Warning, Hati-hati Jangan Download Codec Yipy Karena Bukan Berasal dari Situs Yipy yang Asli

Bagi siapapun yang sering mengunduh file terutama file movie atau film dari torrent, pasti tidak asing dengan uploader yang selalu banyak leecher dan seedernya, yaitu YIPY. Ya, kualitas movie yang diupload oleh yipy memang semuanya bagus. Dengan kapasitas file yang tidak terlalu besar, mulai 700-an MB untuk 720p sampai dengan 2 atau 3 GB untuk 1080p, kualitas audio dan videonya rata-rata diberi nilai 7 sampai dengan 10, oleh para downloader yang telah berhasil mengunduh file-file movie yang diupload yipy ke situs torrent.

Penulis membuat postingan ini untuk berbagi kehati-hatian kepada siapapun yang mencoba mengunduh film-film terbaru yang dirilis di bioskop-bioskop pada beberapa bulan ke belakang dan belum ada versi compact disknya. Karena diduga ada upaya penipuan oleh beberapa pembuat situs, yang ingin mengambil keuntungan dari rasa penasaran para penggemar movie, untuk bisa menikmati film versi ripping compact disk dan bukannya versi HD Cam. Salah satu film yang banyak dicari di internet adalah film The Hobbit: The Battle of The Five Armies.

Ketika mengetikkan kata kunci "the hobbit the battle of the five armies download", urutan kesatu yang muncul di halaman pertama google adalah situs: http://yify-movies-official.com/hobbit-battle-five-armies-2014-720p-brrip-x264-yify/. Tampilan dari situs itu sangat meyakinkan sekali. Seolah-oleh itulah situs resmi Yipy. Tambahan, penulis dapat memastikan, bisa jadi para pengunduh dari torrent selama ini mungkin tidak tahu persis apakah yipy memiliki situs atau tidak. Jika yipy memiliki situs, bagaimana tampilannya, pasti tidak tahu persis.

Singkat cerita, penulis mengunduh berkas torrent dari situs tersebut dengan nama file: The Hobbit The Battle of the Five Armies (2014) 720p BrRip x264 YIFY. Ketika dibuka menggunakan bittorent, meyakinkan sekali dengan format file MP4 dan kapasitas sekitar 850 MB. Setelah berhasil diunduh dalam waktu  1,5 jam, pas penulis buka, ternyata tampilannya membuat penasaran. Tampilanya seperti di bawah ini:


Awalnya penulis tidak curiga dengan tampilan video tersebut. Penulis melakukan persis seperti apa yang ditunjukkan oleh video. Mengikuti survei di mana di dalamnya kita harus mengisikan PIN dari Kartu Kredit kita dan seterusnya dan seterusnya. Penulis tidak mengisikan PIN kartu kredit (karena memang tidak memiliki kartu kredit). Satu hal yang pasti setelah sekian lama mencari yipy codec pack beberapa kali, mulai malas dan mulai curiga, karena tidak pernah berhasil mendapatkan codec pack yipy untuk windows 64 bit.

Setelah diteliti kembali, ternyata:
1. File tersebut adalah video hasil editan.
2. Mereka membuat tulisan seperti itu dan mengisikan audionya.
3. Saat dijalankan, tidak ada peringatan apapun dari player (GOM, KLite, dll), jelas itu memang file video dan tidak memerlukan codec apapun, karena sudah jalan. Hanya isinya bukan film the hobbit, tetapi tulisan yang mereka buat dan diisikan audio film the hobbit.
4. Jadi, mereka memang penipu (scammer) untuk mencuri PIN Kartu Kredit atau idenstitas lainya atau apapun itu, dan bisa jadi untuk kemudian (diduga) akan menguras kartu kredit kita.




Related Post:

9 comments:

  1. makasih infonya om
    bermanfaat skali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  2. Sama-sama. Terima kasih telah berkunjung.

    ReplyDelete
  3. Waduoh makasih banyak gan saya ini barusan selesai download dan tertipu ! :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Gan. Terima kasih sudah berkomentar di sini.

      Delete
  4. Sangat berguna infonya... terimakasih gan.
    Terus berkarya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Gan sudah berkunjung. Selamat berkarya juga.

      Delete
  5. Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya