Benarkah Facebook Sengaja Merusak Aplikasinya di Android Untuk Menguji Kesetiaan Para Penggunanya?

Pojok Cyber – Dilansir dari Kompas Tekno bahwa Facebook telah melakukan beberapa upaya untuk menguji seberapa besar kesetiaan para pengguna aplikasi Facebook pada perangkat Android.

Disebutkan bahwa pada beberapa tahun lampau, jejaring sosial terbesar di bumi ini dilaporkan pernah melakukan sabotase terhadap aplikasinya sendiri.
Facebook Mobile Ilustration
Facebook Mobile Ilustration


Seperti apakah sabotase yang dilakukan Facebook terhadap aplikasinya sendiri?

Laporan yang dilansir oleh The Information menyebutkan, sebagaimana dirangkum oleh Pojok Cyber melalui KompasTekno yang bersumber dari The Verge, pada Selasa (5/1/2015), ternyata Facebook pernah secara sengaja menjejali aplikasinya dengan baris kode error untuk platform Android.

Dampak dari penjejalan baris kode error terhadap aplikasi Facebook tersebut yaitu, aplikasi Facebook ini bisa saja hang atau crash dalam selang waktu tertentu.

Menurut laporan tersebut, Facebook, dengan cara seperti itu, ingin menguji seberapa besar keinginan para pengguna untuk berusaha kembali menggunakan aplikasi Facebook tersebut.

Pengujian itu, tulis Kompas Tekno, sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu. Tidak ada informasi jelas seberapa banyak para pengguna yang terkena dampak dari masalah itu dan di lokasi mana saja yang terkena dampak tersebut.

Faktanya, dengan melakukan pengujian tersebut, sebagian besar para pengguna ternyat5a tetap setia dengan jejaring sosial Facebook.

Para pengguna tampaknya tetap berupaya untuk menggunakan aplikasi Facebook tersebut, walaupun mengalami hang atau crash selama beberapa jam.

Dan, para pengguna tampaknya tidak mau menyerah menghadapi aplikasi Facebook yang bermasalah tersebut, dimana mereka yang terkena dampak dari pengujian tersebut disebutkan sampai menggunakan browser pada perangkat mobile mereka untuk tetap bisa mengakses layanan jejaring sosial terbesar ini.

Salah satu sumber menyebutkan bahwa orang-orang tidak berhenti untuk kembali mengakses Facebook.

Menurut laporan itu juga, dikatakan bahwa pengujian ini dilakukan tidak hanya untuk menguji kesetiaan saja.

Pengujian yang dilakukan oleh Facebook itu disebutkan merupakan salah satu persiapan besar, manakala terjadi konflik dengan Google pada suatu saat yang mungkin akan membuat aplikasi Facebook harus hengkang dari Google Play.

Facebook, melalui pengujian tersebut, sepertinya yakin benar bahwa para pengguna para perangkat Android akan terus mengakses produknya, walaupun aplikasi Facebook sudah tidak tersedia di Google Play Store.

Kenyatannya, sampai dengan saat ini, belum ada rencana dari pihak Facebook untuk mencabut aplikasi Facebook dari Google Play Store.

Tetapi, Facebook sepertinya sudah benar-benar siap jika aplikasi Facebook benar-benar harus hengkang dari Google Play Store.


Sampai dengan saat ini, menurut lansiran Kompas Tekno tersebut, pihak Facebook masih menolak berkomentar terhadap laporan ini.

Bagaimana menurut Anda? Pernahkah Aplikasi Facebook pada ponsel Anda mengalami crash atau hang seperti apa yang ditulis dalam laporan di atas? Dan..... Anda tetap mengakses Facebook? Karena.... mungkin.... Anda... adalah salah satu pengguna setia jejaring sosial paling populer di jagat raya ini...



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya