Fakta Unik, Linux Foundation Luncurkan Open Project Mainframe

Di tahun 2015 ini mungkin Anda berpikir bahwa komputer mainframe merupakan sisa-sisa dari era komputasi sebelumnya, tetapi mega mesin ini masih memainkan peran di dalam lembaga-lembaga besar yang berjalan dengan beban kerja intensif.
shutterstock_300344546 (techcrunch.com)
shutterstock_300344546 (techcrunch.com)


Dan seolah-olah untuk membuktikan utilitas yang berkelanjutan, Linux Foundation mengumumkan peluncuran Open Mainframe Proyek, sebuah usaha open source yang ditujukan untuk membantu perusahaan menggunakan komputer mainframe.

Usaha baru tersebut didorong sebagian besarnya oleh IBM, pemasok utama mesin ini. Bahkan, hal itu bukan kebetulan dengan mengumumkan kemitraan dengan Canonical untuk membangun mainframe Linux menjalankan Ubuntu Linux.

Hal ini bisa jadi akan mengejutkan Anda untuk belajar Linux pada komputer mainframe. Penggunaan Linux telah berkembang pada komputer mainframe, komunitas pengguna pun telah dibangun. Proyek ini merupakan respon terhadap permintaan. Demikian penjelasan Jim Zemlin, direktur eksekutif di Linux Foundation dalam sebuah pernyataan.

Idenya adalah bahwa perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam proyek ini dapat bekerja sama, dan mulai membangun satu set alat open source dan teknologi untuk mainframe Linux, sambil membantu mengatasi masalah satu pembangunan umum lain dalam cara yang sama seperti semua proyek open source.

“Open Project Mainframe memberikan pelanggan, vendor dan penyedia layanan satu tempat untuk datang bersama-sama," Ross Mauri, general manager untuk Sistem IBM menjelaskan.

IBM menambah manis proyek ini dengan menyumbangkan 250.000 baris kode mainframe untuk komunitas Linux.

Anggota awal adalah perusahaan yang sudah memiliki komitmen yang mendalam untuk komputasi mainframe, seperti IBM, BMC, CA Technologies dan Marist College, Charles Raja, analis utama di Pund-IT kepada TechCrunch.

Perusahaan yang terlibat, terutama IBM, berharap untuk mendorong penggunaan mainframe lainnya menurunkan biaya dan kompleksitas. “Pertanyaan sebenarnya adalah seberapa efektif kelompok akan menarik secara mendalam anggota yang berminat yang pada awalnya terbatas," kata Raja.

Akhirnya andalan mainframe berharap untuk menarik generasi baru pengembang untuk platform mereka. Untuk membantu membujuk pengguna baru, IBM akan menawarkan akses gratis ke penyimpanan Cloud LinuxOne, alat simulasi mainframe itu dikembangkan untuk menciptakan, pengujian dan uji coba aplikasi mainframe Linux. Hal ini juga memungkinkan pengembang untuk menguji seberapa baik aplikasi mereka bekerja dengan sumber daya terkait seperti aplikasi mobile dan aplikasi hybrid cloud.

Sulit untuk mengatakan bagaimana semua ini akan berjalan, tapi Raja mengatakan dalam skenario kasus terbaik, manfaat nyata dapat memikat pengembang baru Linux untuk platform komputasi tua yang lebih gaya ini.

Apakah upaya ini untuk membangun sebuah komunitas open source memperluas minat mainframe dan penggunaannya, masih harus dilihat, tetapi anggota di dalamnya tentu berharap itulah yang terjadi.

Source:

http://techcrunch.com/2015/08/16/linux-foundation-launches-open-mainframe-project/

Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak