Install .Net Framework 3.5 Offline pada Windows 8, 8.1 dan Windows 10 32 Bit dan 64 Bit

Installer netframework pada Windows 8, 8.1 dan Windows 10, sebenarnya sudah ada di dalam installer windowsnya. (Untuk video tutorialnya ada di akhir tulisan ini)

Hanya saja kita tidak bisa menginstalkannya secara langsung, sebagaimana kita install netframework 3.5 secara offline pada Windows XP, Windows Vista dan Windows 7. Dimana pada ketiga sistem operasi tersebut, kita menginstalkan netframework melalui installer netframework yang sebelumnya kita download baik dari situ resmi microsoft ataupun situs lainnya.

Nah, untuk melakukan intallasi netframework 3.5 secara offline  pada Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10, baik versi 32 Bit maupun 64 Bit, ternyata sangat mudah.

Syaratnya adalah kita memiliki master atau installer netframework 3.5 tersebut yang, ternyata sudah ada di dalam installer windows.

Coba Anda perhatikan master Windows 10, 8 atau 8.1 milik Anda, baik itu masih yang berupa file ISO atau yang sudah Anda isikan ke dalam flashdisk menggunakan rufus atau yang lainnya, atau mungkin sudah Anda burning ke dalam DVD menggunakan Nero.

Nah, di dalam master windows tersebut ada folder yang bernama “sxs”. Di dalam folder “sxs” tersebutlah terdapat netframework 3.5.

Intinya, kita hanya memerlukan folder “sxs” yang berisi netframewok, agar kita bisa install netframework secara offline pada windows 10, windows 8.1 dan windows 8. Dan folder tersebut ternyata sudah terdapat di dalam master windows masing-masing.
Copy folder SXS ke Drive C


Bagi Anda yang tidak memiliki master atau installer Windows, silahkan Anda download terlebih dahulu netframework yang terdapat pada folder “sxs” tersebut melalui link di bawah ini:
(Perhatikan: Jika Windows Anda versi 32 Bit, maka download link untuk yang 32 Bit. Begitu pula yang 64 Bit, maka download pada link yang 64 Bit).


sxs for Windows 8.1 64 Bit


Silahkan download file-file di atas, sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Ingat, jangan lupa untuk mengekstrak folder tersebut dengan aplikasi WinRAR, WinZip atau 7zip.

Tempatkan folder sxs hasil download di atas pada drive C. Sebenarnya folder tersebut bisa ditempatkan di mana saja pada hardisk komputer/laptop Anda. Hanya... kita akan gunakan cara yang simpel saja. Agar pada saat memberikan perintah instllasi melalui CMD, tidak ribet menentukan alamat/lokasi sxs tersebut.

Baiklah, inilah langkah selengkapnya bagaimana cara installasi .Net Framework 3.5 secara offline pada Windows 10, Windows 8.1 atau Windows 8, baik yang 32 bit maupun yang 64 bit.

1.    Tempatkan folder sxs di C.
1. Tempatkan Folder SXS di Drive C

2.    Buka CMD melalui tombol START, lalu Klik Kanan dan RUN AS ADMINSITRATOR.
2. Buka CMD, Klik Kanan dan RUN AS Administrator

3.    Pada CMD, langsung saja masukkan perintah:
dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:c:\sxs /LimitAccess
(jika repot menuliskan, blok perintah di atas/klik kanan lalu copy, dan di CMD langsung klik kanan)
4.    Setelah perintah tersebut kita ketikkan pada CMD, langsung tekan ENTER.
5.    Dijamin Gan, perintah akan langsung dieksekusi CMD, yaitu installasi .Net Framework secara offline langsung berjalan.
6.    Tunggulah proses installasi tersebut sampai selesai.
7.    Setelah selesai, langsung ketit EXIT pada CMD. Maka CMD akan langsung menutup.
8.    Selesai sudah.


 Video Tutorial Install .Net Framework 3.5 Offline pada Windows 8, 8.1 dan Windows 10 32 Bit dan 64 Bit





Cara Hard Reset HP Android Cross A5 atau Evercoss A5

Pojok Cyber – Smartphone Cross atau Evercoss adalah satu diantara ponsel cerdas buatan China dan sepertinya sudah menjadi salah satu gadget yang difavoritkan oleh para penggemar Android di Indonesia.

Faktor harga yang murah sepertinya menjadi hal yang paling signifikan mengapa gadget merek Cross atau Evercoss begitu digandrungi oleh sebagian warga Indonesia.
Ponsel Cross A5 atau Evercoss A5


Kendati identik dengan harga yang murah, bukan berarti kualitas dari ponsel dan tablet merek Cross atau Evercoss merupakan gadget yang murahan.

Bisa dipastikan, pihak produsen manapun akan menjaga kualitas barang buatannya. Satu diantaranya dengan membenamkan fitur yang canggih dan spesifikasi yang mumpuni.

Jadi.... pada akhirnya, kita sebagai penggguna yang “berkuasa” penuh untuk memilih tablet atau ponsel idaman kita masing-maing.

Baiklah, bukan tentang hal di atas yang akan kita kemukakan. Melainkan bagaimana kita menanggulangi beberapa permasalahan yang mungkin saja muncul pada smartphone Cross atau Evercoss A5.

Jika kendala yang muncul merupakan kendala yang ringan, seperti lupa password, lupa pola kunci ponsel, dan lain sebagainya, maka solusinya bisa dengan melakukan hard reset terhadap smartphone Cross atau Evercoss A5.

Hard reset atau dikenal pula sebagai factory reset, merupakan salah satu metode yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan smartphone atau tablet pada pengaturan awalnya atau pada setelan pabrik.

Yang perlu Anda perhatian sebelum melakukan hard reset atau factory reset adalah resiko kehilangan data yang terdapat pada media penyimpanan internal smartphone atau tablet.

Jadi, sempatkanlah Anda untuk melakukan backup semua data yang terdapat di dalam media penyimpanan ponsel atau tablet tersebut, seperti foto, video, dokumen dan lain sebagainya yang benar-benar Anda anggap penting.

Ingat, semua yang Anda lakukan terkait hard reset atau factory reset Cross atau Evercoss A5 ini adalah tanggung jawab Anda sendiri.

Untuk melakukan hard reset atau factory reset ponsel Android Cross atau Evercoss A5 ini tidaklah sulit. Siapapun bisa melakukannya dengan mengiktui petunjuk-petunjuk di bawah ini.

1.    Matikan ponsel Cross atau Evercoss A5 Anda.
2.    Tekan dan tahan Tombol Home + Tombol Volume Down + Tombol Power secara bersamaan. Begini urutannya ya Gan, tekan Tombol Home lalu tekan Tombol Volume Down dan tekan Tombol Power, lalu tahan ketiga tombol tersebut. Tahan ya Gan, biasanya kisaran beberapa detik sampai.......
3.    Ketika menu Android System Recovery berhasil muncul pada layar, lepaskan ketiga tombol tadi. Jika dirasa sulit, lepaskan saja dulu tombol Power, lalu diikuti melepaskan tombol yang lainnya.
4.    Oke Gan, lanjut ke menu Android System Recovery.
5.    Pilih factory reset / wipe data.
6.    Untuk memilih atau berpindah menu, gunakan tombol Volume Up / Volume Down dan untuk mengeksekusi perintah gunakan tombol Power.
7.    Setelah yakin, pilih menu delete all user data, pilih Yes.
8.    Tunggulah sampai semua proses wipe selesai seleuruhnya dan smartphone Cross atau Evercoss A5 berhasil menuju pada tampilan menu utama.

WhatsApp Buka Lowongan untuk Indonesia

Pojok Cyber  - Perusahaan penyedia layanan messenger, WhatsApp, membuka lowongan kerja kepada para pencari kerja, khusus untuk hal-hal yang terkait dengan Indonesia. Perusahaan tersebut memerlukan seorang customer support (bidang dukungan pelanggan) yang fasih berbahasa Indonesia. 
Aplikasi Messenger WhatsApp


Dari pantauan yang dilakukan oleh KompasTekno yang kemudian dikutip oleh Pojok Cyber, lowongan pekerjaan di WhatsApp tersebut muncul pada halaman "Jobs" di situs resmi WhatsApp sejak 11 Januari lalu. Posisi yang ditawarkan disebut sebagai "bilingual Indonesia customer support and localization".

Dalam halaman situs tersebut, WhatsApp menguraikan beberapa tanggung jawab yang akan diemban oleh karyawan nantinya.

Satu diantara tanggung jawab karyawan tersebut adalah memberikan dukungan kepada pelanggan WhatsApp melalui e-mail dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris untuk pengguna di seluruh dunia.

Karyawan tersebut juga akan diminta untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh penggunanya. Diharapkan, karyawan mampu memberikan umpan balik kepada developer berdasarkan masalah tersebut.

Untuk melamar, calon karyawan harus memenuhi beberapa persyaratan. Beberapa diantaranya adalah berpengalaman sebagai customer service selama satu tahun atau lebih serta menguasai perangkat berbasis iOS, Android, dan Windows Phone. 

Jika nantinya diterima kerja di WhatsApp, karyawan sepertinya tidak akan ditempatkan di Indonesia. Berdasarkan keterangan yang didapat pada halaman "Jobs" tersebut, sang karyawan nantinya akan bekerja di negara Amerika Serikat.


Jika Anda berminat untuk mendaftar di perusahaan yang telah dimiliki oleh Facebook ini, Anda bisa mengirimkan CV melalui situs resmi WhatsApp berikut ini.

Fakta Unik Pekerjaan Tahun 2015, 25 Profesi TI yang Paling Banyak Diminati

Pojok Cyber – Linkedln, situs jejaring profesional terbesar saat ini, mengungkapkan kepada publik, daftar 25 pekerjaan di bidang TI atau teknologi dan informasi yang paling banyak diminati selama kuruin waktu tahun 2015.

Dengan daftar yang dipublikasikan tersebut, pihak LinkedIn berharap, bisa dijadikan panduan oleh para pencari kerja, khususnya TI pada tahun 2016.
Ilustrasi Peluang Pekerjaan Bidang IT
Ilustrasi Peluang Pekerjaan Bidang IT


Research, Data Analytics, and Strategy at LinkedIn, Sohan Murthy menjekaskan, "Kami melihat jenis pekerjaan ini masih banyak dicari perusahaan pada akhir tahun 2015. Maka, kami berharap pekerjaan tersebut juga masih banyak dibutuhkan pada awal 2016".

Sohan juga, melalui blognya di Linkedln menuliskan, "Jika memiliki keterampilan di bidang tersebut, besar kesempatan Anda direkrut perusahaan baru" .

Selama kurun waktu 2015 tersebut, LinkedIn telah membuat daftar pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan berdasarkan negara (sayangnya, negara Indonesia tidak termasuk) dan secara global. Pada tingkat global, pekerjaan yang menyangkut komputasi awan menjadi urutan pertama yang paling dicari.

Sementara itu, jenis pekerjaan marketing dan manajemen menjadi pekerjaan yang semakin tinggi kepopulerannya, naik dari peringkat kesembilan pada tahun lalu ke peringkat ketiga.

Pekerjaan yang semakin kurang diminati oleh perusahaan-perusahaan adalah business intelligence. Riset LinkedIn menunjukkan, pekerjaan tersebut turun 12 poin dari posisi keenam menjadi posisi ke-18.

Berikut adalah daftar selengkapnya:
1. Cloud and Distributed Computing
2. Statistical Analysis and Data Mining
3. Marketing Campaign Management
4. SEO/SEM Marketing
5. Middleware and Integration Software
6. Mobile Development
7. Network and Information Security
8. Storage System and Management
9. Web Architecture and Development Frameworks
10. User Interface Design
11. Data Engineering and Data Warehousing
12. Algorithm Design
13. Perl/Python/Ruby
14. Shell Scripting Languages
15. Mac, Linux, and Unix Systems
16. Channel Marketing
17. Virtualization
18. Business Intelligence
19. Java Development
20. Electronic and Electrical Engineering
21. Database Management and Software
22. Software Modelling and Process Design
23. Software QA and User Testing
24. Economics

25. Corporate Law and Governance

5 Aplikasi Terbaik Fotografi/Foto Selfie Untuk Menambah Ganteng dan Cantiknya Wajah Kamu

Pojok Cyber – Tren foto diri sendiri atau yang lebih dikenal dengan foto selfie, sudah sejak lama digandrungi oleh para pengguna smartphone. Dan tren ini sepertinya tidak akan mati dan bahkan semakin diminati para pengguna, apalgi dengan semakin meningkatnya kualitas kamera smartphone yang beredar di pasaran saat ini.

Tetapi, untuk beberapa penguna yang kebetulan memiliki smartphone dengan kemampun kamera yang kurang mumpuni, sepertinya kegiatan foto selfie menjadi kurang greget.

Namun, keterbatasan “kecanggihan” kamera smartphone yang kita miliki bisa diakali dengan aplikasi pihak ketiga yang bisa kita download dan kita instalkan pada smartphone kita. Tentunya dengan fitur yang dimiliki oleh aplikasi pihak ketiga, kita bisa langsung mengedit foto hasil jepretan kita agar lebih baik dan menarik.

Nah... untuk itulah, Cojok Cyber mengetengahkan tulisan tentang 5 aplikasi olah foto pada Android, yang semoga saja bisa menjadi rujukan atau pertimbangan para pembaca, untuk bisa digunakan dalam mengedit foto jepretan masing-masing sehingga hasilnya bisa terlihat lebih kinclong..... hehehe

1.  Perfect365
Total unduhan aplikasi ini di Play Store mencapai lebih dari 65 juta, dan Perfect 365 ini diklaim sebagai salah satu aplikasi virtual makeup gratis yang terbaik saat ini. peralatan makeup yang disediakan oleh aplikasi ini ada sekitar 20.

Aplikasi ini pun diklaim bisa menangkap detail wajah yang lebih akurat. Jadi, Anda bisa menghasilkan gambar yang lebih nyata karena aplikasi ini diklaim mampu mengedit foto secara lebih tepat.
Aplikasi Fotografi 1 - Perfect365


Aplikasi ini pun bisa langsung membagikan foto hasil editan ke jejaring sosial, seperti Twitter, Instagram dan Facebook. Selain itu, para pengguina akan mendapatkan tips-tips untuk mempercantik foto.

2.  B612

B612 merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Line. Aplikasi ini menjadi satu dari sekian banyak aplikasi olah foto di Android yang memberikan pilihan cukup banyak pada saat melakukan foto selfie.

Kendati aplikasi ini tidak/belum memiliki fitur yang secara langsung merubah tampilan wajah pengguna, B612 dilengkapi beberapa filter yang unik untuk menjadikan gambar lebih artistik.
Aplikasi Fotografi 2 - B612 dari Line


Selain itu, aplikasi B612 ini pun telah dilengkapi fitur video selfie yang memungkinkan para pengguna untuk merekam video singkat yang bisa langsung dibagi dengan orang yang ingin dituju.


3.  Camera360
Sepertinya, jika menilai dari mjumlah unduhan yang mencapai 500 juta unduhannya, aplikasi ini bisa kita katakan sebagai salah satu aplikasi fotografi paling populer saat ini. Camera360 sendiri, sebenarnya bukan merupakan aplikasi yang khusus untuk selfie, tetapi aplikasi ini memiliki banyak fitur yang mampu menghasilkan foto lebih menarik.
Aplikasi Fotografi 2 - Camera360


Salah satu fitur dari Camera360 ini yang dapat diandalkan oleh para pengguna untuk mengambil foto adalah "Beauty Selfie". Dengan fitur, para pengguna bisa langsung mengedit gambar dengan mudah. Selain itu, aplikasi Camera360 ini juga dilengkapi dengan beberapa sticker tambahan untuk meramaikan hasil foto.
  
4.  BeautyPlus
BeautyPlus ini diklaim merupakan salah satu aplikasi edit foto paling populer di negara Taiwan, Jepang dan Thailand. Dengan tetap mempertahankan tampilan alami kulit dan rambut, aplikasi BeautyPlus ini memiliki beberapa fitur yang mampu meningkatkan kecantikan hasil foto dan meningkatkan kualitas gambar.

Selain hal tersebut, aplikasi BeatyPlus ini dibekali pula dengan 13 filter yang berfungsi untuk mempercantik hasil foto pengguna. Satu diantara fitur pengeditan BeautyPlus ini yaitu kemampuan untuk memutihkan dan menghaluskan kulit.
Aplikasi Fotografi 4 - BeautyPlus


Fitur tambahan lainnya adalah fitur untuk menghapus noda di wajah seperti jerawat, memberikan efek langsing, serta menghapus lingkar hitam dan kantong di bawah mata.

5.  YouCam Perfect

YouCam Perfect ini merupakan aplikasi yang secara fitur hampir serupa dengan BeautyPlus, yaitu kemampuannya untuk menampilkan hasil edit gambar yang lebih halus. YouCam Perfect ini pun mampu merekam video pendek menggunakan filter yang sudah disediakan untuk hasil video yang lebih menarik.
Aplikasi Fotografi 5 - Youcam Perfect

Fakta Unik Gaji Tertinggi, Karyawan Magang Apple Digaji Rp 89 Juta per Bulan

Pojok Cyber – Di banyak perusahaan, baik perusahaan besar apalagi perusahaan kecil, karyawan magang umumnya digaji dengan bayaran yang tidak terlalu besar.

Ternyata, hal tersebut tidak berlaku di perusahaan produsen iPhone, Apple. Di perusahaan tersebut, Karyawan magang bisa diberikan gaji yang super tinggi, bahkan dalam satu tahun bisa mencapai miliaran rupiah.
Salah Satu Kantor Apple


Brad, demikian sebutan salah seorang mantan karyawan magang Apple, menyampaikan kepada Business Insider bahwa dalam satu satu jamnya dia digaji 500.000 rupiah atau setara 38 dolar AS.

Jika dirata-ratakan, Brad mendapatkan gaji sebesar Rp. 89 juta atau setara 6.700 dollar AS dalam satu bulan. Dengan demikian, bayaran Brad ini dalam satu tahun mencapai 80.000 dolar AS atau setara Rp 1 miliar.

Berbeda dengan karyawan magang lainnya yang menyatakan kepada Mashable bahwa per bulannya dia digaji sebesar 2.500 dollar AS atau serata Rp 33 juta. Menurut pengakuannya, mantan karyawan magang ini bekerja di luar bagian pengembangan produk.

Gaji untuk para karyawan magang itu masih bisa meningkat lebih tinggi lagi, jika karyawan magang ini bekerja lembur. Jumlah jam kerja yang ditentukan oleh Apple dalam satu minggu adalah 40 jam. Maka, apabila seorang karyawan magang bekerja melebihi jam yang telah ditentukan itu, Apple akan membayar biaya lembur.

Yang apasti, jumlah gaji yang besar tersebut bisa didapatkan oleh karyawan magang di Apple apabila dalam satu minggunya dia bekerja penuh selama 40 jam. Jika kemudian karyawan magang tersebut bekerja tidak penuh atau paruh waktu, maka bayaran yang dia dapatkan dari Apple lebih kecil dari itu.

Lalu,k konsekuensi apa yang muncul dari gaji yang besar tersebut? Sebagaimana dikutip oleh Pojok Cyber dari Mashable melalui KompasTekno yang memberitakannya pada Senin (29/6/2015), para karyawan magang harus bekerja dalam kondisi yang serba rahasia.

Para karyawan magang ini tidak boleh menceritakan kepada siapapun, baik itu kepada keluarga sendiri, teman, apalagi kepada media, apa yang mereka kerjakan dan mereka lihat selama berada di dalam lingkup perusahaan.

Disamping itu, agar bisa dipastikan rahasia tetap terjaga, karyawan antar divisi juga bahkan tidak boleh sampai menceritakan pekerjaannya.

Ternyata, gaji besar yang didapatkan oleh para karyawan magang Apple itu, dinikmati pula oleh para karyawan di perusahaan teknologi besar yang lainnya.


Situs Glassdoor menuliskan bahwa para kryawan magang di Facebook dan Linkedin, dalam satu bulannya bisa bergaji sampai dengan 6.200 dollar AS atau setara Rp 82 juta atau dalam satu tahun mencapai 74.400 atau setara Rp 993 juta.

Fakta Unik Info Bisnis Teknologi Terbaru, Google Memperoleh Rp 429 Triliun dari Android

Pojok Cyber – Semanjak lama, raksasa mesin pencari Google selalu merahasiakan revenue yang diperoleh dari Android. Tetapi kini, jumlah uang tersebut terungkap ke publik.

Salah satu kuasa hukum dari perusahaan Oracle mengungkapkan bahwa Google telah berhasil memperoleh pendapatan sekitar 31 miliar dolar AS atau setara Rp 429 triliun dari Android, dengan rincian keuntungan yang diperoleh mencapai 22 miliar dollar AS atau setara Rp 305 triliun.
Android Google


Sebagaimana dikutip Pojok Cyber dari KompasTekno yang mengambil sumber berita dari Bloomberg, pada Jumat (22/1/2016), jumlah angka dari keuntungan di atas diungkap ke publik sebagai bagian dari data untuk gugatan hukum mengenai pelanggaran hak cipta software Java.

Pihak Oracle menganggap bahwa Google telah menggunakan software buatan mereka untuk mengembangkan Android, tetapi Google tidak pernah membayar royalti sedikitpun.

Annette Hurst, kuasa hukum Oracle mengungkapkan kepada hakim, "Lihat betapa besarnya masalah komersialisasi di sini".

Selama ini Google selalu merahasiakan besarnya keuntungan yang mereka diperoleh dari Android. Google berdalih, hal tersebut merupakan masalah yang sensitif.

Yang kemudian terjadi setelah angka keuntungan tersebut bocor, pihak Google langsung meminta hakim federal San Fransisco untuk menyegel sebagian transkrip sidang.

Google juga menyampaikan bahwa kuasa hukum Oracle telah bertindak tidak senonoh karena mempublikasikan informasi yang sensitif dari sebuah perusahaan.

Raksasa mesin pencari ini menuliskan dalam surat keberatannya pada pengadilan, "Google tidak mengungkap revenue Android secara spesifik kepada publik. Data keuangan yang mestinya bukan konsumsi umum itu sangat sensitif dan membukanya ke publik bisa berakibat negatif bagi kami".

Transkrip yang berisi informasi keuangan Google itu langsung menghilang dalam hitungan jam, meski tidak terlihat indikasi bahwa permintaan raksasa mesin pencari terseut dikabulkan.


Perseteruan antara Google dan Oracle sendiri sudah berlangsung sejak lima tahun yang lalu. Oracle, dalam gugatannya kali ini, menuntut ganti rugi lebih dari 1 miliar dollar AS atau 13 triliun atas pelanggaran hak cipta software Java.

Fakta Unik Bisnis Teknologi Terbaru, Indonesia Menjadi "Donatur" Terbesar Toko Aplikasi Android

Pojok Cyber – Diantara negara-negara lainnya, Indonesia dikabarkan menjadi salah satu negara dengan pengguna Android yang paling boros belanja di toko aplikasi Google Play Store. Hal itu diungkapkan oleh statistik App Annie terbaru.

Para pengguna Android di Indonesia, bersama negara-negara berkembang yang lain, seperti India, Brasil, Meksiko dan Turki, menjadi penyumbang terbesar pemasukan bagi toko aplikasi Android Play Store.
Toko Aplikasi Google Play Store


Jumlah download di Play Store pada tahun 2013 yang lalu, mencapai 100 juta aplikasi. Dan jumlah tersebut meningkat hampir dua kali lipatnya pada tahun 2015, menjadi 200 juta download.

Di rentang waktu yang sama, jumlah unduhan di Apple App Store cenderung datar-datar saja, yaitu hanya 100 juta download per tahunnya. Tetpi, kendati demikian, dilihat dari sisi pendapatan, Play Apple App Store masih lebih unggul jauh dari Google Play Store.

Sebagaimana dikutip Pojok Cyber dari Kompas Tekno yang memgambil sumber dari PhoneArena pada Kamis (21/1/2016), App Annie melaporkan, iTunes App Store menghasilkan penghasilan aplikasi sekitar 200 juta dollar AS, sedangkan Google Play Store mendapatkan 100 juta dollar AS.

Kontribusi paling besar dari penghasilan tersebut, berasal dari negara-negara berkembang di atas, termasuk negara Indonesia.

App Annie sendiri tidak menjelaskan komponen apa saja yang mendukung nilai penghasilan tersebut, apakah in-app purchase atau juga termasuk pemasukan dari iklan yang ditampilkan di aplikasi.


Sebab, banyak game-game yang harus dibeli di iOS, sementara versi Androidnya gratis namun dipasangi iklan.

Info Teknologi Terkini, Google Maps Versi 9.19 “Bisa Tahu Duluan Ke Mana Tujuan Anda”?

Pojok Cyber – Versi terbaru Google Maps Android kini memiliki fitur terbaru yang cukup canggih dan bisa dibilang unik. Aplikasi Google Maps Android terbaru ini bisa memprediksi tempat yang akan Anda tuju, caranya dengan memanfaatkan riwayat perjalanan pernah Anda lakukan.
Google Maps memberitahu pengguna masih buka atau sudah tutup kah tempat tujuannya
Google Maps memberitahu pengguna masih buka atau sudah tutup kah tempat tujuannya


Fungsi baru yang bisa melakukan itu terdapat di dalam "Driving Mode". Tidak seperti penunjuk arah biasa, mode terbaru dari Google Maps Android terbaru ini akan mempertimbangkan riwayat perjalanan serta lokasi aktual para pengguna untuk selanjutnya menentukan arah.

Sebagaimana dikutip oleh Pojok Cyber dari lansiran yang diposting KompasTekno dari The Verge, Rabu (13/1/2016), selanjutnya aplikasi Google Maps itu akan menyarankan informasi yang berisi rute perjalanan, waktu tempuh dan kondisi lalu lintas.

Sepertinya fitur terbaru ini menggunakan algoritma yang sama dengan yang ada dalam aplikasi Google Now. Tetapi melalui pemutakhiran, aplikasi ini didesain untuk bisa dipakai pada saat mengendarai mobil.

Para pengguna Google Maps versi terbaru ini bisa menjalankan mode “Driving Mode” melalui ikon aplikasi atau bisa juga di bagian sidebar Maps.

Aplikasi Google Maps yang bisa menggunakan “Driving Mode” tersebut baru versi 9.19 saja. Google sendiri belum merilis aplikasi Google Maps versi 9.19 ini ke Play Store, sehingga belum banyak orang yang bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Bagi para pengguna yang ingi memasang sendiri secara manual, hal tersebut bisa saja dilakukan. Tetapi, risiko yang mungkin saja bisa dialami pengguna adalah kesulitan pada saat ingin mencoba untuk mengaktifkan fitur yang diinginkan.


Driving Mode sendiri, saat ini masih dalam tahap uji coba. Para pengguna yang ingin segera menikmati Driving Mode ini sepenuhnya, sepertinya harus menunggu dengan sabar.

Indonesia Berpotensi Kehilangan Rp 10 Triliun dari Bisnis Online Asing di Indonesia yang Tidak Kena Pajak?

Jakarta, Pojok Cyber – Para pengusaha lokal dan asing di Indonesia, sepertinya semakin meminati bisnis online dari negara luar (asing) yang terus semakin berkembang pesat.

Sayangnya, sampai saat ini negara Indonesia belum memiliki aturan yang jelas terkait bisnis online asing ini, terutama dari sisi pajak. Bisnis online asing di Indonesia tersebut, selama ini luput dari kewajiban membayar pajak kepada negara.
Ilustrasi bisnis online asing yang masuk ke Indonesia


Founder Indotelko Forum, Doni Ismanto Darwin, mengungkapkan bahwa pajak dari bisnis online asing yang ada di Indonesia tersebut tidak bisa diambil, mengingat badan hukum di negara Indonesia ini masih belum ada kejelasan. Masih diperlukan Amandemen Undang-undang, utmanya yang terkait dengan konten asing yang telah menguasai pangsa pasar di negara Indonesia.

Kabar yang beredar di seputar pajak bisnis online asing di Indonesia ini yaitu adanya potensi Indonesia akan kehilangan pajak sebesar 10 persen yakni sekitar Rp10 triliunan.

Di sinilah aturan bisnis online asing yang masuk ke negara Indonesia harus segara dilakukan pembenahan secepatnya, yaitu berupa regulasi komunikasi informasi di Indonesia.

Harus Jelasnya Badan Hukum Indonesia

Hal pertama yang harus segara dialukan adalah menentukan wilayah internet indonesia terakit dengan keamanan nasional. Hal ini sama persis dengan apa yang telah dilakukan negara China. Untuk urusan pajak, jelas saja negara telah dirugikan dengan tidak adanya pemasukan dari pajak bisnis online asing tersebut. Untuk itulah, platform yang jelas sangat dibutuhkan, seperti dengan adanya undang-undang badan hukum Indonesia. 

Konten Asing Harus Miliki Domain Lokal

Hal selanjutnya yang perlu juga dilakukan adalah menertibkan konten-konten asing, dimana lebih spesifikasinya adalah adanya keharusan untuk memiliki domain lokal. Dengan keharusan memiliki domain lokal tersebut, maka pelaku bisnis online akan mendirikan PT di Indonesia. Dalam hal ini, konten lokasl tentu saja merupakan unsur yang harus dipenuhi.


Kemudian, perlu adanya pembatasan konten asing masuk yang ke indonesia. Selama ini regulasi jmengenai hal tersebut belum dibatasi, mengingat internet yang sangat luas. Untuk itulah, pemerintah harus segera menerbitkan regulasi yang membatasi konten asing yang masuk ke negara Indonesia. Dan dalam hal ini bisnis online yang masuk ke Indonesia tersebut harus memiliki badan hukum yang jelas, sehingga bisa menjalankan aturan serta penetapan undang-undang yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

Handphone Android Terbaru Harga Murah Spesifikasi Wah, Xiaomi Redmi 3 Resmi Dirilis, Dijual pada Kisaran Harga Rp 1 Jutaan Lebih atau Rp 2 Jutaan Kurang

Pojok Cyber – Rumor tentang smartphone terbaru Xiaomi sudah lama beredar, sampai akhirnya pada hari Senin (11/1/2016) kemarin Xiaomi mengumumkan secara resmi smartphone terbaru mereka, Xiaomi Redmi 3.
Ponsel Android Terbaru, Xiaomi Redmi 3


Untuk memperkenalkan produk terbaru mereka itu kepada publik, Xiaomi tidak mengadakan cara besar dan wah. Xiaomi mengenalkan Redmi 3 melalui situs resmi mereka dengan cara memamerkan foto-foto smartphone Android tersebut dan uraian beberapa fitur-fiturnya.

Sebagaimana seri-seri Redmi sebelumnya, ponsel cerdas Android Redmi 3 ini dibanderol dengan harga yang murah tetapi tidak muarahan. Pasalnya, smartphone tersebut memiliki spesifikasi yang tergolong tinggi dan mungkin akan membuat Anda “ngiler”, jika menilai dari sisi spesifikasi dan harga.

Dari situs resmi Xiaomi, bisa diketahui bahwa handphone cerdas Android Redmi 3 ini hadir ke pasaran dengan bodi berbahan logam dan pada bagian belakangnya terdapat pola. Di sisi layar, smartphone ini memiliki bentang layar 5 inci dengan resolusi 720p.

Untuk bagian dalamnya, spesifikasi yang dibenamkam Xiaomi pada Redmi 3 ini antara lain, SoC Snapdragon 616 octa-core yang diproduksi oleh Qualcomm, dan RAM yang dibenamkan adalah 2 GB. Kapasitas dari media penyimpanan ponsel Android ini pun terbilang luasyaitu sebesar 16 GB dan masih bisa kita tambah lagi melalui penggunaan kartu microSD sampai dengan kapasitas 128 GB.

Bagi Anda yang hobi fotografi, seoperti memotret objek atau mungkin kebutuhan perekaman video, sudah dibenamkan kamera belakang sebesar 13 megapiksel dan kamera depan yang mencapai 5 megapiksel.

Dan.... ini dia salah satu yang mungkin akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna smartphone jaman sekarang ini, yaitu kapasitas baterai yang mungkin bisa dibilang istimewa.

Dengan kapasitas barterai yang mencapai 4.100 mAh, Xiaomi Redmi 3 ini sepertinya memiliki baterai yang lebih besar, bahkan dari ponsel cerdas kelas high-end sekalipun.

Contohnya saja smartphone Samsung Galaxy S6 Plus yang harganya masih terbilang mahal bagi sebagaimn besar kalangan, memiliki baterai yang hanya berkapasitas 3.000 mAh, atau smartphone iPhone 6s Plus produksi Apple yang memiliki baterai dengan kapasitas hanya 2.750 mAh.

Untuk sistem operasinya, Xiaomi Redmi 3 ini akan menggunakan sistem operasi Android dengan tampilan antarmuka MIUI 7. Sampai saat tulisan ini diposting, belum diketahui Android versi apa atau versi berapa yang digunakan oleh Redmi 3 ini. Besar kemungkinan, OS yang diguanakn adalah Android 5.0 Lollipop.

Bagaimana dengan harga handphone produksi negeri Tiongkok ini? Tampaknya, ini yang menjadi salah satu keungggulan produk Xiaomi bagi para pengguna ponsel pintar, yaitu harga yang mudah dengan spesifikasi yang wah. Ya, Xiaomi Redmi 3 ini dibanderal pada harga 699 RMB atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 1,5 juta. Jadi, banderal harganya sangat memikat jiwa, yakni di bawah Rp 2 juta.

Untuk pasar China, Xiaomi Redmi 3 ini dijual mulai hari Selasa (12/1/2016). Sedagkan untuk pasar negara di luar China, termasuk Indonesia, belum diketahui secara pasti apakah perangkat tersebut akan masuk pasar Indonesia atau tidak.

Jika kita melihat “sepak terjang” Xiaomi sebelumnya, dimana mereka gencar memasarkan ponsel Redmi 2 di Indonesia, besar kemungkinan ponsel Android Xiaomi Redmi 3 akan segera beredar di toko-toko di Indonesia.

Komparasi Redmi 2 Prime Versus Redmi 3
Jika kita mencoba untuk membandingkan Redmi 3 ini dengan seri sebelumnya, yaitu Redmi 2, apa saja yang ditingkatkan pada Xiaomi Redmi 3 ini?

Yang paling langsung bisa kita ketahui adalah ukuran perangkatnya, dimana Xiaomi Redmi 3 ini memiliki bodi yang lebih besar dibanding Xiaomi Redmi 2.

Dengan ukuran yang membesar, maka Xiaomi bisa dengan leluasa meningkatkan ukuran layar perangkat Redmi 3 ini. Redmi 3 hadir dengan ukuran layar yang mencapai 5 inci, meningkat sedikit jika dibandingkan pendahulunya, Redmi 2 yang memiliki bentang layar 4,7 inci.

Selain itu, peningkatan yang lain juga terlihat pada sisi spesifikasi internal perangkat. Xiaomi Redmi 2 Prime dilengkapi chipset lawas Snapdragon 410 buatn Qualcomm, akan kalah spesifikasi jika dibandingkan Xiaomi Redmi 3 yang hadir dengan SoC baru Snapdragon 616 1,2 GHz octa-core produksi Qualcomm.

Dan jangan lupa untuk yang satu ini dan sangat terlihat jelas perbedanyya, yaitu kapasotas baterai yang meningkat hampir dua kali lipatnya. Xiaomi Redmi 2 Prime dipersenjatai baterai dengan kapasitas 2.200 mAh, kalah telah dibanding Xiaomi Redmi 3 yang dibekali baterai dengan kapasitas 4.100 mAh.

Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini adalah tabel perbandingan antara Xiaomi Redmi 3 dan Xiaomi Redmi 2 Prime.

Spesifikasi
Xiaomi Redmi 2 Prime
Xiaomi Redmi 3
Ukuran Layar
4,7 inci
5 inci
Dukungan Resolusi
720 x 1.080 piksel
720 x 1.080 piksel
Tingkat Kerapatan
312 ppi
Belum diketahui
Chipset
Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
Qualcomm Snapdragon 616
CPU
Cortex-A53 Quad-core 1,2 GHz
Cortex-A53 Octa-core: 4 inti 1,2 GHz dan 4 inti 1,5 GHz
GPU
Adreno 306
Adreno 405
RAM
2 GB
2 GB
Storage
16 GB
16 GB
MicroSD
Ya, hingga 32 GB
Ya, hingga 128 GB
Kamera Belakang
8 megapiksel, f/2.2, autofocus, LED Flash
13 megapiksel, f/2.0, autofocus, LED Flash
Kamera Depan
2 megapiksel, 720p
5 megapiksel, 1080p
Baterai
2.200 mAh
4.100 mAh
OS
MIUI 6, Android 4.4.4 KitKat
MIUI 7, Android Lollipop
Dimensi
134 x 67 x 9 mm
139,3 x 69,6 x 8.5 mm
Bobot
133 gram
144 gram


Fakta Unik, 10 Resolusi yang Banyak Dikicaukan Orang Indonesia di Twitter Untuk Tahun 2016

Pojok Cyber – Salah satu resolusi pada tahun 2016 yang terbanyak diungkapkan oleh para pengguna Twitter di negara Indonesia adalah "Menjadi pribadi yang lebih baik".

Resolusi tersebut terungkap berdasarkan daftar "10 resolusi tahun baru 2016" yang dirilis pada hari Selasa (5/1/2016) oleh Twitter Indonesia.

Daftar resolusi tersebut disusun berdasarkan kata kunci yang paling banyak digunakan oleh para pengguna Twitter yang berbahasa Indonesia untuk berbagai resolusi.
Logo Twitter
Logo Twitter


Di sisi lain, Twitter Indonesia melakukan pencatatan kata kunci yang paling banyak digunakan tersebut, sejak tanggal 1 Desember 2015 sampai dengan tanggal 1 Januari 2016.

Dengan memperhatikan kata kunci terbanyak yang digunakan oleh para pengguna Twitter di Indonesia ini, maka bisa diambil kesimpilan bahwa tema resolusi untuk tahun 2016 ini adalah membangun kehidupan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Harapan-harapan para penguna Twitter Indonesia, seperti menjadi pribadi yang lebih dewasa, mampu menjalani diet, dan hidup yang lebih sehat mengisi daftar yang dibuat langsung oleh Twitter Indonesia ini.

Para pengguna Twitter di Indonesia sendiri, depanjang tahun 2015, bisa dikatakan banyak mempergunakan situs mikroblogging asal Amerika Serikat ini untuk saling memberikan semangat kekuatan dalam menghadapi kehilangan figur publik dan saling menyampaikan empati serta menginspirasi berbagai gerakan nasional sampai dengan merayakan kemenangan klub olahraga favorit mereka.

Di bawah ini, merupakan 10 resolusi tahun baru 2016 yang terbanyak diungkapkan oleh para pengguna Twitter di Indonesia:

10. Memperoleh pekerjaan baru

9. Rutin dalam melakukan olahraga

8. Memiliki rumah sendiri

7. Berhenti merokok

6. Lebih sukses dalam karir

5. Menjadi lebih dewasa

4. Mengurangi berat badan atau melakukan diet atau

3. Memiliki hidup yang lebih sehat

2. Memperoleh pacar baru


1. Menjadi pribadi yang lebih baik