Info Teknologi Terbaru, Hati-hati, Jangan Coba Ubah Tanggal iPhone Jadi 1 Januari 1970!

Pojok Cyber – Bagi Anda para pemilik perangkat keluaran Appel, baik itu iPod Touach, iPad maupun iPhone, jangan pernah mencoba mengubah tanggal di perangkat tersebut menjadi "masa lalu", tepatnya 1 Januari 1970. Jika Anda nekat melakukannya, baik karena penasaran atau hal lainnya, maka bisa diprediksi, lebih tepatnya dipastikan, perangkat mobile besutan Apple tersebut bisa langsung rusak.
iPhone 5S


Masalah tersebut, disebut-sebut disebabkan oleh adanya bug pada pengaturan tanggal pada sistem operasi iOS. Sejumlah pengguna perangkat buatan Apple, melaporkan baha pemicu dari masalah yang terjadi pada perangkatnya adalah setelah mereka merubah tanggal menjadi 1 Januari 1970, dan kemudian mereka melakukan restart, setelah merubah tanggal.

Yang terjadi pada perangkat mobile buatan Apple itu, setelah restart adalah, perangkat genggam tersebut akan langsung hang. Ya, perangkat itu hanya akan menampilkan logo Apple serta tidak bisa melakukan boot ke sistem operasi iOS.

Masalah tersebut ternyata diperparah lagi dengan belum ditemukannya solusi dari kendala di atas, sebagaimana dilansir Pojok Cyber dari KompasTekno dari Sydney Morning Herald, Senin (15/2/2016), dimana kondisi tersebut akan tetap berulang walaupun pengguna sudah melakukan reset atau bahkan mengganti firmware dalam perangkat mobile mereka.

Bug tersebut ternyata, sebagaimana dilaporkan oleh Sydney Morning Herald, hanya terjadi pada perangkat genggam buatan Apple yang menggunakan chipset 64-bit. Dalam hal ini, berarti hal tersebut hanya menimpa iPod Touch 2015, iPad Air, iPhone 5S, iPad Mini, dan yang lebih baru.

Belum ada penjelasan atau belum ditemukan jawaban pastio atas bug pada perangkat mobile tersebut. Tetapi, diduga bahwa bug tersebut terjadi dikarenakan 1 Januari 1970 merupakan hari pertama dalam sistem pengaturan waktu platform Unix yang menjadi basis sistem operasi iOS.

Sistem Unix melacak pergerakan waktu berdasarkan detik-detik yang berlalu setelah hari pertama itu.

Sementara itu, pengaturan tanggal ke 1 Januari 1970 sama saja membuat patokan waktu dalam perangkat kembali ke angka nol. Entah mengapa ini menjadi masalah serius di gadget Apple.


Sumber: www.kompas.com



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya