10 Aplikasi Terbaik Tuk Recovery / Memulihkan / Mengembalikan Data Hilang Terhapus Terformat pada Hardisk, Flashdisk, Android, Micro SD Card, CD/DVD, dan Lain-lain

Pengantar 10 Aplikasi Terbaik untuk Recovery Data

Sesuai dengan judul postingan di atas, kali ini Pojok Cyber akan berbagi mengenai 10 aplikasi terbaik yang secara khusus berfungsi untuk recovery atau memulihkan atau mengembalikan data media penyimpanan yang hilang karena terhapus, terformat atau karena penyebab lainnya.

Kesepuluh aplikasi terbaik untuk recovery data tersebut, semuanya adalah aplikasi yang berbayar alias tidak gratis. Bisa jadi ada beberapa aplikasi tersebut enyediakan versi gratisnya, tetapi membatasi fitur versi gratis tersebut untuk keperluan mengembalikan data yang hilang terformat atau terhapus.
Beragam Media Penyimpanan (Harddisk, Flashdisk, RAID, Micro SD, POnsel, Tablet, dll)
Beragam Media Penyimpanan (Harddisk, Flashdisk, RAID, Micro SD, POnsel, Tablet, dll)


Pada dasarnya, kesepuluh aplikasi pemulihan data ini, memiliki kemampuan yang sama. Yang membedakan mungkin dalam hal tampilan aplikasi (tentu saja), harga, manajemen pengelolaan folder hasil recovery dan waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan atau mengembalikan data.
EaseUS Data Recovery Wizard, GetDataBack, iCare Data Recovery, MiniTool Power Data Recovery, Namosofts Data Recovery, Ontrack EasyRecovery Enterprise, Remo Recover, R-Studio, Stellar Phoenix Windows Data Recovery, Wondershare Data Recovery
EaseUS Data Recovery Wizard, GetDataBack, iCare Data Recovery, MiniTool Power Data Recovery, Namosofts Data Recovery, Ontrack EasyRecovery Enterprise, Remo Recover, R-Studio, Stellar Phoenix Windows Data Recovery, Wondershare Data Recovery


Siapa yang akan menilai kinerja dan kehandalan dari aplikasi-aplikasi pemuoihan atau recovery data ini? Tentu saja Anda sebagai penggunanya.

Satu hal yang pasti, dalam upaya mencoba untuk mengembalikan data hilang karena terkena virus, terformat, terhapus atau karena sebab lainnya, diperlukan kesabaran yang tinggi. Apalagi jika kapasitas data yang hilang tersebut besar sekali, mencapai 2 Tera Byte (2000 GB) misalnya, sebagaimana yang pernah penulis alami. Jadi.. kesabaran adalah kunci utama, aplikasi apapun yang akan Anda gunakan.

Tulisan ini tidak untuk mencoba mereview atau menilai kehandalan kinerja dari 10 aplikasi terbaik untuk recovery data ini. Pojok Cyber hanya mencoba untuk memberikan informasi kepada para pembaca bahwa ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan data yang hilang.

Kalau untuk review atau penilaian terhadap kinerja masing-masing aplikasi tesebut, mungkin akan diposting pada kesempatan yang lain yang bisa jadi berupa video saja atau disertai dengan ulasan berupa tulisan.

Ingat, aplikasi recovery data ini tidak akan menjamin bisa mengembalikan data Anda secara utuh sampai 100 persen. Apalagi apabila media penyimpanan tersebut mengalami kerusakan secara fisik atau terformat dalam mode full format (bukan quick format), dan lain sebagainya.

Terkecuali Anda memang merupakan teknisi yang handal di bidang pengembalian data dan ditambah dengan adanya alat-alat bantu yang berfungsi untuk semakin memperbesar peluang pengembalian data. Itupun tidak akan menjamin, kalau memang perangkat penyimpanan telah benar-benar rusak secara fisik.

Baiklah, inilah 10 aplikasi yang telah Pojok Cyber kumpulkan dan telah pula diujicoba dalam hal installasi dan kinerjanya dalam mengembalikan data hilang.

Untuk mempelajari lebih jauh tentang masing-masing aplikasi recovery data ini, Anda bisa mengklik Link yang “menempel” pada nama aplikasi tersebut. Sebagiannya telah kami buatkan video tutorial tentang bagaimana cara install aplikasi tersebut dan bagaimana cara memulihkan data yang hilang terformat.

Jangan lupa, klik link pada nama aplikasi untuk informasi lebih lanjut tentang aplikasi tersebut.

Software recovery atau pemulihan data dengan nama Ontack EasyRecovery ini dipasarkan baik untuk para pengguna Windows maupun Mac ®, dengan lisensi per tahun yang terbarukan.

Pengembang software ini memberikan catatan kepada kita yang akan memulihkan data hilang, bahwa agar bisa menjaga file pada drive yang mengalami kehilangan data, sebaiknya semua file yang akan dipulihkan atau direcovery harus disimpan ke media penyimpanan yang lain atau drive lain yang berbeda hurud dalam sistem.

EaseUS Data Recovery Wizard ini, merujuk pada uraian resmi yang ditulis di situs resmi pengembangnya, merupakan salah satu perangkat lunak recovery atau pemulihan atau pengembalian data yang power full, di mana aplikasi ini akan mampu mengembalikan data Anda yang hilang, baik itu pada hardisk komputer, laptop, server, penyimpanan digital seperti flashdiskdan micri sd, serta media penyimpanan lainnya, secara cepat dan dan mudah.

Agar pengembalian data bisa berhasil seratus persen, maka yang perlu Anda lakukan setelah kehilangan data, adalah langsung menghentikan “kegiatan” Anda pada drive atau media penyimpanan yang mengalami musibah kehilangan data.

Klaim dari pengembang perangkat lunak pengembalian data ini menyebutkan bahwa EaseUS Data Recovery Wizard mampu melakukan pemulihan data yang rusak, serta tidak akan membuat data menjadi rusak, karena aplikasi ini secara otomatis melewatkan bagian bad sector (apabila ada) pada media penyimpanan atau drive tersebut sehingga mampu menghindari kerusakan lebih lanjut data Anda.

GetDataBack, seperti yang dirujuk oleh Pojok Cyber dari situs pengembangnya, merupakan perangkat lunak sederhana yang akan mampu menjadi solusi terbaik dalam recovery data. Apalagi, versi terbaru aplikasi ini telah sepenuhnya didesain dan ditulis ulang untuk file sistem Windows. Pengembang perusahaan pembuat GetDataBack ini telah mengombinasikan pengalaman selama puluhan tahun dalam hal pemulihan atau recovery data dengan teknologi terbaru saat ini.

Pengembang software ini mengklaim bahwa dengan interface atau antarmuka yang bersih dan sederhana dari GetDataBack, hal tersebut akan semakin mempermudah pengguna untuk mengembalikan data yang hilang dalam waktu yang singkat.

Tingkat keberhasilan pengembalian data tersebut diklaim mencapai angka 99 persen.

iCare Data Recovery ini merupakan salah satu peragkat lunak pemuihan data yang diklaim mampu mengembalikan data dari perangkat penyimpanan pada umumnya, file yang terhapus dan telah dikosongkan di recycle bin, serangan virus, partisi yang rusak, atau file yang hilang tanpa diketahui penyebabnya.

MiniTool Power Data diketahui merupakan salah satu yang terbaik dan populer di kalangan pengguna dalam hal mengembalikan atau memulihkan data yang hilang baik terhapus, terformat atau hilang tanpa diketahui penyebabnya.

Pengembang software pemulihan data MiniTool Power Data Recovery ini pun menyedaiakan versi gratis dengan kammampuan yang diklaim terbaik dalam mengembalikan data hilang pada semua perangkat penyimpanan, termasuk untuk server. Dengan tiga langkah saja, pengguna bisa memulihkan data yang hilang, dihapus, diformat, data yang rusak atau corrupt, secara mudah dan aman.

RStudio merupakan software pemulihan data dengan satu set perangklat atau tool terpadu yang dirancang untuk membantu pengguna agar menjadi lebih produktif dalam bekerja, utamanya mengembalikan atau memulihkan data. Termasuk dalam perangkat terpadu ini yaitu konsol, sintaks-penyorotan editor yang mendukung eksekusi kode langsung, serta alat-alat untuk merencanakan, histori, debugging dan manajemen kerja.

Dengan R-Studio inipun, pengguna bisa menjalankan software tersebut pada server Linux yang memungkinkan pengguna mengakses R-Studio adalam jarak jauh dengan menggunakan browser web.

Namosofts Data Recovery merupakan perangkat lunak pemulihan data yang berbasis windows, dimana software ini dirancang khusus untuk mengembalikan data dari media penyimpanan yang rusak, tergores, diformat, terinfeksi virus, atau cakram rusak dan media digital.

Sayang sekali, pada saat akan diuji kehandalan kinerjanya, aplikasi ini mengalami "crash" pada proses pemindaian micro sd yang sengaja diformat.

Pengembang Namosoft Data Recovery mengklaim bahwa perangkat lunak buatan mereka akan memudahkan para pengguna untuk mengembalikan file atau folder yang dihapus.

Software inipun sudah mendukung pengembalian data dari media digital, recovery data yang hilang atau dihapus, dokumen kantor, gambar, email, audio, musik serta video dari removable disk, disk USB, kamera digital dan telepon, kartu memori, dll.

Satu lagi perangkat lunak pemulihan data terbaik yang Pojok Cyber ketengahkan, Remo Recover.

Katakanlah selamat tinggal (Good Bye) untuk semua masalah pemulihan data yang tidak berhasil. Demikian salah satu pernytaan pengembang software ini di situsnya. Meraka mengkliam bahwa Remo Recover mampu mengambil data yang hilang, dihapus dan hilang dari komputer, laptop dan drive penyimpanan lainnya.

Software ini diklaim sebagai terbaik di kelasnya dan menawarkan cara yang aman mengembalikan data. Aplikasi ini dikliam benar-benar bebas dari program berbahaya seperti virus, spyware, malware, dll.

Remo Recover ini, tersedia untuk tiga sistem operasi yang berbeda, yaitu Windows, Mac dan Android.

Stellar Phoenix Windows Data Recovery

Stellar Phoenix Windows Data Recovery kini menjadi software pemulihan data yang lebih bagus dan mahir dengan interface atau antarmuka serta kemampuan pemulihan yang baru dan lebih baik.

Pengembang jua mengklaim bahwa Stellar Phoenix Windows Data Recovery ini memiliki fitur yang luar biasa, seperti pemulihan Email, pemulihan secara remote, pemulihan RAID 0, 5, 6, dan pemulihan data pada umumnya.


Wondershare Data Recovery

Wondershare Data Recovery, salah satu perangkat lunak pemulihan data terbaik. Software ini dikliam mamou mengembalikan atau memulihkan data yang hilang secara aman dan efektif, mampu mengambil kembali video yang hilang, foto, musik, dokumen, email, dll dari perangkat penyimpanan hard drive PC, laptop atau dari drive USB, hard drive eksternal, dan perangkat penyimpanan lainnya.



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya