Cara Flashing Xiaomi Redmi 2, Mudah dan Berhasil dengan Metode Fastboot

Tulisan ini secara khusus untuk berbagi keberhasilan atau kesuksesan Pojok Cyber melakukan flashing ponsel android Xiaomi Redmi 2 yang bernomor model 2014817.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam hal ini. Karena proses flashing yang dilakukan sangat mudah sekali.  Yang Pasti.... Jangan Dulu Sambungkan Ponsel Xiaomi ke Komputer atau Laptop.

Bagi yang lebih suka video turorialnya, bisa disaksikan di bawah ini.

Video Tutorial Flashing Smartphone Android Xiaomi 



Kita hanya perlu mempersiapkan driver dan firmware yang cocok dengan ponsel yang bersangkutan. Toh, dari semua flashing yang dilakukan, kendala yang ditemukan biasanya terletak pada installasi driver yang tidak benar sehingga ponsel tersebut tidak dikenali oleh Windows dan tool atau aplikasi flashing, sehingga proses flashing tidak berjalan sukses.

Dan kendala yang kedua adalah pemilihan fimware yang tidak cocok. Dalam hal ini, walaupun driver android tersebut telah benar-benar diinstalkan dan dapat dikenali oleh windows serta aplikasi untuk flashing, dan saat proses flashing berhasil 100% (pada indikator yang diperlihatan aplikasi), tetapi karena fimware tersebut tidak cocok, maka android yang bersangkutan tetap bootloop alias stuck atau terdiam di logo android, dan lain-lain. Dengan kata lain, flashing gagal total.

Kembali ke judul yang diambil di atas, bisa jadi, apa yang diuraikan di sini, mewakili juga kata kunci terkait dengan Smartphone Android Xiaomi Redmi 2 atau ponsel Xiaomi seri yang lainnya, seperti:
1.    Install ROM versi .......... Redmi 2 with Fastboot Method
2.    Cara Flash Redmi 2 dengan Fastboot dengan ROM ...................
3.    Tutorial flashing android Xiaomi dengan fastboot
4.    Cara Mengatasi Xiaomi Hardbrick, Bootloop, Softbrick, dan lain-lain


Tutorial ini adalah pengalaman dari keberhasilan admin Pojok Cyber. Tetapi perlu Anda perhatikan, Anda bisa saja berhasil melakukan flashing, bisa juga tidak. Anda hanya perlu mencoba mengikuti langkah yang pernah kami lakukan. Semoga saja bisa berhasil seperti yang Pojok Cyber lakukan.

Dan Ingat....!!!! Dengan mengikuti tutorial ini, Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas segala hal yang ditimbulkan dari tutorial ini. Do It With Your Own Risk. 
  
Catatan:
Untuk bahan baku aplikasi, driver dan stock rom atau fimware, bisa didownload di akhir tulisan. Jangan lupa pula untuk melihat video tutorial yang memperlihatkan keberhasilan atau kesuksesan melakukan flashing Xiaomi Redmi 2 bernomor model 2014817 ini.

Persiapan Sebelum Flashing Android Xiaomi:

Sebelum melakukan flashing, persiapkan aplikasi, driver dan firmware Xiaomi. Dan, jangan dulu menyambungkan ponsel Xiaomi ke komputer atau laptop.

Persiapan Hardware

1.    Ponsel Xiaomi Redmi 2 yang mengalami bootloop, .
2.    Komputer atau laptop dengan port usb yang bagus dan stabil.
3.    Kabel data usb.

Persiapan Software

Software yang Dibutuhkan:
1.    Aplikasi MiPhone

3.    WinRAR (Bisa mencari sendiri di Google)


1.    Aplikasi MiPhone.
Aplikasi untuk melakukan flashing ponsel-ponsel Xiaomi, di mana di dalam installernya sudah disertakan pula driver untuk ponsel Android Xiaomi dan tool MiFlash.
2.    Fimware atau Stock ROM Xiaomi Redmi 2.
3.    WinRAR
Berfungsi untuk mengekstrak firmware Xiaomi yang memang dikompres dalam format file TGZ.



Tahapan Proses Flashing Xiaomi

Tahap 1 (Ekstrak File TGZ yang di Dalamnya Ada File-file Firmware Xiaomi)

File-file firmware yang dibutuhkan ada di dalam folder yang sebelumnya dikompress dalam format file TGZ.  Dibutuhkan WinRAR atau aplikasi sejenis untuk mengekstraknya. Caranya:
1.    Klik kanan file TGZ hasil download, lalu pilih extract here.
Extract file TGZ yang berisi firmware Xiaomi

2.    Tempatkanlah di drive yang mudah kita cari. Kalau Pojok Cyber, menempatkan folder berisi firmware Xiaomi ini di desktop (layar utama windows).
3.    Jika folder berisi firmware tersebut disimpan terlalu dalam (misal di D:\Master\Xiaomi\..... dst), file flash tidak akan terbaca oleh tool MiFlash (akan ada pesan error). Jadi, tempatkan folder tersebut langsung di drive (jangan dibuat cabang-cabang lagi). Misalnya

Tahap 2 (Install MiPhone [Driver & Tool MiFlash])

Perhatian, jangan dulu menyambungkan ponsel ke PC/Laptop. Sabar saja... nanti ada waktunya.
1.    Install Aplikasi MiPhone sampai selesai. Aplikasi ini akan mengintall driver beserta tool MiFlash.
2.    Setelah selesai, sebaiknya restart komputer atau laptop terlebih dahulu. Tunggu hingga komputer atau laptop menyala kembali.

Tahap 3 (Mambuka MiFlash dan Mencari File Flash_all.bat pada folder firmware)

1.    Setelah menyala kembali, langsung cari tool MiFlash. Tool ini letaknya di:
Untuk Windows 32 Bit, terletak di C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone
Untuk Windows 64 Bit, Terletak di C:\Program Files (x86)\Xiaomi\MiPhone
Coba perhatikan ada file berekstensi .exe, dengan nama MiFlash. Sudah Anda temukan?
Klik kanan, lalu RUN AS ADMINISTRATOR. Bila perlu, klik kanan lalu Send to Desktop (Create Shortcut), agar nanti tinggal klik dari desktop saja.
MiFlash Send to Desktop

2.    Jangan dulu sambungkan Xiaomi.
3.    Buka MiFlash (Run As Administrator).
Tampilan Program atau Aplikasi atau Tool MiFlash

4.    Selanjutnya buka menu Browse, lalu klik panah kecil sampai terbuka menu baru, yaitu Advanced.
MiFlash Menu Browse - Advanced

5.    Arahkan mouse ke tempat folder berisi firmware Xiaomi tadi. Tepatnya langsung sorot/klik file bernama flash_all (ekstensi file ini adalah .bat). Lalu klik OK. Untuk yang lainnya biarkan saja. Fokus saja mencari file flash_all tersebut dan klik OK.
Arahkan mouse ke folder berisi firmware Xiaomi

Arahkan mouse ke folder berisi firmware Xiaomi, tepatnya file flash_all.bat

klik OK

6.     Sampai di sini kita biarkan dulu. Santai saja dulu. Kita menuju ke ponsel Xiaomi kita.

Tahap 4 (Menyambungkan Ponsel Xiaomi ke Komputer atau Laptop)

1.    Nyalakan Xiaomi dalam mode Fast Boot.
Caranya, tekan tombol Volume Down + Power secara bersamaan, sampai dirasakan ada getaran pada ponsel, lepas tombol Power dulu, nanti akan muncul tampilan Fastboot di layar ponsel Xiaomi Anda. Lalu lepas tombol Volume Down. Sudah belum? Kalau sudah, lanjut.....!!!!
NYalakan Xiaomi dalam mode Fastboot dengan menekan Volume Down + Power Bersamaan

2.    Sambungkan ponsel Xiaomi yang sudah dalam mode Fastboot ke komputer atau laptop kita tadi. Di mana sudah ada tool MiFlash yang sudah siap saja dari tadi menunggu ponsel Xiaomi disambungkan (dalam mode Fastboot).
3.    Ketika Xiaomi disambungkan, maka secara otomatis drivernya akan terinstall sendiri. Biarkan proses installasi driver oleh Windows + tool Miflash sampai selesai. Harus dipastikan benar, driver Xiaomi sudah dikenali dengan baik.
4.    Selanjutnya klik Refresh. Maka akan ada ceklis file pada tool MiFlash. Selanjutnya kita tinggal klik Flash.
Klik Refresh

Informasi Device

Klik Flash

5.    Biarkan flashing berlangsung sampai ada notifikasi sukses. Selanjutnya smartphone Xiaomi Redmi 2 akan reboot sendiri.
Flashing Xiaomi berjalan sukses

6.    Biasanya waktu yang dibutuhkan Xiaomi sampai muncul jendela utama sistem operasinya agak lama, mungkin sekitar 5 s.d 15 menit. Jadi tunggu saja.
Android Xiaomi berhasil menyala kembali (tidak bootloop, unbricked)

7.    Selesai sudah. Semoga berhasil.   


Tutorial Install atau Setting Printer pada Jaringan LAN di Komputer Client

Tutorial Install atau Setting Printer pada Jaringan LAN di Komputer Client

Smartphone Terbaru Samsung, Galaxy A9 Berlayar 6 Inci Diperkenalkan

Pojok Cyber – Pada sebuah acara di negara China atau Tiongkok pada Jum’at (25/12/2015), Samsung memperkenalkan ponsel terbaru dari jajaran seri Galaxy A9. Smartphone terbaru dari seri A buatan Samsung ini mengusung layar 6 inci.

Sebagaimana dilaporkan BGR yang dihimpun oleh Kompas Tekno dan dikutip oleh Pojok Cyber, secara lebih detail, untuk ponsel cerdas tewrsebut, Samsung menggunakan teknologi layar AMOLED yang resolusinya mencapai 1080 piksel.
Samsung Memperkenalkan Galaxy A9 (Gizmodo)
Samsung Memperkenalkan Galaxy A9 (Gizmodo)

Di bagan lainnya, spesifikasi yang mungkin dianggap unggul yaitu dibenamkammnya baterai yang memiliki 4.000 mAH. Kapasitas baterai yang bisa dibilang "jumbo" untuk kuran baterai smartphone pada umumnya, diklaim oleh Samsung mampu memberikan daya bagi smartphone sampai seharian penuh.

Di dalam ponsel tersebut, perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan tersebut, mempercayakan Snapdragon 652. Dan sistem operasi yang digunakan adalah Android Lollipop 5.1.1.

Untuk mendukung performa atau kinerja dari ponsel pintar tersebut, telah disematkan kapasitas penyimpanan internal yang mencapai 32 GB serta RAM dengan ukuran 3 GB. Selain memiliki kapasitas penyimpanan yang dibilang lumayan besar untuk ukuran sebuah smartphone, para pengguna masih bisa mememperluas kapasitas penyimpanan dengan memasang memori eksternal melalui slot microSD yang sudah disediakan pada ponsel tersebut.

Untuk spesifikasi lain dari smartphone Samsung A9 ini yaitu ukuran kamera utama yang mencapai 13 megapiksel, kemudian kamera depan untuk selfie yang mencapai 8 mengapiksel, serta adanya pemindai jari pada tombol "home".


Sampai dengan saat ini pihak Samsung belum mengungkap jadwal ketersediaan dari Samsung Galay A9 ini serta berapa bandrol harganya.

New Action Shooter Android Game, Sniper Fury from Gameloft, Force Close on Bluestack 2 Native

New Action Shooter Android Game, Sniper Fury from Gameloft, Force Close on Bluestack 2 Native


Best Online RPG Game, Ancient Fear, Suburban Desert in Desert Battlefield (1 Minute 11 Seconds)

Best Online RPG Game, Ancient Fear, Suburban Desert in Desert Battlefield (1 Minute 11 Seconds)


Best Online RPG Game, Ancient Fear, Desert Quicksand in Desert Battlefield (1 Minute 32 Seconds)

Best Online RPG Game, Ancient Fear, Desert Quicksand in Desert Battlefield (1 Minute 32 Seconds)


Best Online RPG, Ancient Fear, Fight Final Boss in Forest Ruins Priminitive Altar

Best Online RPG, Ancient Fear, Fight Final Boss in Forest Ruins Priminitive Altar


Gameplay 2, One of Best Android Action FPS Multiplayer Game, Crisis Action

Gameplay 2, One of Best Android Action FPS Multiplayer Game, Crisis Action


Gameplay One of Best Android Action Multiplayer FPS Online Game, Crisis Action

Gameplay One of Best Android Action Multiplayer FPS Online Game, Crisis Action

Cara Merekam Suara pada Komputer atau Laptop Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Pojok Cyber – Untuk bisa merekam suara kita pada komputer atau laptop, bukanlah hal yang sulit. Bahkan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga yang dikhususkan untuk melakukan perekaman suara, kita masih bisa melakukan rekaman suara dengan memanfaatkan salah satu fitur yang sudah ada di dalam windows, yaitu Sound Recorder.

Sebelum kita melakukan perekaman suara tersebut, tentu saja kita harus mempersiapkan perangkat keras atau hardware dan perangkat lunaknya.

Catatan:
Di bawah ada video tutorial tentang materi  Cara Merekam Suara pada Komputer atau Laptop Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga ini.

Persiapan Perangkat Keras atau Hardware

1.    Microphone atau Headphone yang ada Microphone-nya.
Pada saat melakukan perekaman, penulis kebetulan menggunakan Microphone merek Boya seri BY-M1.
2.    Komputer atau Laptop dengan Port untuk Input Microphone

Persiapan Software/Driver

Untuk softwarenya, kita hanya perlu mengintalkan driver Sound Card. Dan pastikan driver tersebut sudah benar-benar terinstall, sehingga sound card pada komputer atau laptopnya sudah benar-benar berjalan normal.

Langkah Perekaman Suara

Tahap Pertama, Setting “Recording Device“ pada windows.

Dalam hal ini kita harus melakukan setting terlebih dahulu pada device windows. Tujuannya tentu saja untuk memastikan miccrophone yang kita samsbungkan benar-benar terbaca oleh windows.
1.    Sambungkan Microphone ke port audio input pada komputer atau laptop. Pada komputer, biasanya jakc untuk mic, berwarna merah.
2.    Apabila microphone-nya ada tombol ON atau OFF, pastikan mic sudah pada posisi ON atau menyala.
3.    Klik kanan icon “Speaker”, yang terletak di kanan bawah pada Windows.
4.    Klik “Recording Devices”.
Klik Recording Devices

5.    Akan muncul jendela baru yang memperlihatkan microphone yang sudah terpasang atau terhubung dengan sound card dan terbaca oleh Windows.
Microphone yang sudah terhubung dengan sound card dan terbaca oleh Windows

6.    Selanjutnya, pilih atau sorot microphone tersebut dan klik Properties.
Sorot Microphone yang Terhubung, Klik Properties

7.    Langsung menuju tab atau menu “Listen”. Kita ceklis Linsten to device, tujuannya agar kita bisa mendengar suara perekaman kita pada speaker atau headphone yang kita pasang di komputer.
pada Tab Listen, Ceklis Listen to devices, agar kita mendengar suara rekaman kita

8.    Kemudian menuju tab atau menu “Level”. Ada dua pilihan yang harus disetting, yaitu “Microphone”, setting saja ke angka maksimal, yaitu 100. Kemudian untuk “Microphone Boost”, setting ke angka 20 dB saja, atau bisa disesuaikan dengan kualitas suara yang bisa diterima oleh microphone yang kita gunakan.
Menu atau tab Level

9.    Selanjutnya ke tab atau menu “Advanced”, pilih settingan terbaik atau minimal di kualitas DVD atau disesuaikan dengan kualitas microphone yang kita miliki.
Tab atau menu Advanced, pilih yang terbaik

Selesai sudah settingan untuk “Recording device”. Sat tahapan sudah kita lakukan. Kita akan lanjutkan ke tahapan berikutnya, yaitu memanfaatkan fitur recording pada Windows.
  

Tahap Kedua, Menggunakan Fitur “Sound Recorder” pada windows

1.    Untuk membuka fitur Sound Recorder, bisa kita akses melalui Start -  All Programs – Accessories – Sound Recorder. Setelah ditemukan, langsung klik saja.
Membuka Fitur Sound Recorder pada Windows

2.    Akan terbuka tampilan sederhana dari Sound Recorder Windows ini.
Tampilan Sound Recorder

3.    Untuk merekam suara, tingal klik Start Recording.
Memulai Rekaman dengan klik Start Recording

4.    Untuk menghentikan rekaman, tinggal klik Stop Recording.
Mengentikan Rekaman dengan Klik Stop Recording

5.    Maka akan muncul jendela tampilan untuk menyimpan hasil rekaman tersebut. Di sini hasil rekaman tadi harus kita simpan.
Menyimpan File Hasil Rekaman

6.    Selesai.




Unboxing Microphone Boya BY-M1 dan Cara Merangkaikan Komponen-komponennya

Unboxing Microphone Boya BY-M1 dan Cara Merangkaikan Komponen-komponennya







Info Terbaru, Cara Registrasi Kartu Perdana Prabayar (SIM Card) Menurut Aturan Baru Pemerintah

Pojok Cyber – Pada hari Selasa (15/12/2015), Kementerian Komunikasi dan Informatika, secara resmi telah memberlakukan peraturan yang baru untuk registrasi kartu perdana prabayar, bagi pembeli.

Jika pada resgistrasi nomor prabayar sebelumnya dilakukan oleh pembeli sendiri, maka mernurut pertauran yang baru, mekanisme registrasi nomor prabayar, harus dilakukan oleh penjual kartu pada saat melakukan transaksi.
Banner berisi infografis tata cara melakukan registrasi kartu SIM prabayar di Kementerian Komunikasi dan Informatika
Banner berisi infografis tata cara melakukan registrasi kartu SIM prabayar di Kementerian Komunikasi dan Informatika


Dalam hal ini, data pelanggan yang membeli nomor prabayar tersebut tidak disimpan oleh penjual kartu prabayar, tetapi disimpan oleh operator seluler yang mengeluarkan SIM card bersangkutan.

Lebih lengkapnya, berikut mekanisme dalam melakukan registrasi SIM card prabayar menurut aturan pemerintah yang baru:

1.    Pelanggan atau calon pembeli kartu prabayar diwajibkan membawa kartu identitas resmi yang masih berlaku, bisa berupa SIM/Paspor/KTP/ Kartu Pelajar, dan kartu identitas lainnya yang sah di Indonesia.

2.    Registrasi kartu perdana tersebut akan dilakukan oleh penjual kartu SIM yang telah mendapatkan identitas resmi dari operator sebagai penjual.

3.    Di sini, pelanggan wajib menunjukkan tanda pengenal asli, kemudian penjual akan mendata nomor identitas, nama lengkap, tempat tanggal lahir, serta alamat sesuai identitas.

4.    Kartu SIM perdana prabayar akan diaktifkan penjual dan nomor bisa mulai dipakai.

Kewajiban registrasi kartu perdana ini sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 23/Kemenkominfo/10/2005.

Pendataan yang lebih terverifikasi seperti di atas, menurut Ketua BRTI Kalamullah Ramli, akan berguna untuk mencegah penyalahgunaan penggunaan nomor prabayar, seperti SMS spam dan pencegahan tindak pidana.

"Penjual dan pembeli sekarang ada identitasnya, sehingga bisa kita ketahui sampai ke ujungnya kalau ada tindak pidana," ujar Ramli di kantor Kemenkominfo, Selasa (15/12/2015).


Sumber: Kompas Tekno