Metode Hack Password dan Cara Perlindungan Password...!!!

Password kita, entah password email, facebook, twitter, dll... bisa saja dicuri/dihack oleh orang lain.
hacking


Inilah beberapa metode hack password:

1. Mencoba Password Standard
Password standard yang dimaksud diantranya:
1234567, 123456789, 23456, 123, 234, buka, janganbuka, bukalah,dll

Untuk melindungi password:
Jangan menggunakan password standar

2. Social Enginering
Jika cara di atas tidak berhasil, si hackker akan mencari tahu dengan menelusuri social media kita. seperti FB, Email, Twitter, dll... dimana, kemungkinan si hacker akan berpikiran jika kita tidak menggnakan password standar, kita mungkin memakai password yang berhubungan dengan informasi pribadi. Seperti tempat lahir, tanggal lahir, nama guru favorit, tempat pertama bertemu pasangan, dll.

Perlindungan:
Manfaatkan fungsi private pada social media kita sehingga orang yang tidak kita kenal tidak dapat mengakses informasi kita.

3. Serangan Pishing
Jika cara di atas masih belum berhasil, ada kemungkinan dia akan melakukan " serangan pishing". Caranya, ia akan menggunakan email scam, fake sites, dll yang dikirimkan ke email kita dan meminta sebuah  keterangan password atau menyertakan sebuah link dimana kita diminta untuk memasukkan data-data termasuk password ke dalamnya.

Perlindungan:
Perhatikan email atau link yang dikirimkan kepada kita, dan jika mencurigakan, abaikan  kiriman tersebut.

4. Menembuas Websites yang Lemah
Informasi social media kita yang didapatkan si hacker, ia bisa mengetahui beberapa websites yang mungkin kita kunjungi.Sebagian dari websites yang kita kunjungi memiliki tingkat keamanan yang lemah. Dan ia akan menggunakan kemampuan spesialnya untuk mencuri password kita.

Perlindungan:
Jangan menggunakan password yang sama untuk semua account online kita.

5. Wifi Sniffing
Metode ini dijalankan di tempat-tempat yang menyediakan open wifi (wifi gratis) seperti cafe, pusat perbelanjaan, dll, dengan cara menggunakan sniffer yang dapat menyedot setiap data dan informasi yang lalu-lalung pada jaringan wifi tersebut.

Perlindungan:
Jangan online di tempat tersebut. jika pun online, hindari login ke account kita saat browsing.

6. Keylogger
Seperti Wi-Fi sniffing, keylogger dapat berjalan manual atau otomatis. Dengan menggunakan informasi mengenai kamu, hacker bisa jadi mengirimkan sebuah file yang bisa jadi berisi keylogger. Setelah diinstall, keylogger akan dapat mendeteksi password yang kamu gunakan.

Cara melindungi password : 
Pake software keamanan.Seperti: KeyScramble Personal, I Hate Keyloggers, dll



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya