Tutorial Cara Full Backup Semua Aplikasi pada Semua Jenis Android Tanpa Root

Banyak aplikasi beckup dan restore yang bisa di dapatkan di playsotre dengan gratis seperti Titanium Backup, dll. tapi kebanyakan aplikasi tersebut membutuhkan akses root, Lalu bagaimana untuk android  tanpa akses root dapat melakukan proses beckup?

Sebenarnya android sudah ada fitur build-in untuk dapat beckup atau restore tanpa perlu akses root. Di sini yang kita perlukan hanya sebuah PC yg terkoneksi dengan internet dan perangkat android 4.0 (Ice Cream Sandwich) keatas. Mari kita mulai :

1.    Pastikan anda sudah meng-install Android SDK yang bisa di download gratis dari google  http://developer.android.com/sdk/index.html

2.    Setelah selesai memasang Android SDK buka SDK Manager, pastikan “Android SDK Tool” sudah terupdate versi rev 10 atau lebih tinggi dan “Android Platfrom-Tool” sudah terpasang jika belum silahkan ceklist dan klik install packages...
Update Android SDK Tool dan dan Android SDK Paltform Tools


3.    Apabila sudah selesai terpasang sambungkan Android ke PC ingat aktifkan USB DEBUGGING dan mari kita testing terlebih dahulu apakan services adb sudah aktif, masuk ke folder dimana Android SDK terpasang (bisa di lihat di SDK Manager “SDK path”) masuk ke folder platform-tools (C:\Program Files (x86)\Android\android-sdk\platform-tools) kemudian tanpa menyorot file tahan tombol shift dan klik kanan pilih “open command windows here”

2 - Opean Command Promt Windows


4.    Kemudian ketik “ adb devices “ maka akan terlihat perangkat yang sudah terhubung dengan PC dan proses beckup bisa kita mulai.
3 - Ketik adb devices pada command promt


5.    Ketik Perintah beckup Pada adb command :
adb backup -apk -shared -all -f D:\beckup_android.ab
4 - Ketik perintah adb backup -apk -shared -all -f D--beckup_android.ab


dengan perintah diatas anda akan melaukan full beckup dengan file hasil beckup akan di simpan di drive D dengan nama beckup_android.ab (anda bisa merubah tempat penyimpanan sesuka anda)

6.    Setelah perintah di eksekusi maka akan muncul notifikasi di android kita masukan password dan pilih “Beckup My Data”
5 - Masukan Password dan pilih Beckup My Data


7.    Proses beckup akan dimulai dan lamanya tergantung dari seberapa besar data yang anda miliki.

Untuk cara restore tinggal ketik perintah : “ adb restore D:\beckup_android.ab “
D:\beckup_android.ab                   ( adalah tempat dimana file beckup disimpan dan nama filenya)
Sekian semoga bermanfaat.

Ini video tutotialnya:



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya