Info Teknologi Terkini, Google Rombak Jejaring Sosial Google Plus (Google+)

Pojok Cyber – Dalam hal layanan mesin pencari, Google memang telah manjadi raja dan sekaligus raksasa di dunia ini. Tetapi, sepertinya Google terseok-seok dalam hal jejaring sosial, dimana Google kesulitan untuk bisa bersaing dominasi layanan yang telah mapan sebelumnya, yaitu Twitter dan Facebook.
Tampilan Google Plus pada iOS, Web dan Android
Tampilan Google Plus pada iOS, Web dan Android


Jangan sebut Google kalau dia menyerah begitu saja apalagi harus pasrah. Layanan jejaring sosial besutan Google yang sempat terkatung-katung, Gplus, akhirnya dirombak.

Ekspektasi yang diharapkan dari perombakan yang dilakukan Google terhadap produk layanan jejaring sosial Gplus-nya adalah agar jejaring sosial Gplus bisa tetap survive dalam memenuhi berbagai kebutuhan sosial masyarakat modern saat ini.

Ada dua fitur baru yang difokuskan oleh tim Google dalam desain baru Gplus, yaitu "Collections" dan "Communities". Hal ini diungkap pada laporan yang disampaikan oleh TrustedReviews yang kemudian dihimpun oleh KompasTekno pada Rabu (18/11/2015) serta dikutip oleh Pojok Cyber (18/11/2015).

Melalui fitur "Communities", Google+ akan menghubungkan yang lalu mengumpulkan orang-orang dengan hobi dan ketertarikan yang sama. Selama ini, fitur "Communities" pada Google+ dianggap merupakan fitur yang paling digandrungi oleh netizen.

Di sisi lain, fitur "Collections" yang baru diluncurkan lima bulan lalu, dianggap pula sebagai daya tarik tersendiri jejaring sosial Google+.

Fitur “Collection” ini memudahkan para pengguna Google+ menghimpun serta mengidentifikasi unggahannya ke dalam beberapa topik tertentu. Sehingga, unggahan tersebut akan tersimpan rapi dan akan mudah pula dicari.

Dari dua fitur Google+ yang diutamakan itu, hal ini mengindikasikan bahwa Google+ akan menjadi jejaring sosial dengan fokus utama pada hobi dan ketertarikan pengguna.

Hal ini kurang lebih sama dengan apa yang telah dikonsep oleh MySpace sebelumnya. Atau hal ini sama juga dengan forum-forum online tentang hobi tertentu yang banyak tersedia di situs-situs internet.

Dalam Blog Google, Eddie Kessler, Director of Streams menuliskan bahwa dengan fokus pada ketertarikan dan hobi, Google+ akan lebih simpel dan mobile-friendly.

Sebagai informasi tambahan, Google mengkliam bahwa desain baru Google+ akan memudahkan para pengguna mobile, baik melalui perangkat Android ataupun iOS.

Disebutkan bahwa para pengguna Google+ akan mendapatkan pengalaman yang sama cepat dan konsisten dalam mengakses Google+ di layar besar maupun layar kecil.


Saat ini, desain baru sudah bisa dijajal melalui perangkat mobile. Sementara untuk versi situsnya, pengguna akan dimintai persetujuan terlebih dahulu lewat email atau notifikasi.



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya