Fakta Unik Bisnis Teknologi Terbaru, Indonesia Menjadi "Donatur" Terbesar Toko Aplikasi Android

Pojok Cyber – Diantara negara-negara lainnya, Indonesia dikabarkan menjadi salah satu negara dengan pengguna Android yang paling boros belanja di toko aplikasi Google Play Store. Hal itu diungkapkan oleh statistik App Annie terbaru.

Para pengguna Android di Indonesia, bersama negara-negara berkembang yang lain, seperti India, Brasil, Meksiko dan Turki, menjadi penyumbang terbesar pemasukan bagi toko aplikasi Android Play Store.
Toko Aplikasi Google Play Store


Jumlah download di Play Store pada tahun 2013 yang lalu, mencapai 100 juta aplikasi. Dan jumlah tersebut meningkat hampir dua kali lipatnya pada tahun 2015, menjadi 200 juta download.

Di rentang waktu yang sama, jumlah unduhan di Apple App Store cenderung datar-datar saja, yaitu hanya 100 juta download per tahunnya. Tetpi, kendati demikian, dilihat dari sisi pendapatan, Play Apple App Store masih lebih unggul jauh dari Google Play Store.

Sebagaimana dikutip Pojok Cyber dari Kompas Tekno yang memgambil sumber dari PhoneArena pada Kamis (21/1/2016), App Annie melaporkan, iTunes App Store menghasilkan penghasilan aplikasi sekitar 200 juta dollar AS, sedangkan Google Play Store mendapatkan 100 juta dollar AS.

Kontribusi paling besar dari penghasilan tersebut, berasal dari negara-negara berkembang di atas, termasuk negara Indonesia.

App Annie sendiri tidak menjelaskan komponen apa saja yang mendukung nilai penghasilan tersebut, apakah in-app purchase atau juga termasuk pemasukan dari iklan yang ditampilkan di aplikasi.


Sebab, banyak game-game yang harus dibeli di iOS, sementara versi Androidnya gratis namun dipasangi iklan.



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya