Info Teknologi Terkini, Melihat Ka’bah dalam Video 360 Derajat

Pojok Cyber — Video Ka’bah dalam sudut pandang 360 derajat, baru-baru ini diposting di halaman Facebook situs berita Al-Jazeera .

Selain di halaman Facebook Al-Jaziira, video 360 derajat tersebut, diposting juga di kanal YouTube resmi Al-Jazeera berbahasa Inggris.

Untuk bisa menyaksikan video 360 derajat tersebut, para pengguna YouTube akan diminta untuk memasang plug-in terlebih dahulu agar video 360 derajat itu bisa dibuat.

Video yang berjudul "Hajj 360-experience the journey to Mecca in 360 degrees" ini, berdurasi sekitar tujuh menit.

Video Ka’bah dalam sudut pandang  360 derajat ini akan lebih pas apabila disaksikan melalui perangkat mobile, seperti tablet atau smartphone.

Dengan menggunakan perangkat mobile, pemirsa bebas menggerakkan layar ke arah yang disukai untuk melihat sudut video yang diinginkan.

Apabiloa menggunakan perangkat komputer desktop atau laptop, pemirsa bisa memutar arah video tersebut menggunakan mouse.

Bagaimana video 360 derajat tersebut dibuat?


Dikutip Pojok Cyber dari KompasTekno yang bersumber dari The News Minute, Selasa (22/9/2015), Al-Jazeera menggunakan kamera Ricoh ThetaM15 yang memiliki dua lensa sudut lebar bolak-balik sehingga jika dijalin menjadi satu akan menjadi video 360 derajat.

Kamera tersebut hanya mampu merekam video berdurasi lima menit saja dengan kapasitas memori internal 4 GB, tanpa slot kartu memori eksternal.

Dengan demikian, apabila kapasitas penyimpanan internal habis, maka pengguna harus memindahkan terlabih dahulu video yang sudah memenuhi memori internsel, sebelaum akhirnya bisa kembali dipergunakan.

Cara menggunakan kamera ini cukup mudah, hanya tinggal menyalakan kamera dan membawanya berjalan-jalan untuk menangkap gambar sekeliling. Format video rekaman yang dihasilkan adalah .mov.

Untuk menjadikan video dengan sudut pandang 360 derajat, dibutuhkan software khusus yang bisa menjalin video menjadi pemandangan 360 derajat.

Jika diamati, video Ka’bah yang dibuta oleh suluran berita Al-Jaziira ini, tampak terlihat "jahitan" video masih bisa diperhatikan, mengingat adanya perbedaan kontras yang dihasilkan antara kamera depan dan belakang.

Resolusi video yang dihasilkan juga terlihat masih rendah dengan dengan gambar yang bergoyang.

Video Kabah dalam sudut 360 derajat bisa dilihat melalui tautan berikut ini.
  




Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya