Download 10 Software Aplikasi Gratis Terbaik dan Terbaru untuk Manajemen, Partisi, Backup, Recovery dan Cloning Hardisk

Pojok Cyber – sesuai dengan judul yang diketengahkan di atas, kita akan berburu software atau aplikasi atau program atau tool yang berfungsi untuk, secara umum, mengatur atau mengelola (manage) media penyimpanan.
Daftar Program Aplikasi Software untuk Manajemen dan Partisi Hardisk


Media penyimpanan yang dimaskud di sini adalah semua tipe media penyimpanan seperti hardisk, flashdisk dan micro sd card. Kecuali tentu saja pada media penyimpanan yang dibaca oleh optical drive, seperti cd dan dvd atau blue ray.

Fitur utama dari semua aplikasi manajemen hardisk yang dimaksudkan oleh Pojok Cyber, merujuk pada judul di atas, di antaranya meliputi:
1.    Mengelola partisi pada skala penuh.
2.    Memeriksa sektor yang rusak pada hardisk
3.    Merubah huruf drive.
4.    Merubah atau mengkonversi sistem dari GPT ke MBR atau sebaliknya
5.    Dan lain-lain

Kesepuluh software aplikasi gratis untuk manajemen, backup, recovery dan cloning hardisk terbaik tersebut, bisa Anda simak pada uraian di bawah ini:


Active@ Partition Manager

Active @ Partition Manager adalah aplikasi freeware yang bisa membantu Anda untuk mengelola perangkat penyimpanan dan drive logis atau partisi. Anda dapat membuat , menghapus, memformat dan merubah nama partisi pada komputer Anda tanpa harus mematikan sistem operasi.
Download Active@ Partition Manager | via Google Drive


GParted

GParted atau dalam tulisan lengkapnya Gnome Partition Editor merupakan salah satu aplikasi manajemen harddisk dengan tampilan GUI (Graphical User Interface), untuk sistem operasi linux. Sebagaimana program aplikasi software untuk manajemen harddisk lainnya baik di Windows maupun Linux, GPARTED bisa kita gunakan untuk melakukan edit drive, menambah, mengurangi kapasitas partisi atau untuk menghapus partisi harddisk.

GParted tidak bisa langsung dijalankan di Windows. Kita harus memasukkan GParted pada bootable USB atau bootable CD/DVD.
Download GParted | via Official Sites


AOMEI Partition Assistant

AOMEI Partition Assistant Standard merupakan salah aplikasi manajemen partisi disk yang bisa diandalkan. Aplikasi ini memiliki banyak fitur canggih yang memungkinkan Anda untuk sepenuhnya mengendalikan hardisk dan partisi yang ada di dalamnya.
Download AOMEI Partition Assistant | via Google Drive


MiniTool Partition Wizard

MiniTool Partition Wizard Home Edition merupakan salah satu aplikasi manajemen disk yang benar-benar bisa sangat berguna, serta memiliki kekuatan dan tentua sangat mudah digunakan. Minitool Partition Wizard Home Edition ini menyediakan fungsi yang kuat pada manajemen partisi harddisk untuk membantu user mengoptimalkan penggunaan harddisk dan melindungi data di dalamnya.
Download MiniTool Partition Wizard | via Google Drive


Paragon Partition Manager

Paragon Partition Manager menawarkan berbagai fungsi untuk partisi yang fleksibel, optimasi dan mengelola komputer Anda. Tidak peduli apakah Anda restrukturisasi hard drive Anda dan membaginya dalam partisi, mendistribusikan ruang penyimpanan memori bebas , menggunakan beberapa sistem operasi pada PC sekaligus atau ingin bekerja dengan hard disk virtual, Partition Manager menempatkan tool partisi kelas utama dengan fungsi tambahan yang kuat di ujung jari Anda.
Download Paragon Partition Manager x32 | via Google Drive
Download Paragon Partition Manager x64 | via Google Drive


Parted Magic

Parted Magic merupakan salah satu distro Live CD yang didesain untuk tugas manajemen harddisk, di antaranya melakukan pengolahan partisi. Dalam versi ini sejumlah fitur baru ditambahkan dan yang sudah ada ditingkatkan kemampuannya, termasuk sejumlah sistem perbaikan harddisk. Parted Magic kini telah mendukung partisi untuk RAID dan initrd telah diganti dengan initramfs.

Untuk menjalankan aplikasi ini, file ISO yang ada harus di-burning ke media CD atau di-mount ke flashdisk Universal Serial Bus untuk selanjutnya melakukan booting dari perangkat komputer atau laptop pengguna.
Download Parted Magic | via Official Sites


EaseUS Partition Master

EaseUS Partition Master merupakan salah satu alternatif solusi manajemen harddisk dan partisi. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memperpanjang partisi (terutama untuk drive sistem) , mengelola ruang disk dengan mudah, menyelesaikan masalah ruang disk rendah, baik pada MBR dan maupun tabel partisi GUID (GPT) disk.
Download EaseUS Partition Master | via Google Drive


Ranish Partition Manager

Ranish Partition Manager adalah editor freeware untuk perangkat keras partisi disk, alat kloning disk, dan boot manager, yang memberikan tingkat kontrol yang tinggi untuk menciptakan sistem multi-boot. Aplikasi ini tersedia di live cd freeware SystemRescueCd dan Ultimate Boot CD (bukan versi Windows). Aplikasi ini berjalan di bawah MS-DOS, PC DOS, DR-DOS atau FreeDOS.
Download Ranish Partition Manager | via Official Sites


Partition Logic

Partition Logic merupakan salah satu aplikasi manajemen hardisk freeware yang berfungsi untuk mengelola hard disk Anda, membuat, memperluas atau memodifikasi partisi yang ada di dalam harddiks. Aplikasi ini dijlanakan bisa melalui floppy disk atau dari CD atau bootbale usb.
Download Partition Logic | via Official Sites


PartitionGuru

Partition Guru, menurut pengembanga pada laman resmi mereka, diklaim merupakan salah satu alat pemulihan atau recovery data yang sangat baik dan sekaligus juga merupakan program manajemen harddisk dan partisi yang kuat.
Download PartitionGuru | via Google Drive




Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya