Cara Flashing Acer Liquid Z120 ke Stock Rom Menggunakan Dump Stock ROM Z120

Pengantar Flashing Acer Liquid Z120

Tutorial ini ditulis tentunya untuk Anda yang kebetulan memiliki atau dititipi ponsel Android Acer Liquid Z120 yang mengalami bootloop atau brick atau terkunci atau apapun bahasanya, di mana ponsel tidak bisa masuk ke sistem operasi Android Anda.

Penggunaan Dump Stock Rom ini, mengingat tidak bisa menemuan ROM dari Official Acer nya. Kalau Anda sudah memiliki Official Firmware dari Acer Liquid Z120 ini, maka alangkah lebih baiknya menggunakan Stock ROM tersebut.

Disclaimer Tutorial Flashing Acer Liquid Z120:

1.    Lakukan proses flashing secara sadar dan lakukan pada ponsel android yang benar-benar mengalami bootloop.
2.    Jangan lakukan flashing pada ponsel yang normal.
3.    Seluruh data yang ada di dalam ponsel yang sifatnya lokal (tidak online) akan hilang terhapus.
4.    Lakukan dengan resiko ditangguung sendiri
5.    Ikuti tahapan sesuai dengan apa yang tertulis pada artikel ini.
6.    Siapkanlah “hati yang besar” manakala proses flashing yang Anda lakukan tidak berhasil, tidak seperti keberhasilan flashing dari sebagian para pembaca artikel ini.
7.    Karena ROM-nya bukan dari official resmi Acer, maka IMEI pasti akan ikut pada ROM ini. Sehingga kartu SIM tidak akan terbaca oleh ponsel.
8.    Setelah proses flashing berhasil dilakukan, Anda harus melakukan tindakan lanjutan agar IMEi bisa dikenali oleh ponsel. Sehingga kartu SIM pun akan bisa dikenali kembali oleh ponsel.
9.    Pahami benar disclaimer ini.


Catatan Penting: Semua bahan baku bisa di download di bagian akhir tulisanLink unduhan akan diarahkan dulu ke adf.ly – tunggu 5 detik – lihat di kanan atas situs adf.ly – nanti klik LEWATI/SKIP ADD – maka link unduhan akan terbuka.Mohon informasinya jika ada link unduhan yang mati atau file tidak ditemukan, agar  kami segera memeriksa link tersebut dan memperbaikinya.

Setelah melakukan flashing menggunakan Stock ROM ini, langsung lakukan factory reset, agar IMEI bisa kembali terbaca sesuai ponsel masing-masing, jika masih tetap tidak berbaca, maka harus ada metode lain untuk mengakalinya –dan hal ini belum sempat penulis tuangkan-.

Persiapan Hardware dan Software

1.    Ponsel Acer Liquid Z120 yang mengalami bootloop.
2.    Komputer atau laptop dengan port usb yang bagus dan stabil.
3.    Kabel data usb yang bagus.
4.    Driver untuk android acer.
5.    Aplikasi flashing menggunakan Flashtool
6.    Firmware atau Stock ROM Acer Liquid Z120

Tahapan Lengkap Flashing Acer Liquid Z120

Tahap 1 – Installasi Driver Acer Liquid Z120

Umumnya, pada sebagain besar kasus flashing yang gagal, semuanya berawal dari tidak dikenalinya perangkat android secara baik oleh windows dan oleh aplikasi flash. Penulis hanya meminta Anda untuk bersabar pada tahapan ini. 

Mengingat penulis juga beberapa kali dibuat berputar-putar untuk mengupayakan agar ponsel atau tablet android bisa dikenali oleh windows. Artinya driver perangkat android tersebut benar-benar terinstal dengan baik.

Ini langkah-langkah installasi driver (Untuk driver yang disimpan dalam bentuk RAR/Zip, harus diekstrak dulu menggunakan WinRAR/WinZip/7Zip):
1.    Jangan dulu menyambungkan ponsel ke port usb komputer atau laptop.
2.    Install driver “AdbDriverInstaller”
3.    Install driver “MT6575 UV Drivers”
4.    Install driver “SAMSUNG_USB_Driver_for_Mobile_Phones_15160”
5.    Install driver “UniversalAdbDriver”
6.    Setelah semua driver di atas terinstall, jangan dulu sambungkan ponsel ke komputer atau laptop.
7.    Restart komputer atau laptop.
8.    Tahap 1, installasi driver selesai sementara.


Tahap 2 – Proses Flashing Acer Liquid Z120

Silahkan ekstrak dulu semua bahan baku yang Anda download di bagian akhir tulisn ini. Lalu ikuti langkah-langkah flashing sebagai berikut:
1.    Jangan dulu menyambungkan ponsel ke komputer atau laptop.
2.    Buka aplikasi SP_Flash_Tool_v3.1252.1, tampilannya seperti gambar di bawah.
1 - Tampilan Smart Phone Flash Tool

3.    Kemudian, klik “Scatter Loading”.
2 - Klik Scatter Loading

4.    Akan terbuka jendela baru. Carilah file Scatter tersebut pada folder Firmware Stock ROM Acer Z120 yang Anda download.
5.    Setelah ditemukan, langsung klik open. Maka akan ada nama-nama file yang terceklis secara default pada SP Flash Tool.
3 - Lokasi Scatter Loading pada Folder Stock ROM Acer Liquid Z120

6.    Selanjutnya, klik “Firmware-Upgrade”, biarkan sejenak, siapkan kabel data usb, dan barulah, Anda sambungkan ponsel Android Acer Anda ko port usb komputer atau laptop. Pilih port usb yang bagus
4 - Klik Fimware - Upgrade

7.    Seharusnya, jika driver ponsel benar-benar terinstall dengan baik, maka ponsel akan dikenali oleh windows dan juga oleh aplikasi SP Flash Tool.
8.    Langkah selanjutnya, Anda hanya tinggal menunggu proses flashing sampai selesai. Estimasi atau perkiraan waktu flashing, biasanya 3 sampai dengan 10 menit.


Driver, Firmware dan Aplikasi untuk Flash Acer Liquid Z120:

Dump Stock ROM Z120



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya