Cara Cek Kesehatan dan Kemampuan Baca-Tulis Flashdisk atau Memori Card Menggunakan "Check Flash"

Tentang Check Flash

Check Flash adalah salah satu alat (aplikasi) gratis untuk mengetes kesehatan memori flash (diantaranya UFD dan Micro SD Card, red) yang berjalan pada komputer berbasis Windows, dikembangkan oleh Cherkes Mikhail. Sampai dengan saat tulisan ini diterbitkan, aplikasi ini telah mencapai versi 1.16.1.

Check Flash adalah utilitas kompak yang membantu Anda menguji perangkat memori flash seperti perangkat penyimpanan USB (flashdisk dan micro sd card). Hal ini dapat memberikan Anda informasi mengenai kecepatan yang dicapai oleh perangkat dalam membaca dan menulis saat digunakan. Dan...... ini yang ternyata membahagiakan penulis, setelah proses pengujian baca/tulis bersamaan dengan proses penghapusan secara penuh yang lama, UFD menjadi sehat kembali atau setidaknya error-nya menjadi berkurang.

Warning!!! Berhati-hatilah. Progam ini bisa sangat “berbahaya”. Backup lah terlebih dahulu semua data Anda. Setelah melakukan penghapusan penuh atau melalukan test menulis/membaca atas partisi UFD atau micro SD Card Anda, semua data akan hilang selamanya! Penulis tidak bertanggung jawab atas penggunaan software ini.


Cara Penggunaan Check Flash

Persiapan Awal

Bagi Anda yang tertarik untuk mengujicoba aplikasi ini, maka harus mempersiapkan hal-hal berikut ini:
1.  Anda harus sabar dan teliti. Karena aplikasi ini akan menghapus semua data flash drive Anda. Dan aplikasi ini akan beroperasi dalam waktu yang tidak sebentar, tergantung kualitas flash drive Anda dan koneksi USB. Mungkin akan berjalan sekitar 1,5 jam untuk UFD Generic (Bajakan).
2.  UFD atau Micro SD yang akan kita cek kinerja dan kesehatanya. Pastikan semua data yang ada di dalamnya sudah disalin ke media penyimpanan yang aman.
3.  Port USB pada komputer atau laptop Anda. Pastikan port USB yang dipilih adalah port USB yang bagus koneksinya dan tidak bermasalah.
4.  Untuk mengecek micro SD Card, ada tambahan hardware lain yaitu card reader. Gunakanlah card reader yang berkualitas.
5.   Aplikasi Check Flash yang bisa Anda unduh pada tautan berikut atau di bawah postingan ini. Aplikasi ini tidak perlu diinstallkan, karena portabel. Penulis menguploadnya dalam format file ISO. Gunakanlah aplikasi WinRAR, WinZip atau 7zip untuk mengekstraknya.

Proses Pengujian Baca/Tulis dan Penghapusan Menyeluruh

1.    Buka aplikasi dengan cara klik dua kali atau bisa klik kanan lalu open.
Membuka aplikasi "Check Flash"
Gambar 1 - Buka Aplikasi Check Flash


2.    Terbuka jendela baru. Ada tiga pilihan pengetesan. Perhatikan gambar 2
Tampilan Fitur Aplikasi Check Flash
Gambar 2 - Tampilan Fitur Aplikasi Check Flash


3. Sesuai gambar di atas, aplikasi ini memberikan tiga akses, yaitu: file sementara, sebagai drive logis atau sebagai perangkat fisik untuk melakukan tes baca dan tulis dari flash drive kita.

4. Urutannya, cobalah untuk memilih secara bertahap mulai dari “USE TEMPORARY FILE”, jika aplikasi tidak bisa berjalan karena ada error pada disk, coba akses yang kedua yaitu “AS LOGICAL DRIVE”, dan jika masih tidak beroperasi coba yang ketiga, “AS PHISICAL DEVICE”. Biasanya, jika yang pertama dan kedua tidak mau beroperasi (karena error yang lumayan pada disk), akses yang ketiga bisa berjalan dengan baik [Ini pengalaman penulis].

5.    Tunggu sampai proses pengecekan dan pengujian selesai. Perhatikan gambar 3
Proses pengujian baca/tulis flash drive selesai
Gambar 3 - Proses pengujian baca/tulis flash drive selesai


6.  Setelah proses selesai, UFD atau Micro SD Anda tidak akan langsung bisa digunakan. Karena setelah proses ini, partisi disk menjadi UNLOCATED”. Berarti harus dibuat lagi partisi baru dan sekaligus melakukan format ulang. Untuk membuat kembali partisi UFD/Micro SD, gunakan Minitool Partition Wizard atau tool sejenisnya.

7. Dari pengujian yang kami lakukan, setelah selesai pengecekan dan pengujian kecepatan baca/tulis, kemudian kami lakukan pembuatan partisi baru terhadap disk tersebut, disk menjadi normal ketika dicek kembali. Perhatikan Gambar 4.
Proses pengujian kedua (UFD tidak terlihat Error)
Gambar 4 - Proses pengujian kedua, tampak tidak ada error pada UFD (atau jika ada error, mungkin akan berkurang)


8.    Mungkin pembaca akan memiliki pengalaman yang berbeda. Dan kami tekankan kepada Anda, bahwa semua hal yang Anda lakukan terkait dengan tutorial ini, diluar tanggung jawab kami. Berhati-hatilah.

gunakan WinRAR, WinZip atau 7Zip untuk mengekstrak isi file ISO-nya

Sebagai referensi, berikut kami sertakan video tutorial penggunaan aplikasi “Check Flash” dalam menguji flash drive yang sehat dan yang bermasalah pada salah satu kanal youtube kami.





Related Post:

No comments:

Post a Comment

Mohon maaf apabila ada komentar (baik dari facebook, google plus, dll) yang belum dan bahkan tidak dibalas oleh admin.....

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya