Fakta Unik, Sebarkan Tulisan “Negara Sedang Krisis”, 197 Penduduk China Ditangkap

Pojok Cyber – Sedikitnya 197 orang ditangkap oleh pihak kepolisian China terkait dengan berbagai tulisan atau berita yang menyebarkan apa yang mereka sebut dengan "rumor" secara online di blog, jejaring sosial ataupun situs web.

Seperti juga apa yang di alami oleh Indonesia saat ini, kondisi perekonomian di China sedang mengalami kelesuan dan penurunan. Banyak jurnalis dan pengamat yang mem-posting berita seputar kondisi ekonomi China melalui jejaring sosial dan blog.
Ilustrasi Internet Cafe di China (Sumber: scmp.com)
Ilustrasi Internet Cafe di China (Sumber: scmp.com)


Apa yang dilakukan oleh para jurnalis, pengamat dan blogger itu tampaknya membuat pemerintah China resah. Dikutip oleh Pojok Cyber dari KompasTekno yang bersumber dari Mashable, Senin (31/8/2015), kantor berita Xinhua mengatakan bahwa Kementerian Keamanan Umum menutup 165 akun karena dianggap melanggar peraturan.

Pemerintah China menganggap beragam postingan di jejaring sosial dan berbagai blog tersebut menimbulkan salah epngertian, kepanikan, dan bahkan diklaim menimbulkan kekacauan masyarakat atau pasar saham.

Pihak berweang di China, selain melakukan tindakan penghapusan akun-akun jejaring sosial, juga melancarkan sweeping terhadap para jurnalis. Karena tulisan-tulisannya tentang kekacauan pasar saham China, para jurnalis majalah setempat ditahan pihak kepolisian.

Menurut laporan, jurnalis tersebut dipaksa untuk mengakui telah menyebarkan informasi palsu yang hanya berdasar pada rumor dan membuat kesimpulan pribadi dalam tulisannya itu.

Kondisi di China menjadi cerminan betapa pemerintah setempat telah mengintervensi cara berpendapat melalui media online, baik blog maupun di jejaring sosial.

Berbeda dengan apa yang terjadi di Indonesia, kritik terhadap pemerintah banyak dijumpai melalui blog-blog, media online, maupun jejaring sosial, yang hingga kini pemerintah belum terlalu jauh mencampuri.


Sumber: Mashable via Kompas



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya