Antivirus AVG Update Offline dan Online, Mudah dan Jelas dari POJOK CYBER

Pengantar Cara Update Antivirus AVG Offline dan Online

Sesuai dengan judul di atas, postingan ini akan menguraikan cara mengupdate antivirus AVG baik versi berbayar ataupun versi gratis (free). Cara untuk kedua versi tersebut adalah sama persis, baik update secara online maupun secara offline.

Perlunya update antivirus tentu saja untuk mencegah serangan virus atau sejenisnya, yang bisa saja merupakan variant baru dan mungkin tidak akan terdeteksi oleh AVG jika kita belum kita meng-update-nya.

Yang dimaksud update antivirus AVG di sini adalah, kita akan mengupdate “database” dari “virus definition” dan “program definition”. Untuk pengertian dan penjelasam lebih jauh mengenai virus definition dan program definition, pembaca bisa mempelajarinya lebih jauh pada situs resmi AVG di alamat http://www.avg.com/id-id/homepage.

Update AVG Secara Online

Persiapan Update AVG Secara Online

Untuk melakukan update AVG secara online, kita harus mempersiapkan hal-hal berikut:
1.    Sebuah komputer atau laptop yang di dalamnya telah terinntal antivirus AVG.
2.    Antivirus AVG tersebut telah kadaluwarsa dan perlu diupdate.
3.    Koneksi internat yang cukup cepat. Karena jika kita tidak rutin mengupdate AVG secara berkala, misalnya perhari, bisa jadi jadi jika sduah terlalu lama tidak diuapdate, file update pasti besar dan ada kemungkinann gagal selama proses update secara online. Kegagalan ini umunya disebabkan karena kecepatan internet yang lambat. Jadi, agar berhasil kita harus menjatahkan internet dengan kecepatan yang tinggi.

Proses Update AVG Secara Online

1.  Pastikan koneksi internet pada komputer atau laptop kita berjalan lancar dan merupakan koneksi yang cepat dan stabil.
2.    Pada pojok kanan bawah klik/buka tanda panah sampai kita melihat icon dari AVG.
1 - Klik tanda panah di pojok kanan bawah sampai muncuk icon-icon aplikasi termasuk AVG


3. Setelah icon AVG ditemukan, kemudian kanan icon AVG tersebut, maka akan terbuka jendela kecil baru. 
Klik icon AVG akan terbuka jendela baru


4.    Selanjutnya, kita menuju ke menu “update now”. Klik saja, dan biarkan AVG mengupdate sendiri.
Langsung klik update now AVG


5. Jika tidak ada gangguan yang berarti, maka kita akan sukses mengupdate AVG dengan cara online tersebut. 
Update Online AVG berjalan sukses


Jika cara update AVG online di atas tidak berhasil karena kendala koneksi internet yang lambat, ada yang kedua yaiotu secara offline. Penulis selalu berhasil mengupdate AVG secara offline.

Kelebiha lainya mengupdate secara offline adalah kita bisa menyimpan file update offline yang kita download untuk kita updatekan lagi di kompuetr lain tanpa harus selalu online.

Update AVG Secara Offline

Persiapan Update AVG Secara Offline

Agar bisa melakukan update AVG secara offline, maka kita harus mempersiapkan hal-hal berikut:
1.    File dari “virus definition” dan “program definition” AVG. Anda bisa mendapatkan file tersebut langsung di situs resmi AVG, dengan membuka tautan: http://www.avg.com/id-id/download-update. Di sana tersedia file-file yang dibutuhkan untuk digunakan pada saat update offline, yang meliputi file-file: definisi virus, definisi firewall, basis data aplikasi yang aman, BD LinkScanner yang lengkap, modul inti untuk AVG x32 dan x64, dan semua modul yang diperlukan untuk AVG x32 dan x64. Semua file tersebut dalam format bin. Anda tinggal semua file yang dibutuhkan dan jangan merubah file-file tersebut, biarkan saja sebagaimana kita peroleh dari situs resminya.  
2.    Bagi yang sudah memiliki file-file tersebut, kita akan langsung melompat ke cara mengupdate AVG offline. Buka antivirus AVG, baik melalui desktop, program file ataupun systray. 
Tempilan jendela utama antivirus AVG

3.    Setelah jendela utama AVG terbuka, kita lengsung menuju ke menu “Option”.
Pilihan menu option AVG

4.    Selanjutnya, dari menu “option” kita langsung klik “Update from directory”.

5.    Akan terbuka jendela baru. Dari jendela baru ini kita browse atau cari file-file update offline yang telah kita download tersebut. Setelah ditemukan, klik saja OK. Maka AVG akan secara otomatis mengupadte databasenya dari file yang terdapat di dalam folder tersebut. 
AVG update offline cari file 1 AVG update online cari file, ketemu OK


6.    Selanjutnya tugas kita hanya menunggu sampai semua proses selesai.
Progress update AVG offline ataupun online


7. Update AVG offline berhasil dilakukan. 
Update AVg offline berhasil dilakukan



Demikian. Semoga ada manfaatnya.



Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya