Tips dan Saran Bagi Mereka yang Ingin Membeli Notebook untuk Keperluan Kuliah

PojokCyber.com – Di Indonesia, bagi mereka yang baru saja lulus dari SMK, SMA ataupun MA, pada Agustus sampai dengan September merupakan waktu yang dinanti-nanti oleh mereka, mengingat pada bulan-bulan tersebut, di semua perguruan tingi di Indonesia, ada penerimaan mahasiswa baru yang sekaligus juga merupakan awal perkuliahan baru bari para mahasiswa.
Ilustrasi Memilih Laptop atau Notebook (Google Image)
Ilustrasi Memilih Laptop atau Notebook (Sumber: Google Image)


Di jaman sudah mencapai banyak kemajuan dalam teknologi, khususnya komputer, notebook dan gadget, untuk mahasiswa baru, kebutuhan akan komputer atau laptop mungkin saat ini telah menjadi sesuatu yang dipenuhi.

Kebutuhan akan perangkat komputer atau laptop tersebut, tentunya dengan tujuan utama agar bisa menunjang berbagai kegiatan di dalam perkuliahan. Apalagi, bisa dipastikan, di masa-masa yang sudah memasuki komputerisasi dalam banyak bidang saat ini, akan banyak sekali sistem perkuliahan dan tugas yang pastinya menuntut mahasiswa perguruan tinggi untuk menggunakan komputer atau laptop.

Jika dirasa tuntutan untuk dapat menggunakan komputer terasa berat bagi para mahasiswa di jaman sekarang ini, maka, alangkah sayangnya dia masuk ke perguruan tinggi. Kalau tuntutan untuk atau harus memiliki komputer atau laptop, baru...... ini yang mungkin akan dirasa berat oleh sebagian mahasiswa.

Faktanya, kemampuan finansial mahasiswa atau orang tua dari mahasiswa tentu berbeda. Nah... di sinilah kita harus bisa ramah sama siapapun. Siapa tahu ada sudara atau bahkan teman yang memiliki rejeki berlebih, mau menghibahkan unit komputer atau laptop bagi mereka yang secara finansial belum memungkinkan untuk membeli unit komputer atau laptop.

Sekarang..... sesuai dengan judul dari artikel ini, pertanyaan yang akan kita ajukan adalah, laptop atau komputer seperti apakah yang paling cocok sebagai pendamping dalam proses perkualiahan?

Berkaitan dengan pertanyaan di atas, pojokcyber.com tentu saja merekomendasikan perangkat komputer yang mobile alias yang bisa di bawa kemana-mana tanpa ribet. Perangkat komputansi yang mobile atau portable atau bisa dibawa-bawa tanpa ribet, yang pojokcyber.com maksudkan, tentu saja adalah Laptop atau Notebook.

Berikut ini saran atau tips yang bisa pojokcyber.com kemukakan dalam memilih laptop atau notebook yang tepat:


1.  Pilih Laptop dengan Spesifikasi yang Sesuai Kebutuhan

Spesifikasi laptop merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus diperhatikan. Spesifikasi dari laptop atau notebook yang disarankan di sini, tentu akan berbeda bagi setiap mahasiswa, yang dalam hal ini akan dipengaruhi oleh kebutuhan perkuliahan sesuai dengan juruan yang diambil.

Bagi Anda yang merupakan mahasiswa teknik atau desain, maka pojokcyber.com menyarankan untuk memilih laptop atau notebook dengan spesifikasi yang tinggi. Hal ini terkait dengan kegiatan perkualiahan yang dipastikan akan banyak menggunakan software atau aplikasi grafis dan analisi yang pastinya membutuhkan notebook atau laptop dengan kinerja yang cepat dan performa yang tinggi serta stabil.

Sedangkan untuk Anda para mahasiswa kuliah di luar jurusan itu atau yang kebutuhan perkuliahannya tidak menuntut terlalu banyak aplikasi berat, maka Anda cukup memilih laptop atau notebook dengan spesifikasi minimalis saja. Cukuplah untuk kegiatan komputasi ringan seperti keperluan pengetikan dan pengolahan data menggunakan aplikasi pengolah kata, browsing internet, dan lain-lain.

Konsekuensi dalam memilih laptop atau notebook yang berdasarkan spesifikasi tersebut tentunya akan berdampak pada masalah harga. Laptop atau notebook baru dengan spesifikasi minimalis, biasanya berharga di kisaran 3.5 juta, sedangkan notebook atau laptop dengan spesifikasi tinggi berkisar di harga 5.5 juta ke atas.


2.  Pilih Laptop atau Notebook yang Ringkas

Desain laptop atau notebook, entah Anda percaya atau tidak, ternyata akan berpengaruh dalam hal menunjang kegiatan perkuliahan Anda.

Agar bisa membawa dan mempergunakan laptop dengan nyaman pada saat perkuliahan, kami sarankan Anda memilih laptop atau notebook yang berdesian ringkas alias simpel.

Atau mungkin Anda tertarik pula untuk memilih laptop atau notebook dengan desain body yang menarik, seperti misalnya, berwarna cerah untuk menarik perhatian saat melakukan presentasi di kelas.


3.  Pilih Laptop atau Notebook yang Layanan Purnajualnya Baik

Dalam membeli barang elektronik, termasuk di dalamnya laptop, kadang ada hal yang terlupakan oleh pembeli, yaitu layanan purnajual atau garansi perangkat.

Jaminan garansi atau layanan purnajual merupakan hal yang harus kita perhatikan juga. Kita tidak bisa menjamin bahwa laptop atau notebook kita selalu siap sedia dan sehat selama masa garansi yang umumnya mencapai 1 tahun atau lebih.

Nah, agar kita bisa tetap tenang dan memastikan laptop atau notebook kita dapat terus bisa diandalkan dalam menunjang kegiatan perkuliahan kita, alangkah bijak dan baiknya Anda memilih laptop atau notebook dengan layanan purnajual yang baik.

Cara yang pojokcyber.com sarankan cukup simpel sekali, yaitu coba Anda perhatikan jangka waktu garansi yang diberikan oleh produsen laptop atau notebook. Mungkin, alangkah baiknya Anda memilik laptop atau notebook dengan masa garansi yang panjang dengan waktu mulai dari 2 tahun sampai dengan 3 tahun.


4.  Pilih Laptop atau Notebook dengan “Pre-installed OS”

Mungkin, sebagian besar laptop atau notebook yang beredar di pasaran saat ini, banyak yang hadir tanpa sistem operasi di dalamnya. Hal ini tentu saja membawa konsekuensi pada pekerjaan lanjutan bagi Anda, yaitu meng-install sistem operasi sendiri.

Dalam hal ini, jika Anda kebetulan bisa melakukan instllasi sendiri sendiri dan memiliki semua installer yang diperlukan, mungkin hal ini tidak menjadi masalah.

Tetapi, apabila Anda belum bisa melakukan installasi sendiri dan tidak mau direpotkan dengan proses instllasi tersebut, tentunya Anda harus memilih laptop atau notebook yang di dalamnya telah terintall sistem operasi dan aplikasi yang dibutuhkan.

Yang perlu Anda pertimbangkan ketika membeli laptop dengan isi yang masih kosong, kemungkinan Anda akan menjumpai beberapa toko atau teknisi yang menawarkan jasa installasi sistem operasi yang murah meriah.

Jika instllasi yang dimaksudkan oleh toko adalah instllasi OS dan aplikasi bajakan, alangkah bijaknya jika Anda menghindari hal itu, karena kemungkinan besar instllasi murah tersebut disinyalir merupakan sistem operasi bajakan.

Menggunakan sistem operasi bajakan, selain melanggar hukum, mungkin juga tidak aman, karena bisa jadi installer OS-nya ternyata tidak bersih dari virus dan malware.

Finally, pilihan Anda di tangan Anda sebagai pembeli.


Sumber: metrotvnews.com



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya