Daftar Aplikasi Terbaik Pembuat Bootable USB (Multiboot USB Creator/Maker) untuk Windows, Linux, Utilitas, Antivirus, Tool Harddisk, dan Lain-lain

Pojok Cyber – Kali ini Pojok Cyber akan berbagi aplikasi atau program atau tool atau utilitas yang fungsi utamanya untuk membuat bootable usb/ISO dari, utamanya, distribusi linux, tetapi juga termasuk di dalamnya bootable usb Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, juga bootable usb/ISO Utilitas Ativirus, Rescue CD, Hirens Boot, Chek Hardisk, Kloning Hardisk, Manajemen Partisi Hardisk, dan masih banyak lagi.
Daftar Multiboot Creator Populer Saat Ini


Aplikasi atau program yang akan diketengahkan pada tulisan ini, tentu saja aplikasi atau program yang sudah jadi. Kita tidak perlu terlalu mahir ini itu dalam hal urusan coding terkait pembuatan bootable usb/ISO dari sebuah distribusi/utilitas/sistem operasi.

Kita harus berterima kasih pada mereka yang telah mengembangkan aplikasi atau proramnya sedemikian rupa, sehingga membantu kita-kita yang ingin membuat bootable usb/ISO dari utilitas/distribusi/sistem operasi yang akan kita pergunakan atau kita instalkan.

Tugas kita hanyalah tinggal menyiapkan file ISO, usb flashdisk, usb miro sd card, hardisk eksternal, CD-DVD atau media lainnya yang diperlukan sesuai kebutuhan kita. Dan kita tinggal mendownload aplikasi pembuat bootable usb/ISO tersebut kemudian kita pergunakan sebagaimana yang kita kehendaki.

Atas semua proses download, penggunaan dan distribusi atau bahkan proses bisnis yang kita lakukan dari aplikasi atau program bootable maker tersebut, kita tidak diminta biaya satu sen pun alias semua gratis full. Terkecuali mungkin biaya yang timbul dari akses internet atau pembelian usb flashdisk/cd/dvd yang kita gunakan.

Baiklah, kita akan langsung ke daftar aplikasi bootable maker tersebut. Bisa jadi daftar ini masih kurang. Tetapi Pojok Cyber mencoa menghadirkan daftar yang benar-benar populer atau banyak digunakan user pada saat ini.

Anda tinggal meilih mana yang paling baik menurut Anda, tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mempergunakan aplikasi pembuat bootable usb/ISO tersebut. Atau mungkin akan tertari untuk mencobanya satu-persatu untuk kemudian Anda mengambil kesimpulan dari eksperimen Anda manakah yang terbaik dari aplikasi pembuat bootable usb/ISO tersebut.

Aplikasi-aplikasi tersebut ada yang bisa membuat multibootable usb atau usb multiboot yang berisi beberapa sistem operasi atau distribusi atau utilitas dalam satu usb (misalnya Windows XP disatukan dengan Windows 7, Window 8 dengan Linux dan Hirens Boot, dll), tetapi ada juga yang hanya bisa mengisikan satu file bootable saja (mislanya hanya untuk Windows 10 saja dan tidak bisa diisi yang lain, dan sebagainya)

Bootable USB Creator Rufus

Rufus merupakan salah satu aplikasi atau tool atau lebih tepatnya, menurut apa yang ditulis pada laman resmi situs pengembangnya, utilitas yang akan membantu siapapun untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti kartu memori, flashdisk, dll.

Rufus Dikembangkan oleh Pete Batard. Penulis sudah pernah membuat bootable usb Windows 10 versi 64 Bit dan telah pula mengintal sitem operasi teranyar dari microsoft tersebut pada salah satu komputer. Semuanya berjalan bagus dan stabil, dan sampai saat ini Windowsnya masih nempel di PC, karena penulis membuat triple bootable Windows 7, 8.1 dan 10 pada satu hardisk.

Multibootable USB Creator UniversalUSB Installer (UUI)

UUI atau Universal Installer USB merupakan salah satu Linux Live USB Creator atau Pembuat USB untuk Linux Live yang memungkinkan kita untuk memilih salah satu atau beberapa pilihan Distribusi Linux untuk dipasangkan atau disikan atau diinstalkan pada USB Flash Drive.

Sebagaimana yang telah dilakukan penulis terhadap Rufus, penulis pun telah melakukan eskperiman atau uji coba membuat bootable usb untuk Windows 8.1, Windows 8, Windows 7 dan Windows XP. Semuanya pernah diujicoba diinstalkan pada banyak komputer dan laptop, dan semuanya berjalan lancar.

MultiBootable USB Creator WinSetupFromUSB

WinSetupFromUSB merupakan aplikasi program atau tool untuk Windows, yang fungsi utamanya untuk membuat sebuah multiboot USB flash disk atau untuk Windows 2000, XP, berbagai versi Linux dan BSD, DOS dan utilitas lainnya.

Untuk WinSetupFromUSB, penulis biasanya membuat dual bootable usb untu Windows XP dengan Windows 7 atau Windows XP dengan Windows 8. Dan uji coba instllasi juga seringkali dilakukan pada laptop atau komputer pasien. Semua berjalan mulus dan lancar.

MultiBootable USB Creator XBoot

XBoot merupakan salah satu program atau aplikasi atau lebih tepatnya utilitas yang mudah untuk digunakan dan berfungsi untuk membuat Multiboot USB/ISO.

Berbeda dengan bootable usb sebelumnya, XBoot ini mendapat perlakuan khusus dari penulis. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat multiboot utilitas dalam satu flashdisk.

Walaupun tidak bisa diisi dengan installer windows (karena memang tidak support), tetapi aplikasi ini malah lebih banyak membantu penulis, mengingat penulis bisa menginstal Windows XP, 7 atau 8 yang sudah lengkap dan mungkin akan memakan waktu berjam-jam, ternyata dengan aplikasi malah bisa mengintal OS lengkap hanya dalam waktu 15 menit atau mungin 30 menit, tergantung spesifikasi PC atau laptop.

Termasuk juga installasi PC yang mungkin bisa memakan waktu 6 jam (belum harus ditungu depan komputernya, aplikasi atau game apalagi yang harus diisntal), bisa diselesaikan dalam waktu 1 atau 2 jam-an (dan tidak perlu ditonkrongin)

MultiBootable USB Creator YUMI

YUMI (Your Universal Multiboot Integrator) merupakan penerus dari. Program ini bisa digunakan untuk membuat USB Multiboot dari Flash Drive yang berisi beberapa sistem operasi, utilitas antivirus, kloning harddisk, alat diagnostik, dan banyak lagi.


Bootable USB Creator Windows7 USB-DVD Download Tool

Maaf…. Belum sempat menulis tentang aplikasi ini……


MultiBootable USB Creator UNetbootin

Mohon maaf belum sempat menulis……….






Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya