Shalat Istikhoroh, Pengertian dan Tata Cara Beserta Bacaan, Teks Latin, Terjemah dan MP3 Doa-nya from Pojok Cyber DotCom

Pengertian Shalat Istikharah 

Secara istilah diartiken sebagai shalat sunnah yang dikerjakan untuk meminta petunjuk Alloh SWT oleh muslimin atau muslimat yang dihadapkan pada beberapa pilihan penting atas sesuatu hal yang mana ia merasa ragu-ragu untuk memilih atau atau memutuskan hal terbaik baginya dan bagi hidup dan kehidupanya.
Ilustrasi pelaksaan shalat (dibuat oleh: POJOK CYBER)
Ilustrasi pelaksaan shalat (dibuat oleh: POJOK CYBER)

Pilihan yang dimaksudkan misalnya, ketika dia dihadapkan pada pilihan menentukan orang calon istri atau suami, mana yang terbaik untuk rumah tangganya kelak. Contoh lainya ketika dihadapkan pada pilihan kelanjutan pendidikannya ke depan, pilihan karir yang sama-sama potensial atau pilihan-pilihan yang lainnya.

Waktu Pelaksanaan Shalat Sunnah Istikhoroh

Shalat istikharah bisa dilaksanakan kapan saja, sepanjang bukan pada waktu yang tidak diperbolehkan melaksanakan shalat. Tetapi, pelaksanaan shalat ini dianjurkan pada waktu sepertiga malam terakhir, sekitar jam 02:00 sampai dengan jam 04:00 (sebelaum masuk waktu shalat Subuh). Nabi Muhammad SAW sendiri menjelaskan dan menganjurkan kepada umat muslim agar melaksanakan shalat ini jika dihadapkan pada pilihan penting yang memungkin membuat bimbang dalam mengambil keputusan. Malahan shalat istikharah ini disunahkan.

Niat Shalat Sunnah Istikhoroh

Niat shalat ini cukup diucapkan dalam hati dengan bahasa kita sendiri. “Niat shalat istikhoroh dua rakaat menghadap kiblat Sunnah karena Allah”

Niatkanlah semata hanya karena Alloh SWT dengan  khusu dan hati yang ikhlas, serta untuk mengharapkan berkah dan ridho-Nya.

Tata Cara Shalat Sunnah Istikhoroh

Tata cara pengerjaan shalat istikhoroh ini paling sedikit dua rakaat dan jika kita mampu melaksanakannya bisa sampai dua belas rakaat. Setiap dua rakaat satu kali salam.

Untuk bacaan shalat setelah Surat Al-Faatihah sebenarnya kita bebas memilih surat atau ayat al-quran yang kita hafal betul. Tetapi, dianjurkan setelah membaca Surat Al-Fatihah pada rakaat yang pertama, kita membaca Surah Al-Kaafiruun (1 kali).

Kemudian pada rakaat yang kedua, setelah selesai membaca Surat Al-Faatihah, kita dianjurkan untuk membaca 1 Surah Al-Ikhlas (1 kali).

Do’a Shalat Sunnah Istikhoroh

Setelah kita melaksanakan shalat istikhoroh kita panjatkan do’a sebagaimana yang dikemukakan dalam sebuah hadits dari Jabir, ra, sebagai berikut:
 اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

Alloohumma innii astakhiiruka bi'ilmika wa astaqdiruka biqudrotika wa as aluka min fadhlikal 'adzhiimi. Fainnaka taqdiru walaa aqdiru walaa a'lamu wa anta 'al-laamulghuyuubi. Alloohumma inkunta ta'lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wama'aasyii faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baariklii fiihi wa inkunta ta'lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma'aasyii wa 'aaqibati amrii wa 'aajilihi fashrifhu 'annii washrifnii 'anhu waqdurlil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.

Artinya:
"Yaa Allah, aku memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Yaa Allah, seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalam masalah ini. Namun jika Engkau tahu bahwa masalah ini buruk untukku, agamaku dan jalan hidupku, jauhkan aku darinya dan jauhkan masalah itu dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan dimana pun kebaikan itu berada dan ridhailah aku dengan kebaikan itu". (HR: Al-Bukhari)
   
Source:
- http://khususdoa.blogspot.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Shalat_Istikharah




Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya