Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri dengan Mudah Tanpa Coding yang Ribet

Pengantar

PojokCyber.com – Apa yang ada di benak kita pada saat mendengar kata “membuat aplikasi”? Pasti terbayang kerumitan dari baris-baris kode yang dalam bahasa kerennya “coding” yang harus kita rangkai sedemikian sehingga apa yang kita harapkan dari aplikasi yang kita buat berjalan sesuai dengan tujuan awal kita “mengkhayalkannya”.

Tapi.... tunggu dulu teman, ternyata untuk membuat aplikasi itu tidak serumit yang kita bayangkan. Contohnya bagi Anda yang kebetulan memiliki situs atau blog dan ingin membuat aplikasi sederhana dari situs atau blogs tersebut untuk dipasangkan pada perangkat ponsel cerdas atau tablet android, maka kita bisa meminta bantuan pada salah satu situs yang memberikan akses gratis bagi siapapun para pemilik blog atau situs untuk mewujudkan impian mereka memiliki aplikasi yang diharapkan semakin menaikan level situs atau blognya ke tingkat yang lebih “keren”.

Nah.... di sini PojokCyber.com membuka rahasia yang sudah umum tetapi mungkin baru diketahui oleh beberapa orang saja bagaimana kita dengan mudahnya membuat sebuah aplikasi “keren” untuk situs atau blog kita.

Ternyata, dengan “meminta” bantuan kepada Appsgeyser, kita bisa mewujudkan impian menaikkan level “keren” kita sebagai pemilik situs atau blog, yang mungkin keinginan dinilai keren tersebut dirasa masih mustahil, menjadi kenyataan.

Sebagai informasi, Appsgeyser merupakan layanan online yang tidak berbayar alias gratis yang menyediakan fasilitas kepada kita para pemilik blog atau situs (sebenarnya bukan itu saja) untuk membuat Aplikasi Android, lebih tepatnya launcher untuk situs kita.

Nah... jika aplikasi launcher untuk situs kita tersebut sudah jadi, nanti teman-teman Anda akan bilang.... wah hebat, dulu masih belajar bikin blog/situs.... eh... sekarang sudah bisa bikin aplikasi untuk situs kamu. Keren boss.....

Apalagi kalau aplikasi “buatan kita” tersebut nongol di Google Playstore atau Amazone Appstore, setelah sebelumnya kita submit ke situs tersebut. (Catatan, untuk mensubmit aplikasi kita ke Google Playstore, harus menyediakan dana $25 yang dibayarkan melalui kartu kredit)

Jangan beritahu kepada teman atau orang lain bahwa Anda membuat aplikasi tersebut hanya bermodal akses internet, kemudian punya akun di situs AppsGeyser dan tentu saja bisa membaca untuk mengikuti petunjuk atau tahapan yang sangat mudah sampai aplikasi tersebut jadi.


Persiapan Alat dan Bahan

Baiklah, kita cukupkan pengantarnya. Apa yang harus kita persiapkan untuk membuat Aplikasi Android (Launcher) untuk situs atau blog kita adalah:
1.    Komputer atau Laptop
2.    Akses internet
3.    Akun email atau bisa dengan akun Facebook saja agar tidak ribet.
4.    Logo situs dengan ukuran 512 x 512 (persegi) dalam format jpeg atau png. (Untuk yang bentuknya bukan persegi, misalnya bulat, sebaiknya logo dalam format png, setelah sebelumnya bagian kosong di pinggir (biasanya akan berwarna putih jika formatnya jpeg), dihilangkan dengan aplikasi photoshop.


Proses Pembuatan Aplikasi Android (Launcher) untuk Situs atau Blog

2.    Langkah selanjutnya, mengisi APP Setting.
Isi dengan URL blog atau websites kita
Contoh: www.pojokcyber.com - Next
3.    APP Name, diisi dengan nama aplikasi (brand)
Contoh: PojokCyber.com - Next
4.    Description dibiarkan saja - Next
5.    Icon, gunakan logo situs kita.
Upload file logo brand situs kita berformat PNG atau JPEG.
Next
6.    Tinggal Click APP... dan aplikasi kita sudah jadi.
7.    Selanjutnya kita diminta mengisi data untuk pembuatan akun di AppsGeyser. Kalau pada saat bersamaan Anda login ke akun Facebook Anda, gunakan saja akun Facebook tersebut untuk membuat akun di situs AppsGeyser. Jika tidak memiliki akun Facebook (atau ogah), siapkan saja nama dan alamat email yang berlaku.
8.    Setelah selesai, akan langsung masuk ke halaman baru yang memperlihatkan aplikasi buatan kita telah selesai.
9.    Untuk mendapatkan file apk-nya, tinggal didownload saja.

10. Selesai dan silahkan unduh file APK dari aplikasi Anda melalui link yang tersedia di sana.

Video Tutorial Pembuatan Aplikasi Android (Launcher) untuk Situs atau Blog



Download dan Test Aplikasi Android (apk) Situs PojokCyber.com pada Bluestack




Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya