10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Harus Diketahui Pengguna

Pojok Cyber – Anda mungkin tidak akan menyangka bahwa aplikasi WhatsApp memiliki beberapa fitur tersembunyi. Ternyata jika mengetahui caranya, walaupun tersembunyi, fitur aplikasi instanst messenger ini bisa diakses oleh para pengguna.

Ilustrasi penggunaan whatsapp


Dengan mengetahui cara menggunakannya, user bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memudahkannya melakukan banyak hal, seperti mengurangi konsumsi data, menjaga privasi, sampai menyimpan percakapan ke dalam bentuk teks.

Inilah sepuluh fitur dari tersembunyi pada aplikasi WhatsApp, yang Pojok Cyber rangkum dari berbagai sumber.


1.  Mencolek Teman di Grup
WhatsApp memiliki fitur “mencolek” atau mention teman di grup percakapan. Fitur ini tentunya akan membuat para pengguna yang tergabung dalam gurp percakapan menjadi lebih awas saat dicolek oleh teman lainnya.

Hal ini disebebkan fitur “mencolek” teman tersebut akan memaksa sistem mengeluarkan notifikasi yang berupa bunyi pada saat si pengguna di-mention, walaupun di grup percakapan itu sudah dibuat mute atau dalam dalam mode senyap.

Sebelumnya, jika grup percakapan dibuat mute atau dalam mode senyap oleh pengguna, maka tiadak akan keluar bunyi notifikasi apapun pada. Sehingga user menjadi tidak menyadari bahwa dia sedang diajak berbicara dalam sebuah grup WhatsApp.

Fitur mention ini dapat digunakan dengan cara menekan atau membubuhkan karakter "@" (tanpa tanda petik). Deretan nama kontak yang ada dalam grup akan dimunculkan, setelah kita mengetikkan simbol “@”.

Di sini user bisa memilih salah satu daftar kontak yang dimunculkan oleh WhatsApp atau bisa juga dengan mengetik nama kontak yang diinginkan.


2.  Membackup Percakapan
Fungsi dari fitur ini tentua saja akan bermanfaat manakala kita berganti ponsel, di mana pada saat kita membackup atau membuat cadangan data percakapan, maka semua percakapan terdahulu (yang telah kita backup) dapat dipulihkan kembali di ponsel yang lain.

Untuk mengaktifkan fitur ini, caranya, pada menu Setting atau Pengaturan, cari tab yang bertuliskan Chat dan Chat Backup. Di dalamnya ada setting atau pengaturan untuk menyimpan cadangan atau backup data percapakan kita ke Google Drive.

Dalam hal ini, kita cukup memasukkan akun Google atau Gmail kita, lalu mengatur agar aplikasi WhatsApp melakukan backup otomatis dalam durasi waktu tertentu. Maka, proses backup percakapan akan berjalan secara otomatis.



3.  Menyembunyikan “Last Seen”
Secara default, WhatsApp mengizinkan user untuk bisa saling melihat sewaktu online terakhir masing-masing. Tetapi, bila Anda merasa hal tersebut mengganggu privasi, maka Anda bisa menyembunyikan “last seen” tersebut.

Begini cara untuk menyembunyikan “last seen”:
1.    Pilih menu Setting
2.    Lalu pilih tab Account dan Privacy.
3.    Anda akan menemukan bilah bertuliskan “Last Seen”. Pilihlah tab tersebut, maka akan muncul pilihan lain secara pop-up.
4.    Anda bisa pilih Nobody agar tidak ada satu pun yang bisa melihat informasi “Last Seen” tersebut.
5.    Atau Anda mungkin pilih Everybody agar semua orang bisa melihat “Last Seen”.
6.    Atau bisa juga pilih My Contact, agar hanya orang dalam buku kontak saja yang bisa melihat.


4.  Menyimpan Percakapan dalam Bentuk Teks
Bila Anda termasuk orang yang rapi dan senang untuk menyimpan berbagai arsip percakapan, maka ada cara untuk menyimpan berbagai percakapan ke dalam bentuk teks, dalam aplikasi WhatsApp.

Cara untuk menyimpan percakapan dalam bnetuk teks, adalah sebagai berikut:
1.    Buka tab obrolan yang ingin Anda simpan dalam bentuk teks.
2.    Sentuh tiga titik yang berada di kanan atas.
3.    Lanjut ke bilah More dan sentuh pilihan Email Chat.
4.    Selanjutnya Anda bisa memilih apakah akan menyertakan berbagai media di dalam percakapan atau hanya teks saja.
5.    Setelah memilih akan muncul e-mail untuk mengirimkan percakapan tersebut.


5.  Menghentikan Download Otomatis
Secara default, berbagai file, baik foto ataupun file media lainnya, yang dikirimkan melalui WhatsApp akan otomatis terunduh. Tentu saja hal tersebut mengakibatkan konsumsi daya cukup besar, sehingga akan pula menghabiskan paket data.

Untuk menganggulangi hal tersebut, kita bisa merubah pengaturan agar media yang diterima tersebut tidak otomatis terunduh.

1.    Masuk ke menu Setting.
2.    Pilih Data Usage. Di dalamnya ada tab bertuliskan Media Auto Download yang berisi pengaturan untuk unduhan otomatis tersebut.
3.    Ada tiga tab, yaitu When connected on WiFi, When using mobile data, atau When roaming.
4.    Pada masing-masing tab bisa dipilih media apa saja yang akan diunduh otomatis atau tidak diunduh sama sekali.


6.  Blokir Kontak
Anda pernah atau mungkin sering mendapatkan pesan spam dari orang tidak dikenal? Blokir saja.

Caranya untuk memblokir kontak adalah:
1.    Buka percakapan dengan orang yang dituju.
2.    Sentuh menu titik tiga di bagian kanan atas dan pilih tab More.
3.    Anda akan menemukan pilihan Block di antara menu yang muncul. Sentuhlah, dan pemblokiran pun selesai.


7.  Membalas Pesan yang Sudah Tenggelam di Grup
Jika kita ingin mengutip salah satu pesan di grup serta membalas pesan tersebut, maka kita harus menekan lama pesan itu. Interface WhatsApp akan memunculkan beberapa ikon untuk pilihan tindakan kita selanjutnya.

Salah dari ikon pilhan itu, yang terletak paling kiri, ada ikon dengan gambar panah. Kita cukup menekannya satu kali, maka WhatsApp akan secara otomatis mengutip pesan yang ingin kita komentari.

Setelah menuliskan komentar, kirim langsung pesan tersebut. Maka anggota grup dalam percakapan akan memahami bahwa kita sedang membalas obrolan spesifik yang dilontarkan satu orang.


8.  Sembunyikan Tanda Read
Secara default, setiap pesan yang dikirimkan dan sudah dibaca oleh user akan ditandai dengan centang biru. Dan status pesan sudah dibaca atau belum, bisa diketahui oleh lawan bicara. Nah, hal tersebut bisa dirubah.

Caranya:
1.    Masuk ke menu Settings.
2.    Lalu Accounts dan Privacy.
3.    Di dalamnya, tepatnya di bagian bawah, user akan menemukan tab bertuliskan Read Receipts. Hapus tanda centang di bilah tersebut untuk menon-aktifkannya.


9.  Tanda bintang
Tanda bintang dalam WhatsApp ini berguna untuk keperluan pencacatan berbagai informasi penting , seperti nomor telepin atau alamat rumah. Nah, kita bisa memberikan tanda bintang pada setiap percakapan yang ada di WhatsApp.

Untuk memberikan tanda bintang pada percakapan WhatsApp, adalah sebagai berikut:
1.    Pilih pesan yang ingin ditandai.
2.    Sentuh dan tahan selama beberapa detik.
3.    Akan muncul tanda bintang pada header WhatsApp, tepat disamping ikon “delete”.
4.    Pilihlah tanda bintang tersebut.

Bila ingin melihat berbagai pesan yang sudah ditandai bintang, Anda cukup sentuh menu titik tiga di sudut kanan atas. Selanjutnya pilih tab bertuliskan “Starred messages”.


10.         Huruf tebal dan miring
Aplikasi pesan instant WhatsApp kini dapat menampilkan huruf dalam format miring (italic), tebal (bold), dan dicoret (strike through). Cara untuk menampilan format huruf tersebut adalah dengan memasukkan karakter khusus sebelum dan setelah kata yang ingin diformat.

1.    Bila ingin membuat kalimat dicoret (strike through), gunakan tanda ~ di antara ~kata yang diinginkan~.
2.    Bila ingin membuatnya miring, gunakan tanda underscore  (_) di antara _kata yang diinginkan_.
3.    Agar menjadi tebal, gunakan tanda bintang (*) di antara *kata yang diinginkan*.




Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya