Mengatasi Perubahan Domain dari blogspot.com ke blogspot.co.id

Pengantar

Terhitung sejak tanggal 2 atau 3 September 2015, para blogger yang bermain di ranah gratisan blogspot.com mungkin dikejutkan dengan adanya perubahan domain yang tadinya blogspot.com menjadi blogspot.co.id.

Jika perubahan tersebut tidak berdampak siginifikan mungkin hal itu tidak menjadi masalah. Ternyata perubahan tersebut berdampak sekali pada sebagian besar blogger. Diantara dampak yang terlihat dari perubahan tersebut adalah:
1.    Terjadi perubahan posisi SERP
2.    Adanya beberapa backlink yag mati
3.    Alexa Rank yang bertambah membesar
4.    Iklan AdSense yang tidak muncul
5.    Dan beberapa dampak lainnya

Solusi Ketidakmunculan Iklan Google AdSense

Dari beberapa dampak yang muncul di atas, penulis hanya ingin berbagi pengalaman terkait permasalahan iklan Google AdSense yang kemudian tidak muncul.

Solusi atas ketidakmunculan iklan Google AdSense tersebut pada domian blogspot.co.id, ada dua saran yang bisa kita jadikan rujukan mengatasi masalah tersebut.

Rujukan yang merupakan saran dari salah satu staf Google Adsense tersebut melalui email adalah sebagai berikut:

Untuk menjawab pertanyaan Anda mengenai adanya pemindahan domain dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id, ada dua hal yang dapat saya sarankan:
1.    Anda dapat melakukan redirect dari blogspot.co.id Anda ke blogspot.com. Ini tidak melanggar ketentuan, karena website tersebut adalah milik Anda.
2.    Anda dapat membaca keterangan lebih lanjuntnya di https://productforums.google.com/forum/#!topic/adsense/sssU6N9TLPE  dan melakukan otorasi untuk website blogspot.co.id Anda mengitu cara yang ada di https://support.google.com/adsense/answer/2534771?hl=id&ref_topic=2811251&rd=1.

Inilah saran yang kemudian penulis terapkan terkait dengan tidak munculnya iklan Google AdSense pada domain blogspot.co.id.

Saran yang paling mudah, paling cepat dan paling mungkin penulis lakukan adalah dengan melakukan redirect dari blogspot.co.id ke blogspot.com.

Cara untuk melakukan redirect tersebut sangat mudah sekali.
1.    Masuk ke akun blogger
2.    Pilih Menu Template lalu Klik Edit HTML
Pilih Menu Template lalu Klik Edit HTML

3.    Cari Kode <head>
4.    Letakkan kode beriktu ini di bawah kode <head>
<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>

Letakkan kode beriktu ini di bawah kode <head>


Selesai sudah. Case Close. 

2 Comments

  1. sekarang udah balik lagi ke .com kayanya, gak tau apa bakal jadi .co.id lagi apa engga

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Formulir Kontak