Video Tutorial Cara Aktifkan Verifikasi Dua Langkah pada WhatsApp Ala Agan Misterius Pojok Cyber

Pengantar Cara Aktifkan Verifikasi Dua Langkah pada WhatsApp

Pojok Cyber – Skema verifikasi dua langkah atau two-step verification mulai diterapkan pada layanan aplikasi pesan instan WhatsApp. Skema verifikasi dua langkah ini sifatnya optional atau pilihan saja bagi para pengguna untuk menambah keamanan akun miliknya.

Jika ingin melihat video tutorialnya, silahkan saksikan video di bawah ini:



Untuk verifikasi pertama, sebagaimana yang telah diterapkan selama ini adalah melalui nomor ponsel yang diperguankan untuk nomor WhatsApp. Cara kerjanya adalah, akan ada kiriman kode melalui SMS atau telepon ke nomor HP yang kita gunakan saat mengaktifkan layanan aplikasi pesan instant WhatsApp ini.

Sedangkan dalam verifikasi langkah yang kedua adalah, passcode berjumlah enam digit yang dibuat sendiri oleh pengguna WhatsApp. Passcode yang berupa nomor dengan jumlah enam digit tersebut harus dimasukkan oleh pengguna WhatssApp pada saat pengguna tersebut mendaftarkan atau mengaktifkan nomor teleponnya untuk dijadikan sebagai kontak WhatsApp lagi.

Contohnya, pada saat si pengguna tersebut membeli smartphone baru, tetapi dia  ingin tetap menggunakan nomor ponsel yang sama yang sudah sering dia gunakan sebagai kontak WhatsApp.

Dengan demikian, maka sebelum mengaktifkan verifikasi dua langkah pada aplikasi WhatsApp untuk nomor HP Anda yang sering digunakan ini, Anda harus benar-benar mengingat passcode yang Anda buat tersebut. Caranya bisa dengan mencatatnya di lembaran kertas dan disimpan di lemari, misalnya, atau cara lainnya yang bisa Anda andalkan untuk mengingat passcode itu.

Cara Aktifkan Verifikasi Dua Langkah WhatsApp

Inilah langkah-langkah untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah ini layanan pesan instant WhatsApp pada nomor HP Anda.
1.    Update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.
Untuk pengguna iOS, update ini bisa dilakukan melalui Apple App Store dan bagi para pengguna Android, update bisa dilakukan melalui Google Play Store.
2.    Setelah aplikasi berhasil diupdate ke versi terbaru, maka:
a.       Buka menu “Settings”
01 - Pilih Setelan atau Settings
 
b.      Lalu piliha menu “Accounts”
02 - Pilih Akun

 
c.       Selanjutnya pilih “Two-step verification”
03 - Pilih Menu Verifikasi Dua Langkah

 
d.      Laku pilih “Enable”.
04 - Pilih Menu Aktifkan


3.    Selanjutnya kita diminta untuk mengisikan passcode sebanyak 6 digit. Masukkan passcode sesuai keinginan anda, lalu, ingatlah. Sekali lagi ingatlah, jangan sampai lupa.
4.    Atau Anda bisa untuk mem-bakcup passcode tersebut melalui email yang terhubung dengan akun WhatsApp Anda.


Yang Harus Diketahui Tentang Verifikasi Dua Langkah WhatsApp

Dari blog resmi WhatsApp, disebutkan bahwa e-mail yang tertaut atau terhubung dengan akun WhatssApp ini, bisa digunakan pula untuk menon-aktifkan verifikasi dua langkah jika kita lupa passcode yang telah kita tentukan sebelumnya.

Passcode yang telah kita buat di atas, tidak akan dibutuhkan setiap kali membuka WhatsApp. Tetapi sebagai upaya membantu pengguna mengingat passcode yang telah dibuat, dalam jangka waktu tertentu (bisa jadi setiap 7 hari), WhatsApp akan menanyakan passcode ini secara periodik.

Berbeda dengan skema yang digunakan oleh Facebook atau Google, dimana dua layanan raksaa tersebut membuat kode verifikasi dengan aplikasinya langsung serta akan mengirimkannya melalui SMS, setiap kita akan login ke aplikasi. Pada layanan pesan instant WhatsApp, passcode ini dibuat atau ditentukan oleh pengguna, dan si pengguna harus benar-benar mengingat passcode yang telah dibuatnya itu.

Fitur verifikasi dua langkah ini sendiri, sejak bulan November 2016, sebenarnya telah dirilis untuk para pengguna WhatssApp versi beta, untuk keperluan pengujian. Dan kini fitur tersebut sudah dibuka WhatsApp untuk sekitar 1,2 miliar penggunanya.



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya