facebook kita.

Dalam memilih atau mengkonfirmasi teman pun, sebaiknya kita hati-hati dan benar-benar kenal terhadap orang tersebut. Terkecuali Anda membuat akun anonim yang mana, di dalam akun tersebut tidak mencantumkan detail sebenarnya mengenai diri Anda.

Dan, atas pembuatan akun anonim itu pun, Anda tidak berniat berbuat jahat terhadap siapapun. Pembuatan akun anonim tersebut semata-mata untuk berbuat kebaikan saja di dunia maya.

Secara teknis, berikut ini salah satu cara atau upaya untuk menghentikan ulah hacker yang berniat mencari Anda di Facebook dengan memanfaatkan nomor ponsel.



Setting Privacy Facebook dengan Interface Bahasa Inggris

1.    Klik ikon “Panah ke Bawah” di sudut kanan atas taskbar
2.    Pilih dan Klik “Settings”
3.    Di sebelah kiri, pilih dan klik “Privacy”
4.    Klik `Who can look you up using the phone number you provided?`
5.    Lalu `Edit` dan pilih `Friends`


Setting Privacy Facebook dengan Interface Bahasa Indonesia

1.    Klik ikon “Panah ke Bawah” di sudut kanan atas taskbar
2.    Pilih dan Klik “Pengaturan”
3.    Di sebelah kiri, pilih dan klik “Privasi”
4.    Klik `Siapa yang dapat mencari Anda menggunakan nomor telepon yang Anda berikan?`
5.    Lalu `Sunting` dan pilih `Teman`



Source:
Dekumentasi Tutorial dan 

http://tekno.liputan6.com/read/2290982/cara-lawan-hacker-yang-ingin-mencuri-data-facebook-anda



Related Post:

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya