Cara Memasang Widget Kotak Penelusuran pada Blog

Tentang Widget Kotak Penelusuran pada Blog

Kembali, pada jam 20.36 WIB sekarang ini, dengan mengambil tempat di Kp. Leles Desa Kasomalang Kulon Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang, Pojok Cyber Kasomalang, akan berbagi sedikit ilmu dan bahkan teramata sedikit mengenai cara pemasangan widget kotak penelusuran pada blog.

Sebelum melangkah ke teknis bagaimana cara pemasangan widget alat penelusuran ini, ada baiknya kita fahami betul mengenai definisi atau makna dari widget "kotak penelurusan". Untuk pengertian widget sendiri, bisa sahabat rujuk di tautan berikut ini. Sedangkan menganai definisi atau makna "Kotak Penelusuran" yang dimaksud dalam postingan ini, sejauh yang penulis pahami, adalah tool atau alat untuk menelusuri kata atau frase yang berada pada halaman sebuah blog. Widget kotak penelusuran ini merupakan salah satu feature dari blogger.com, untuk memudahkan para pengunjung blog mencari artikel yang diperlukan dengan hanya mengetikkan keyword atau kata kunci pada kotak penelusuran tersebut. 

Dengan demikian, widget ini sangat bermanfaat baik bagi pemilik atau pengelola sebuah blog ataupun bagi para pengunjung blog. Manfaat untuk pemilik atau pengelola blog adalah ia tidak perlu susah payah untuk menulis script dan memasangkannya pada blog. Ia hanya tinggal "menempelkan" saja tool tersebut pada blognya. Sedangkan bagi para pengunjung, tool ini tentu akan sangat membantu mencari artikel yang diperlukan dengan mengetikkan kata atau frasa pada tool tersebut. Jadi pengunjung tidak akan terlalu banyak menghabiskan waktunya dengan "membolak-balik" halaman blog, apalagi jika artikel pada blog tersebut sudah mencapai ratusan bahkan ribuan artikel.

Langkah Pemasangan Widget Kotak Penelusuran

Untuk memasang widget kotak penelusran ini sangat mudah. Kita ikuti langkah-langkahnya secara bertahap.
1. Buka dashborad blogger.com.
2. Buka blog milik kita ayang akan dipasangi widget tersebut
3. Buka "Tata Letak".

4. Klik "Tambah Gadget".

5. Cari Gadget Kotak Penelusruan pada jendela browser yang terbuka.





































6. Isi judul gadget sesuai dengan keinginan kita.




































7. Jika telah selesai mengisi judul dan menceklis yang dibutuhkan, klik simpan.




































8. Kemudian, simpan setelan. 


9. Inilah tampilan dari widget "Kotak Penelusuran" pada blog kita.


10. Langkah selanjutnya kita buka blog kita, dan kita test kinerja "Kotak Penelusuran" tersebut.

Selesai sudah pemasangan widget atau gadget kotak penelusuran pada blog kita. Jika ingin melihat tutorial videonya, bisa dilihat pada tautan berikut ini.
Mudah-mudahan artikel singkat ini ada manfaatnya. Dan semoga saja menambah kinerja blog kita serta membantu pengunjung yang mencari sutau artikel pada blog kita.

Cara Isi Games PS2 ke Hardisk Eksternal atau Flashdisk Secara Mudah dengan USB Utility 2.0


Pojok Cyber - Postingan ini pastinya untuk sahabat-sahabat yang memiliki PS2 yang menggunakan hardisk eksternal atau flashdisk sebagai media penyimpanan gamenya. Jadi untuk PS2 yang menggunakan hardisk internal, berbeda lagi cara pengisian gamenya. Untuk mengisi games PS2 hardisk internal, coba buka tautan:


Perhatian penting. Salin semua data Hardisk Eksternal atau flashdisk Anda ke hardisk komputer. Tidak diformat pun Hardisk atau flashdisk bisa langsung diisi game PS2. Jangan sampai Anda kehilangan data karena tidak membaca semua petunjuk dengan benar. Semua resiko yang terjadi pada hardisk atau flashdisk adalah tanggung jawab Anda.   





Video Tutorial Cara Install atau Isi Game PS2 ke Hardisk Eksternal PS2 atau Flashdisk PS2




Video Tutorial Cara Menyalin atau Meng-copy atau Mengambil Game PS2 dari Hardisk Eksternal PS2 atau Flashdisk ke Hardisk Komputer atau Laptop



Catatan penting:

Sebelum membahas lebih jauh tentang postingan ini, pastikan bahwa:
1.    PS2 sahabat bisa booting atau loading secara baik melalui MC Boot.
2.    Jika belum memiliki MC Boot, coba sabahat membuatnya terlebih dahulu dengan meminta bantuan teman atau atau teknisi PS2 yang berpengalaman.
3.    Jika ingin belajar membuat MC Boot secara mandiri, sahabat bisa mencarinya di mesin telusur google dengan kata kunci cara membuat MC Boot.
4.    Penulis tidak memposting Cara Membuat MC Boot, karena sudah tidak lagi menyediakan PS2 di tempat penulis. Membuat postingan tentunya harus disertai dengan keterangan gambar (photo-photo) dan memang benar-benar telah berhasil dilakukan.

Penulis pernah membuat loader (HDD Loader untuk yang hardisknya dipasang di dalam PS2) dan OPL (untuk yang menggunakan hardisk eksternal atau flashdik). Tapi itu sudah lama sekali sebelum penulis membuat blog atau situs ini. 

Jadi, mohon maaf  mengenai pembuatan loader PS2 ini tidak didokumentasikan untuk bisa diposting di blog ini. Sudah lama sekali, lebih dari 1 tahun ke belakang. Tambahan, penulis sudah tidak lagi berkecimpung mengutak-atik PS2. Harap maklum. 

Sahabat bisa mencari tutorial pembuatan loader PS2 ini (HDD Loader dan Open PS2 Loader [OPL]) pada situs atau blog yang lain. 

Tentang USB Utility
Kita simak terlebih dahulu fitur apa saja yang ada apada USB Utility ini:
1.    Menyalin atau mengambil file game PS2 dari CD/DVD Game PS2 dan merubahnya ke format ISO pada komputer atau laptop kita.
2.    Menyalin atau mengambil file game PS2 dari hardisk atau flashdisk yang sebelumnya sudah diisikan dan merubahnya (ripping) ke format ISO.
3.    Menyalin file game PS2 berformat ISO ke dalam hardisk eksternal atau flashdisk yang akan kita gunakan untuk memainkan game di konsol PS2.
4.    Bisa isi game langsung ke hardisk eksternal atau flashdisk tanpa memformatnya terlabih dahulu.
5.    Dan lain-lain. Silahkan sahabat perhatikan setiap fitur yang ada di dalamnya.

Cara Isi Game PS2 berformat ISO dengan USB Utility
1.    Sebelumnya sahabat harus memiliki file games PS2 di komputer atau notebook dalam format ISO.
2.    Siapkan hardisk eksternal atau flashdisk yang akan diisi game.
3.    Apabila ada data penting pada hardisk atau flashdisknya, sebaiknya dibackup dulu ke hardisk pc.
4.  Siapkan USB Utility, bisa diunduh di sini.
      Tampilan aplikasi tersebut seperti gambar di bawah ini:
Tampilan USBUtil v2.0

5. Buka USBUtil-nya. Untuk mengisi games, dari menu file, pilih create games from ISO.
Create Game from ISO

6. Lalu kita cari games PS2 dengan format ISO yang sebelumnya kita simpan di hardisk PC atau NB.
Browse atau cari game PS2 ISO di komputer/laptop

7.  Setelah games PS2-nya ditemukan, langkah selanjutnya kita browse drive (flashdisk atau hardisk eksternal) kita.


     Setelah kita menentukan drive dari flashdisk atau hardisk eksternalnya, baru kita klik create.
Tentukan letak penyimpanan game di UFD/HDD Eksternalnya

8. Tunggulah hingga pengisian games selesai. Jika telah selesai, klik close.

    Selesai sudah. Gamenya telah berhasil kita tambahkan.
Setelah selesai Klik Close


Proses penyalinan Game PS2

Cek game yang telah disalin ke UFD/HDD Eksternal




Recovery Data yang Rusak Terkena Virus

Data yang kita simpan pada storage apapun, baik berupa file ataupun folder, berpeluang terinfeksi virus. Apalagi jika banyak lalu lintas data ke komputer kita, baik ketika menyalin data dari HP, Flashdisk, Hardisk eksternal atau storage lainnya dari komputer lain, terutama dari rental komputer atau warnet yang tidak dipasangai antivirus yang pro dengan feature mumpuni. Atau infeksi virus ini mungkin disebabkan karena banyaknya lalu lintas data dari internet.

Tampilan Isi Flashdisk yang Terkena Virus atau hal lainya pada Explorer Windows


Lalu bagaimana ketika file-file kita telah terinfeksi oleh virus. Ada banyak cara untuk menanggulangi atau lebih tepatnya mengembalikan data yang telah terinfeksi virus tersebut seperti sedia kala. Bagi mereka yang mahir dalam tingkatan yang sebenarnya, mungkin tidak masalah, karena bisa jadi mereka bisa mengurai infeksi tersebut sampai akhirnya didapatkan file yang dicari.

Nah bagi kita yang masih awam, kita bisa menggunakan tool atau aplikasi-aplikasi yang fungsinya untuk mengembalikan atau memulihkan data yang hilang atau terformat. Aplikasi-aplikasi tersebut akan mampu juga mengambalikan data yang rusak karena virus atau hal lainnya yang tidak kita ketahui peyebabnya.

Beberapa tool yang dikembangkan unutk hal tersebut diatas diantranya GetData Back for FAT v4.30. Aplikasi tersebut didesain atau dibuat untuk merecovery data hilang pada media penyimpanan dengan sytem FAT (termasuk diantaranya: FAT/FAT16/FAT32). Selain untuk yang berformat file system FAT juga ada untuk NTFS, tepatnya adalah GetData Back for NTFS v4.30.

Beberapa aplikasi lainnya dengan fungsi yang sama bisa pembaca dapatkan pada tautan postingan  Best Tools for Recovery Data Part 1 dan Best Tools for Recovery Data Part 2. Tool-tool tersebut mampu mengembalikan data yang "seolah" hilang karena tidak kasat mata saat kita cari di explorer windows. Sebenarnya data tersebut masih ada hanya saja di "supper hidden" yang disebabkan oleh virus.

Alternatif Lain Mengembalikan Data "Hilang" karena Virus dan Terhapus oleh Antivirus

Diantara kasus kehilangan data yang pernah penulis temua adalah adata pada flashdisk yang telah terkena virus. Pada saat flashdisk tersebut dimasukkan ke port USB dengan antivirus yang memadai dan up to date, biasanya secara otomatis semua file yang ada di dalam flashdisk akan hilang, tidak tersisa.

Dan pemilik flashdisk pun "menangis".... A, tolong ya kembalikan datanya....
Tenang aja, hitungan detik juga bisa kembali. Seolah-olah kita jagoan saja. Padahal hanya "memanfaatkan" aplikasi buatan orang lain yang sudah "susah-susah" dibuat tetapi dibagikan secara gratis. Salut kepada yang membuat aplikasi tersebut.

Begini cara kerjanya:
- Biarkan flashdisk bervirus tersebut discan oleh antivirus kepercayaan kita.
- Biarkan antivirus menyikat habis semua virus yang ada di dalamnya
- Biarkan si pemilik flashdisk kelabakan data penting skripsi dan yang lainnya hilang
- Biarkan dia memohon dengan sangat agar datanya kembali muncul
- Biarkan dia memohon sekali lagi.....hihihi

Selanjutnya
- Bukalah Hidden File Tools
- Klik Browse
- Cari drive flashdisk tersebut pada explorer windows lalu klik
- Pastikan itu adalah flashdisk yang datanya sudah terbabat habis oleh antivirus
- Kemudian Klik Search
- Biarkan "Hidden File Tools" bekerja sampai selesai men-scan flashdisk
- Setelah selesai, kita blok atau sorot semua data yang muncul pada jendela Hidden File Tools
- Kemudian klik Apply, biarkan sejenak.......
- Coba tengok kembali flashdisk yang datanya sudah dibabat habis antivirus
- Dan... biarkan sidia berterima kasih habis-habisan
- Habis..... Case Close

Jika belum jelas, coba si Aa dan si Teteh menjenguk video Pojok Cyber di bawah:
Restoring or Recovering Data Infected by Virus

Selebihnya, silahkan diakse juga beberapa video tutorial lainnya berkaitan dengan pengembalian atau pemulihan data.

Untuk mengetahui cara kerja tool tersebut dalam mengembalikan data dari flashdisk, hardisk, micro sd atau storage lainnya yang telah terkena virus, sobat bisa menyimak langkah-langkahnya pada Cara Mengembalikan Data Hilang/Terhapus/Terformat dengan "EaseUS Data Recovery Wizard Profesional". Atau bisa melihat tutorial video Mengembalikan Data yang Rusak Karena Virus atau Hal Lainnya.

Demikian info singkat mengenai cara mengembalikan data dari drive yang terkena virus. Semoga berhasil mengembalikan data yang sebelumnya menghilang begitu saja disebabkan oleh virus atau faktor lainnya.



Tutorial Menginstal Widget Alexa pada Blog Secara Cepat dan Mudah

Pengertian Widget Alexa

Sebelum melangkah jauh pada pembahasan cara installasi widget alexa, kita akan berkenalan terlebih dahulu dengan definisi dari widget alexa. Kita akan membaginya terlebih dahulu pada definisi masing-masing secara terpisah. Merujuk ke "wikipedia inggris", widget atau lebih tepatnya "web widget" adalah aplikasi kecil dengan fungsi terbatas dan dapat diinstal dan dieksekusi oleh pengguna akhir pada halaman suatu website. Widget memiliki peran sebagai aplikasi sementara atau penunjang pada sebuah website, dengan mengambil sebagian tempat pada halaman web, dan berguna dalam hal menampilkan informasi. Informasi yang ditampilkan ini diambil dari pihak ketiga. Contoh informasi yang ditampilan oleh widget ini adalah, kondisi cuaca, widget jam, traffic pengunjung situs, dan lain sebagainya.

Sedangkan alexa atau yang lebih lengkapnya Alexa Internet, Inc merupakan perusahaan dengan basisnya di Amerika, tepatnya California, dengan kegiatan utamanya mengoperasikan website yang menyediakan layanan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Pendiri Alxea adalah Brewster Kahle dan Bruce Gilliat, tepatnya didirikan pada tahun 1996.

Jadi, widget alexa adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Alexa Inc, yang dapat kita install secara gratis pada situs atau blog kita dengan fungsi utama menyediakan informasi agar kita mengetahui traffic pengunjung situs kita sekaligus mengetahui ranking atau kepopuleran situs secara nasional dan secara global.

Menginstall Widget Alexa

Dengan mengetahui fungsi uatama widget alexa seperti yang disampaikan di atas, maka alangkah perlu dan penting bagi para pemilik atau pengelola situs atau blog, untuk menginstal widget alexa tersebut. Langkah yang paling mudah dalam menginstal widget alexa adalah melalui Alexa Toolbar yang sebelumnya harus kita install terlebih dahulu. Bahasan mengenai Alexa Toolbar termasuk cara pemasangannya pada browser bisa Anda baca pada tautan berikut ini.

Selanjutnya kita akan melakukan installasi atau pemasangan widget alexa pada situs atau blog kita. Langkah-langkah pemasangan widet alexa adalah sebagai berikut:
1. Buka halaman situs atau blog kita.
2. Pada alexa toolbar yang telah kita pasang sebelumnya, klik informasi ranking situs atau blog kita.
Klik informasi ranking pada alexa toolbar

3. Secara otomatisakan terbuka jendela baru pada browser yang menampilkan halaman situs alexa.
    Kita langsung saja mengklik get widget.
Klik Get Widget


4. Selanjutnya akan terbuka jendela baru pada browser seperti gambar di bawah.
    Kita hanya tinggal klik Build Widget.
Klik Build Widget


5. Kemudian akan muncul script yang berisi informasi ranking atau kepopuleran situs atau blog kita.
    Ada beberapa pilihan dengan panjang dan lebar berbeda. TInggal pilih saja yang sesuai.
    Kemudian script tersebut kita salin untuk kita paste di blog kita.
Salin Script dari Alexa



6. Langkah selanjutnya kita menuju dashboard blog kita. Dan langsung pilih tata letak.


7. Langkah selanjutnya kita klik Add Widget. Akan muncul jendela baru. Kita cari HTML/JavaScript.
    Paste script yang telah kita dapatkan dari situs alexa.
    Lalu kita isi judulnya sesuai widget kita, misalnya dengan Alexa Rank. Lalu klik simpan.  
Add Widget dan Pilih HTML/Javascript 

Tempal Script pada Kotak Konten



8. Jika berhasil, widget alexa akan langsung muncul. Setelah itu kita klik simpan setelah.
    Dan terakhir kita cek widget alexa tersebut pada blog kita.
Test Tampilan Widget Alexa pada Blog


Optimasi SEO dengan Menginstal Alexa Toolbar pada Browser

Penjelasan Singkat SEO

SEO bagi mereka yang berkecimpung di dunia internet, khususnya pemilik, administrator dan/atau pengurus blog atau situs, pastilah tidak asing lagi. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang, jika ditransliterasi ke Bahasa Indonesia artinya Optimasi Mesin Pencari.

Menurut Wikipedia Indonesia, Search Engine Optimization atau disingkat SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. 

Tujuan dari SEO sendiri dari apa yang ditangkap penulis berdasar pengertian SEO di atas adalah untuk menempatkan sebuah situs pada urutan pertama atau teratas pada mesin pencari atau setidaknya berada di halaman pertama mesin pencari. Dengan demikian, jika sebuah situs berada pada urutan teratas atau di halaman pertama mesin pencari, maka situs tersebut lebih berpeluang besar untuk mendapatkan pengunjung.

Menginstall Alexa Toolbar untuk Optimasi SEO

Agar sebuah situs atau blog "medekati" pada tujuan SEO tersebut, tentunya harus dilakukan berbagai upaya nyata untuk meningkatkan kinerja situs atau blog tersebut. Sehingga, diharapkan dengan upaya-upaya tersebut, situs atau blog tersebut lebih berpeluang menempati urutan teratas pada mesin telusur.

Upaya-upaya yang dimaksud oleh penulis, alangkah banyaknya. Namun mengingat penulis masih awam dan baru mengenal dunia pembuatan situs atau blog satu bulan ke belakang, maka tidak banyak saran yang akan disampaikan, apalagi saran yang berkaitan dengan teknis penulisan script dan lain sebagainya.

Namun, penulis cukup tertarik menyarankan agar menginstal Alexa Toolbar bagi para pemula di dunia pembuatan situs atau blog. Apakah dengan menginstall Alexa Toolbar akan membantu kinerja situs sehingga memperbaiki ranking situs atau blog? Kita akan mencari tahu hal ini.

Untuk cara installasi Alexa Toolbar ini, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Masuk ke halaman Alexa.
2. Di sana kita dapat melihat secara "tombol" untuk menginstalkan Alexa Toolbar.
Klik Install Alexa Toolbar

3.  Kemudian ada konfirmasi, klik Accept and Install.
Klik Accept and Install

4. Lalu ada peringatan dari browser, klik izinkan.
Notifikasi Izin dari Browser untuk Alexa Toolbar

5. Tunggu hingga proses pengunduhan file Alexa Toolbar selesai.

Proses Installasi Alexa Toolbar pada Browser

6. Lalu ada konfirmasi pemasangan. Klik pasang.
Konfirmasi Pemasangan Alexa Toolbar pada Browser, Klik Pasang

7. Akan ada konfirmasi dari bowser untuk merestart. Klik restart.
Konfirmasi Restart Browser setelah installasi alexa toolbar, Klik Restart

Selesai sudah pemasangan Alexa Toolbar pada browser kita. Perhatikan toolbar Alexa (di atas garis warna merah) yang telah terpasang di browser.
Tampilan Alexa Toolbar pada Browser Mozilla Firefox

 

Pengertian dan Fungsi Alexa Toolbar

Menurut penulis, Alexa Toolbar merupakan sebuah toolbar yang dibuat dan dikembangkan oleh Alexa (untuk) agar diinstallkan pada browser sebagai alat bantu dalam menilai ranking sebuah situs.
Secara terperinci fungsi dari Alexta Toolbar ini adalah sebagai berikut:
1. Sebagai alat bantu informasi sebuah website.
2. Sebagai alat bantu untuk mengetahui rating sebuah website.
3. Tool untuk mengetahui traffic pengunjung sebuah website secara "adil".
4. Untuk membantu kita dalam memilih websites yang berkualitas.
5. Mempermudah kita memasang widget alexa pada situs atau blog kita.
6. Untuk mengetahui kepopuleran situs atau blog kita secara lebih cepat.
Dan masih banyak lagi fungsi yang didapatkan jika kita menginstal alexa toolbar pada browser yang kita pakai dalam berselancar di dunia maya.

Kaitan Antara Optimasi SEO dengan Alexa Toolbar

Lalu apa kaitan yang signifikan antara installasi Alexa Toolbar dengan optimasi SEO sebuah situs?
Menurut pendapat penulis, keterkaitan pertama dan mungkin yang paling mengena adalah pada sisi psikologis pemilik blog atau situs. Dengan mengetahui ranking blog atau situsnya secara lebih cepat dilihat dari toolbar alexa, ia akan serta merta mengupayakan perbaikan-perbaikan skala kecil sampai dengan skala besar pada blog atau situsnya. Ia akan berusaha maksimal memperbaiki kepopuleran situsnya agar lebih baik lagi, mengingat update ranking pada alexa toolbar lebih cepat diketahui "angka"-nya. 
Kemudian keterkaitan kedua adalah, Alexa sendiri akan "membantu" pemilik atau pengelola situs atau blog yang memasang Alexa Toolbar pada browser yang dipakainya dalam memposting artikel, mengupdate artikel, memperbaiki, dan lain sebagainya.

Demikian, dan penulis yakin banyak kekurangan pada postingan ini. Tapi, penulis berharap ini bisa memberikan tambahan referensi bagi para pemula yang baru membangun situs atau blog dan kebetulan belum mempunyai dasar sama sekali dalam keterampilan TI. 

Cara Mendaftarkan Blog di Alexa Sekaligus Mengklaim dan Memverifikasinya


Perlunya Mendaftarkan Blog ke Situs "Pembuat" Ranking

Untuk bisa tetap eksis terindex secara bagus di mesin telusur, tentu kita harus melakukan beberapa hal yang dianggap perlu dan penting berkaitan dengan hal tersebut. Salah satu upaya agar kita tetap eksis, disamping dengan terus-menerus menerbitkan artike-artikel bermutu hasil karya kita serta upaya-upaya lainnya, adalah kita mendaftarkan situs atau blog kita pada situs yang khusus meranking situs-situs di seluruh pelosok dunia.

Salah satu situs yang menjadi rujukan dari seluruh dunia dalam hal meranking situs adalah Alexa. Dengan mendaftar ke situs "peranking" ini, kita menjadi tahu bagaimana ranking situs atau blog kita secara nasional maupun secara global. Dengan mengetahui ranking situs atau blog kita tersebut, tentunya kita akan semakin termotivasi memperbaiki "kinerja" situs atau blog kita.

Video Tutorial:


Cara Mendaftarkan Blog di Alexa, Sekaligus Mengklaimnya

Baiklah, walau kurang "nyambung" antara mukaddimah dengan tulisan selanjutnya pada postingan ini, kita akan melanjutkan ke bagian bagaimana kita mendaftarkan blog kita ke Alexa dan sekaligus mengklaim blog kita.

Catatan:
a.   Sebelum mengutak-atik script default, sebaiknya kita lakukan backup template terlebih dahulu.
b.   Baik dashboard blogger ataupun halaman alexa jangan ditutup sebelum proses pendaftaran dan klaim situs atau blog berhasil dilakukan.

Kita mulai langkah-langkah untuk mengklaim situs atau blog kita di alexa.
1.     Mendaftar terlebih dahulu ke Alexa dengan syarat memiliki email atau bisa menggunakan akun media social semisal facebook. Penulis anggap Anda telah mendaftar dan memiliki akun di Alexa.
2.        Masuk ke situs Alexa.com
Masuk ke situs alexa

Tampilan Situs Alexa

 3.        Setelah masuk halaman utama situs Alexa, cari dan klik Dashboard.
Dashbord Situs Alexa

4.        Lalu kita cari dan klik +Add Site
Add Site pada Dashbord Situs Alexa

5.        Kita akan melihat pilihan yang free atau yang berbayar. Pilih yang free saja, sebab hemat pangkal kaya.
Pilih Layanan Gratis pada Situs Alexa

6.        Lalu kita akan diminta untuk memasukkan URL blog atau situs kita. Isi sesuai dengan alamat situs atau blog Anda. Setelah mengisi URL, langsung klik continue.
Memasukkan URL Blog atau situs pada Situs Alexa

7.        Lalu kita akan masuk ke pilihan cara untuk memverifikasi blog atau situs kita.
Salin script yang muncul untuk kita paste di blog kita.
Mengambil Script dari Situs Alexa
 
8.    Di sini kita akan memilih cara kedua, yaitu memasukkan kode verifikasi alexa ke blog kita. Langkah-langkahnya adalah sebagai beriku:
·         Kembali dulu ke dashboard blogger.
·         Kemudian buka Template
·         Lalu buka Edit HTML
Masuk ke HTML pada Blogger.com

9.        Kode verifikasi alexa yang telah dicopy tadi, dipaste di bawah <head> sebelum <b:skin> (pokoknya, antara <head> sampai dengan  <b:skin>, di manapun itu). Agar lebih mudah gunakan kombinasi tombol CTRL + F, untuk mencari kode di tersebut. Setelah ditemukan, langsung paste saja.
Mem-paste kode script dari situs Alexa


10.    Untuk menguji script yang telah kita paste tersebut, kita bisa gunakan feature Pratinjau Template. Jika tidak ada masalah akan muncul halaman blog kita di bawahnya.
Cek script yang dimasukkan pada template blog

11.    Setelah yakin semuanya lancar jaya, klik simpan.
12.    Kemudian kita buka halaman blog kita terlebih dahulu.
13.    Setelah terbuka, kita lanjut menuju ke halaman alexa. Lalu klik Verify ID.
Klik Verivy ID pada Situs Alexa


14.    Jika proses berhasil, maka akan muncul tulisan Your Site is successfully claimed.
Verifikasi Blog di situs Alexa Berhasil

Selamat, Anda telah berhasil mendaftarkan blog Anda ke alexa dan sekaligus berhasil memverifikasinya. Selanjutnya, kita tinggal banyak-banyak menerbitkan tulisan karya sendiri sambil menunggu dan harap-harap cemas (mudah-mudahan saja) semakin meningkatnya ranking situs atau blog kita, seiring berjalannya waktu.