Kode-kode Rahasia pada Gadget Android

Pojok Cyber – Setiap pabrikan gadget, baik itu ponsel, tablet atau phablet, umumnya telah menanamkan berbagai kode atau menu rahasia. Menu atau kode rahasia tersebut, biasanya ditujukan bagi para pengembang aplikasi dan game atau siapapun yang hobi dan paham mengutak-atik gadget.

Sebenarnya, bagi kita yang awampun, untuk mengakses beberapa hal yang disembunyikan oleh produsen gadget tidaklah sulit, dengan catatan kita mengetahui kode-kode apa saja yang harus kita ketik pada tablet atau ponsel kita.
Ilustrasi Phone Info (Yoga Hastyadi Widiartanto/Nextren.com)
Ilustrasi Phone Info (Yoga Hastyadi Widiartanto-Nextren.com)


Penulis sangat menyarankan, dengan telah mengetahui kode-kode tersebut, Anda hanya perlu mengaksesnya saja dan lalu perhatikan apa yang muncul pada layar ponsel Anda. Dan sangat tidak disarankan melakukan perubahan settingan apapun pada gadget Anda.

Masalahnya jika kemudian terjadi kasalahan perubahan pada setting yang terdapat di dalam menu rahasia itu, akibatnya sangat fatal. Gadget Anda mungkin saja menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan bahkan mungkin harus ditangai oleh teknisi terlatih untuk diperbaiki.

Kecuali Anda lakukan hal itu dengan resiko Anda sendiri tanpa rasa takut dengan apa yang terjadi pada gadget Anda, maka itu pilihan terbaik bagi Anda untuk mengambil pengalaman dari eksperiman yang Anda lakukan terhadap gadget milik sendiri.

Untuk masuk ke menu tersembunyi, cukup ketikkan kode *#*#4636#*#* dalam mode dial nomor telepon.

Umumnya, pada menu tersebut, ada empat sub-menu yang terdiri dari Phone Information, Battery Information, Usage Statistic, dan Wi-Fi Information.

Dalam Phone Information, terdapat informasi IMEI atau nomor international mobile station equipment identity, pengeturan preferensi jaringan, jaringan yang sedang digunakan saat ini, dan lain-lain.

Pada Battery Information, ada informasi seputar suhu, voltase dan kesehatan baterai.

Menu Wi-Fi Information bisa digunakan untuk melakukan Ping serta menghidupkan atau mematikan jaringan tertentu.

Sedangkan, Usage Information berisi informasi tentang aplikasi terakhir yang digunakan oleh gadhet serta keterangan tentang sudah berapa lama gadget tersebut digunakan.

Kode *#*#4636#*#* sebenarnya bisa digunakan pada berbagai jenis ponsel cerdas Android. Tetapi, kenyatannya, ketika dicoba pada ponsel cerdas tertentu, kode tersebut tidak berfungsi. Bisa juga, kode tersebut tidak menampilkan semua menu.

Yang perlu Anda perhatikan pada saat mengakses menu-menu rahasia tersebut adalah kehati-hatian. Jangan sampai karena semangat 45 yang menggebu, lalu Anda secara sembarangan merubah setting bawaan gadget Anda, karena hal ini bisa berakibat fatal.

Salah satu contohnya, jika Anda mungkin tidak sengaja memilih turn off phone radio, amaka bisa dipastikan gadget Anda tidak akan bisa digunakan untuk melakukan pangilan telepon, SMS atau mengakses internet, terkeculai dinyalakan kembali.

Selain kode yang telah ditulis di atas, ada beberapa kode yang mungkin menarik untuk Anda ujicobakan pada gadget Anda (resiko ditanggung penumpang dan jangan salahkan postingan ini):

*#*#7780#*#*
Factory reset (mengembalikan settingan gadget ke bawaan pabrik, menghapus aplikasi dan data aplikasi dan, tetapi tidak menghapus firmware).

*#*#1234#*#*
Menunjukkan info firmware dan PDA milik gadget.

*2767*3855#
Menghapus semua data di ponsel, termasuk firmware (hati-hati Boss dengan kode ini).


*#*#1472365#*#*
Menguji GPS.

*#06#
Menunjukkan kode IMEI.

*#*#273283*255*663282*#*#*
Back up semua video dan foto.


Sumber: Nextren via Kompas



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya