Cara Mempercepat Koneksi Internet pada Tablet dan HP Android

Pojok Cyber Ksm – Semakin berkembangnya teknologi mobile saat ini membawa konsekuensi pada semakin banyaknya orang yang mengakses internet, baik sebagai sarana untuk menambah ilmu dan pengetahuan, memperluas jangakaun sayap bisnis, berbagi wawasan dan pengalaman, atau untuk sekadar mencari informasi dan hiburan.

Tentunya pembaca sepakat bahwa dengan perkembangan iptek yang cepat dan membawa konsekuanesi seperti dikemukakan di atas, maka setiap kita yang haus akses internet, mendambakan koneksi jaringan internet yang, walaupun bukan super cepat, minimal tidak sangat lambat.
Ilustrasi gambar seberapa kecepatan internet pada perangkat android
Ilustrasi gambar seberapa kecepatan internet pada perangkat android


Di Indonesia sendiri, koneksi internet masih belum merata baik dilihat dari ketersediaan akses ataupun kecepatannya, walaupun sebenarnya perkembangan teknologi jaringan di Indonesia pun sebenarnya sudah sampai pada tingkatan 4G.

Ketidakmeraatan tersebut patut kita maklumi, mengingat belum meratanya infrastruktur yang ada di Indonesia.

Kembali ke judul postingan, terkait dengan kecepatan akses internet pada perangkat mobile android baik itu smartphone atau ponsel cerdas maupun tablet, kita harus pahami dulu bahwa kecepatan internet dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya teknologi jaringan yang disediakan oleh provider di sekitar kita dan suku cadang atau perangkat yang dibenamkan dalam gadget android kita, dan lain sebagaianya.

Untuk itu, kita mungkin bisa sedikit meningkatkan kecepatan akses data internet pada HP dan tablet android kita, dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.   

Pilih Operator Seluler Tebaik
Ini adalah keharusan. Setiap opeator seluler (ISP) pasti berlomba-lomba untuk meningkatkan layanannya kepada para pelanggan, agar bisa mempertahankan pelanggan lama dan bahkan menarik pelanggan baru.

Bagi kita, jika ingin kecepatan internet pada perangkat android kita cepat, maka kita akan memilih kartu seluler dari ISP dengan jaringan yang sangat bagus dan stabil di tempat kita berdomisili. Kita pun akan memilih operator yang menyediakan teknologi jaringan tercepat yang ada di tempat kita.

Teknologi jaringan akses data internet sendiri, dari yang paling lambat ke paling cepat yaitu: GPRS, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G.


Pilih Settingan pada Jaringan Tercepat (Misal WCDMA/3G Only)
Settingan ini tentunya berlaku hanya untuk perangkat android yang perangkat jaringan di dalamnya memang lengkap, misalnya support GPRS, EDGE, 3G, dll. Kalau yang perangkat teknologi jaringannya belum memadai, maka koneksi internet akan tersetting sesuai teknologi jarinngan yang di pasang di dalamnya.

Supaya internet dalam kecepatan paling optimal dan stabil, maka kita harus mensetting jaringan di ponsel atau tablet Android kita dengan settingan tercepat yang disematkan pada android kita. Misalnya kita setting pilihan jaringan hanya “3G Only’ dengan pencarian otomatis.

Dengan settingan seperti itu, maka secara otomatis perangkat android kita akan mencari sinyal atau jaringan yang tercepat yang tersedia di tempat kita berada.

Jika tidak disetting seperti di atas, biasanya perangkat akan secara default memilih jaringan yang lambat, misalnya EDGE atau GPRS, walaupun di tempat tersebut tersedia jaringan yang lebih cepat seperti 3G atau HSDPA.

Untuk merubah settingan ke 3G only, Silahkan masuk ke menu Settings - Wireless & Networks - Mobile Networks - Networks Mode . Setelah itu pilih WCDMA Only.

Jangan Memasang atau Menjalankan Aplikasi Terlalu Banyak
Saran ini tentau akan tergantung kepada perangkat yang kita gunakan. Kalau memang canggih dan spesifikasinya wah, installasi dan penggunaan aplikasi yang banyak mungkin tidak masalah.

Tetapi, untuk perangkat mobile menengah ke bawah, maka pada saat kita mengakses internet, baik itu browsing ataupun membuka facebook misalnya, alangkah baiknya menutup aplikasi yang lainnya agar tidak terlalu banyak RAM yang terpakai yang mengakibatkan manjadi lambatnya kinerja android.

Matikan Fitur Tethering
Fitur tethering merupakan fitur pada perangkat android yang menjadikan perangkat tersebut bisa berfungsi sebagai hotspot. Dimana dengan mengaktifkan tethering hotspot tersebut, otomatis kita berbagi akses internet pada perangkat lain yang terhubung dengan android kita.

Dengan berbagi kecepatan internet tersebut, berarti kita berbagi bandwith, maka maka secara otomatis kecepatan internet akan melambat.

Hapus Cache Secara Rutin
Cache merupakan salah satu fakor yang bisa membuat kinerja perangkat android melambat. Untuk itu, kita sebaiknya menghapus cache secara rutin agar kinerja tablet atau ponsel android kita menjadi ringan yang pada akhirnya akan berimbas pada semakin lancarnya koneksi internet.

Gunakan Browser Android Terbaik
Saran ini cukup penting juga. Jika kita perhatikan di Google Playstore, ada begitu banyak aplikasi browser yang tersedia. Tentunya kita harus memilih browser terbaik yang paling ringa, paling cepat dan paling stabil. Beberapa diantaranya mungkin bisa jadi rujukan, seperti UC Browser, Google Chrome, dan lain-lain.

Demikian sedikit ulasan tentang Cara Mempercepat Koneksi Internet Tablet dan HP Android, semoga bermanfaat.



Sumber: Tekno HP



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya