Info Teknologi Terbaru, Gmail Permudah Blokir Email dari “Pengganggu”

Pojok Cyber – Di usianya yang telah genap mencapai “masa remaja”, 17 tahun, salah satu produk google, gmail telah diperbarui dengan tambahan fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna gmail untuk memblokir alamat e-mail tertentu.
Pengguna Gmail kini bisa memblokir alamat email yang dianggap sebagai pengganggu (Kompas - Google)
Pengguna Gmail kini bisa memblokir alamat email yang dianggap sebagai pengganggu (Kompas - Google)


Cara untuk memblokir surat elektonik dari alamat email “pengganggu” tersebut pun ternyata tidak sulit alias tidak susah alias sangat mudah sekali.

Pemblokiran ini bisa dilakukan oleh pengguna baik melalui web ataupun melalui aplikasi yang terkait (aplikasi gmail).

Khusus untuk pengguna yang membuka email melalui web, fitur pemblokir yang ditambahkan pada gmail tersebut, sebagaimana dilansir oleh Pojok Cyber dengan mengutip dari KompasTekno yang bersumber dari The Next Web, Rabu (23/9/2015), sudah bisa dicoba oleh pengguna pada hari Rabu tanggal 23 September 2015.

Sedangkan pembokiran yang dilakukan melalui aplikasi gmail, baru akan diluncurkan oleh google, sepekan ke depan setelah tanggal tersebut.

Dengan memanfaatkan fitur pemblokiran tersebut pada sebuah alamat email, maka secara otomatis semua surat elektronik atau pesan yang dikirimkan oleh alamat email tersebut kepada pengguna, akan masuk ke dalam folder spam.

Dengan demikian, fitur tersebut tidak secara otomatis menghapus e-mail “pengganggu’ yang dikirimkan ke alamat pengguna.

Jika Anda mungkin tertarik untuk membacanya, masih bisa “mengintip” isi pesan surat elektronik tersebut di dalam folder spam. Dan jika memutuskan untuk menghapus emal itu, maka Anda bisa menghapusnya secara manual.

Jika kemudian Anda berubah pikiran karena isi dari pesan elektronik tersebut bermanfaat bagi Anda, maka alamat email yang telah Anda blokir bisa dibatalkan.

Cara membatalkan pmblokiran tersebut, cukup dengan masuk ke menu pengaturan dan Anda bisa membatalkan pemblokiran dari menu pengaturan itu.

Fitur pemblokiran yang ditambakan oleh google tersebut memang tidak mencegah e-mail “pengganggu” masuk ke dalam kotak surat pengguna.

Tetapi dengan fitur baru itu bisa dikatakan akan mempermudah pengguna karena tidak harus mengatur filter khusus untuk melakukan pemblokiran pesan atau surat elektronik dari alamat email pengganggu tersebut.

Tambahan berkaitan dengan fitur baru gmail ini, para pengguna aplikasi Gmail pada ponsel atau tablet Android, bisa juga berhenti berlangganan mailing list (milis) tertentu, langsung di dalam aplikasi.

Contohnya, jika Anda menemukan atau menganggap e-mail tawaran belanja mulai menghujani kotak surat Anda.


Sumber: Kompas

Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak