Cara Memperbaiki Ponsel/HP atau Tablet yang Mati Total (Matot) Terendam Air

Pojok Cyber - Tips dan trik atau tutorial berkaitan dengan cara memperbaiki atau mengatasi ponsel atau tablet yang terendam air, sebenarnya sangat mudah sekali. Bahkan pun jika ponsel tersebut mati total karena terendam air.

Tetapi mungkin, hasil dari upaya kita memperbaiki ponsel/tablet yang mati total karena terandam air akan berbeda. Satu hal yang pasti, tutorial atau tips/trik ini untuk mereka yang tablet/ponselnya baru terendam air.

Dan bukannya tablet/ponsel yang terendam air sudah lama yang kemudian, karena penanganan yang tidak tepat (salah), akhirnya mati total (matot) selamanya.

Kunci dari keberhasilan perbaikan ponsel atau tablet yang terendam air adalah kesabaran dan ketelatenan kita. Dan ikuti langkah-langkah penanggulan/perbaikan, sebagaimana yang Pojok Cyber paparkan di bawah.

Berikut cara memperbaiki ponsel atau tablet yang terendam air:
1.    Begitu terendam air, langsung ambil ponsel atau tablet kita dari dalam air.
2.    Tablet/ponsel jangan langsung dihidupkan.
3.    Gunakan lap yang benar-benar kering untuk melap bagian luar dari ponsel/tablet, sampai benar-benar yakin tidak ada air di bagian luar (casing) tablet/ponsel.
4.    Setelah yakin bagian luar ponsel/tablet benar-benar kering, buka ponsel atau tablet dan lepaskan batre, micro sd card dan kartu SIM/seluler yang terpasang.
5.    Pada saat melepaskan komponen tersebut, jangan sampai ada segel yang rusak, karena ini terkait dengan klaim garansi yang mungkin masih bisa diajukan kepada produsen melalui distributor resminya. (JANGAN SAMPAI MERUSAK SEGEL, jika masih ada garansi).
Copot batre, sim card dan micro sd dari ponsel

6.    Selanjutnya keringkan bagian dalam ponsel dengan alat seperti pengering rambut (hair drayer), blower, dll. Pokoknya peralatan pengering yang meniupkan udara panas.
7.    Setelah kita benar-benar yakin bahwa bagian dalam tersebut sudah kering, ponsel/tablet jangan diapa-apakan dulu.
8.    Siapkan plastik klip yang ukurannya muat untuk tablet atau ponsel. Jangan yang terlalu pas.
9.    Siapkan beras kering, ya BERAS KERING, dengan jumlah yang kira-kira bisa menutupi semua bagian ponsel/tablet.
10. Masukkan beras kering ke dalam plastik klip.
11. Selanjutnya masukkan ponse/tablet ke dalam beras yang ada di dalam plastik klip tadi. Ponsel/tablet harus benar-benar tertutupi oleh beras. Intinya, tablet atau ponsel harus benar-benar tertutupi oleh beras karing tadi.

Dalam hal ini ada dua cara, yaitu kita bisa “merendam” ponsel atau tablet dengan komponen (batre dan ponsel) secara terpisah di dalam beras.

Atau kita bisa memasang batre terlebih dahulu pada ponsel dan ponsel/tablet ditutup kembali dengan casing penutup, kemudian “direndam” dengan beras.

Jika kahawatir bagian dalam ponsel kotor, tentunya kita akan memilih “merendam” ponsel dalam beras secara utuh (batre dan casing dipasang kembali)

Jika tidak khawatir kotor, maka kita bisa merendam ponsel secara terpisah. Tetapi tetap dalam satu plastik saja.

12.Kemudian tutup plastik klip tadi.
13.Ini bagian yang membutuhkan kesabaran kita, yaitu biarkan ponsel/tablet tertutupi oleh beras selama 3 hari 3 malam, ya, 3 HARI 3 MALAM.
14.Pada hari ketiga, ambil ponsel/tablet yang kita “rendam” dalam beras tersebut, lalu coba hidupkan. Hemmm..... ternyata berhasil hidup kembali.
15.Semoga berhasil sama ya Gan.
16.Jika tidak berhasil, untuk ponsel/tablet yang masih bergaransi, Anda tinggal mengklaim garansi ke servis center ponsel/tablet. Yang terpenting jangan sampai rusak segel. 



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya