Setting Google Chrome Agar Terhindar dari Tipuan “Download” Palsu yang Mengarahkan ke Situs Jahat Malware

Pojok Cyber – Bagi Anda yang yang masih awam, mungkin akan dibuat bingung dan sebal pada saat akan mendownoad atau mengunduh aplikasi atau game dari sebuah situs.

Bisa jadi kebingungan Anda ini karena kemunculan beberapa tautan yang bertuliskan "download" pada satu laman sekaligus. Dengan banyaknya tombol download tersebut maka bagi yang awam, bisa jadi akan bingung harus menekan atau mengklik tautan yang mana.

Pasalnya, bisa jadi beberapa tautan yang muncul di hadapan Anda itu mungkin bukan tautan yang sebenarnya atau bukan tautan link untuk download yang asli.

Bisa saja tautan tersebut tidak berisi link unduhan yang sebenarnya. Atab bahkan mungkin, ini yang paling atau perlu Anda perhatikan, link tersebut (tidak semua link) merupakan salah satu tipu muslihat yang akan membawa virus tak diundang ke komputer atau laptop Anda.

Dikutip Pojok Cyber dari Mashabel melalui KompasTekno, Minggu (7/2/2016), untuk menanggulangi bergaiua tipu muslihat dari situs-situs yang mencoba mencuri data pengguna atau memnyebarkan virus berbahaya, pihak Google berusaha menumpas penipuan tersebut.

Dalam hal ini, pihak Google telah memperbarui browser Google Chrome milik mereka dengan melakukan penambahan fitur khusus.

Fitur tersebut akan memberikan warning atau peringatan kehatian-hatian kepada para penggunha pada saat akan masuk ke situs-situs yang menggunakan praktik penipuan tautan bertuliskan "download" atau mungkin tipuan lainnya, selain tulisan “download”.

Untuk mengaktifkan fitur terbaru Google Chrome tersebut, caranya adalah sebagai berikut:
1.    Buka Google Chrome
2.    Klik menu tiga garis di kanan atas pada Google Chrome.
3.    Selanjutnya Klik “Settings”
4.    Kemudian Scroll ke bawah dan klik “Show Advance Settings”
5.    Lalu, pada menu “Privacy”, centang atau ceklis “protect you and your device from dangerous sites”.
6.    Selesai. Silahkan keluar dulu dari Google Chrome, dengan cara klik Exit atau tombol X di kanan atas Google Chrome.


Setelah diaktifkan, maka Google Chrome akan selalu memberikan peringatan keada pengguna bahwa situs yang dia kunjungi tidak aman (menurut Google Chrome).

Kalau dibaca secara seksama, peringatan dari Google Chrome ini lebih kurang, berupa himbauan untuk menghindari situs tersebut. Dan biasanya dalam peringatan yang diberikan akan disertakan pula penjelasan bahwa situs yang hendak dikunjungi berisiko mengelabui pengguna dengan trik "jahat".
Contoh Peringatan Google Chrome Saat Kita Mengakses Sebuah Situs yang Diblokir (Dicurigai Mengandung Malware)
Contoh Peringatan Google Chrome Saat Kita Mengakses Sebuah Situs yang Diblokir (Dicurigai Mengandung Malware)






Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya