Fakta Unik Info Bisnis Teknologi Terbaru, Google Memperoleh Rp 429 Triliun dari Android

Semanjak lama, raksasa mesin pencari Google selalu merahasiakan revenue yang diperoleh dari Android. Tetapi kini, jumlah uang tersebut terungkap ke publik.

Salah satu kuasa hukum dari perusahaan Oracle mengungkapkan bahwa Google telah berhasil memperoleh pendapatan sekitar 31 miliar dolar AS atau setara Rp 429 triliun dari Android, dengan rincian keuntungan yang diperoleh mencapai 22 miliar dollar AS atau setara Rp 305 triliun.

Android Google


Sebagaimana dikutip Pojok Cyber dari KompasTekno yang mengambil sumber berita dari Bloomberg, pada Jumat (22/1/2016), jumlah angka dari keuntungan di atas diungkap ke publik sebagai bagian dari data untuk gugatan hukum mengenai pelanggaran hak cipta software Java.

Pihak Oracle menganggap bahwa Google telah menggunakan software buatan mereka untuk mengembangkan Android, tetapi Google tidak pernah membayar royalti sedikitpun.

Annette Hurst, kuasa hukum Oracle mengungkapkan kepada hakim, "Lihat betapa besarnya masalah komersialisasi di sini".

Selama ini Google selalu merahasiakan besarnya keuntungan yang mereka diperoleh dari Android. Google berdalih, hal tersebut merupakan masalah yang sensitif.

Yang kemudian terjadi setelah angka keuntungan tersebut bocor, pihak Google langsung meminta hakim federal San Fransisco untuk menyegel sebagian transkrip sidang.

Google juga menyampaikan bahwa kuasa hukum Oracle telah bertindak tidak senonoh karena mempublikasikan informasi yang sensitif dari sebuah perusahaan.

Raksasa mesin pencari ini menuliskan dalam surat keberatannya pada pengadilan, "Google tidak mengungkap revenue Android secara spesifik kepada publik. Data keuangan yang mestinya bukan konsumsi umum itu sangat sensitif dan membukanya ke publik bisa berakibat negatif bagi kami".

Transkrip yang berisi informasi keuangan Google itu langsung menghilang dalam hitungan jam, meski tidak terlihat indikasi bahwa permintaan raksasa mesin pencari terseut dikabulkan.


Perseteruan antara Google dan Oracle sendiri sudah berlangsung sejak lima tahun yang lalu. Oracle, dalam gugatannya kali ini, menuntut ganti rugi lebih dari 1 miliar dollar AS atau 13 triliun atas pelanggaran hak cipta software Java.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak