Fakta Unik Teknologi, Di Hari Jomblo, e-Commerce “Alibaba” Raup Rp 193 Triliun

Pojok Cyber - Alibaba, perusahaan e-commerce asal Tiongkok, mengaku bahwa pada momen Singles Day (Hari Jomlo) yang digelar pada tanggal 11 Nopember setiap tahunnya, mereka mencatat transaksi jual-beli yang mencapai angka 91,2 miliar yuan (sekitar Rp 193 triliun).

Dibanding Single Day pada tahun sbelumnya, jumlah penjualan tersebut meningkat sekitar 60. Pada tahun 2014, Market Watch mencatat bahwa penjualan Alibaba waktu itu mencapai angka 57 miliar yuan.
Alibaba.com


Dikutip Pojok Cyber dari KompasTekno dari Reuters, pada hari Kamis (12/11/2015), penyebab dari peningkatan nilai transaksi penjualan tahun 2015 ini adalah dengan adanya penambahan sejumlah rekanan (channel) Alibaba yang beragam.

Walaupun nilai transaksi penjualan yang telah diumumkan oleh Alibaba tersebut belum melalui proses audit, tetapi pihak Alibaba menyampaikan bahwa 68 persen transaksi penjulannya, dari total nilai transaksi 91,2 miliar yuan tersebut, berasal dari perangkat mobile.

Nilai transaksi penjualan Alibaba tersebut ternyata telah mengalahkan gabungan nilai dari event dua belanja online tahunan di Amerika Serikat (AS), yaitu Cyber Monday dan Black Friday.

Pendiri Alibaba, Jack Ma, dalam selebrasi Singles' Day di Beijing mengatakan, bahwa pendapatan event penjualan dari luar China di tahun-tahun mendatang harus lebih dari 50 persen.

Terkait dengan Singles' Day ini, perayaan tersebut awalnya berasal dari peringatan hari "jomblo" (pria/wanita tanpa pasangan) di China.

Tetapi kemudian Alibaba mengubah event tersebut menjadi event belanja online 24 jam nonstop dengan menawarkan diskon besar-besaran pada tahun 2009.

Kini transaksi di Alibaba menjadi salah satu tolak ukur daya beli masyarakat China seiring dengan ekonomi yang melamban di negara tersebut.




Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya